PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengawas, pelaksanaaan, pengawasan sekolah terhadap disiplin kerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi 81 responden dengan sampel dalam penelitian ini yakni 67 responden. Uji kelayakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini yakni H 1 diterima yang dapat diartikan bahwa adanya pengaruh pelaksanaan pengawasan sekolah terhadap disiplin kerja guru dalam pembelajaran dengan pengaruh sebesar 52,1%.
Kata Kunci: Supervisi, Pengawas, Sekolah, Disiplin Kerja, Guru.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi pengawas sekolah terhadap disiplin kerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner tertutup sebagai alat pengumpulan data. Populasi sebanyak 81 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah 67 responden. Uji kelayakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah H 1 diterima yang artinya pengaruh pelaksanaan supervisi oleh pengawas sekolah terhadap kedisiplinan kerja guru dalam pembelajaran dengan pengaruh sebesar 52,1%.
Kata Kunci: Supervisi, Supervisor, Sekolah, Disiplin Kerja, Guru
Full Text:
PDFReferences
Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional: Instrumen, Pembinaan, Peningkatan & Penilaian. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Burhanuddin, Sutopo, H., Imron, A., Maisyaroh, & Ulfatin, N. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Davis, K. (1985). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Gordon, T. (1996). Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Martoyo, S. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT. BPFE.
Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nova, F. R. (2017). Hubungan Peran Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru SD Negeri se-Kota Blitar. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 0(0). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/64582
Priyanto, P. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri di Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmiah Educational Management, 6(1). http://pps.unj.ac.id/journal/jiem/article/view/190
Pujiasti, S. (2017). Hubungan Antara Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Dengan Disiplin Kerja Pegawai. 0(0). http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:3lX3t5_eAnYJ:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5
Putri, N. L. E. (2017). Hubungan antara Pengawasan Melekat dan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 0(0). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/57778
Rochimah, H., Rugaiyah, R., & Ahmad, M. (2018). Supervisi Kepala Sekolah Dan Konsep Diri dalam Disiplin Kerja Guru PNS di SMP Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 234–251. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/18539
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarjana, S. (2013). Disiplin Kerja (Studi Kasus Guru SMK Negeri di Kecamatan Cikarang Barat). Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/humanus/article/view/3108
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (1979). Supervision: Human Perspectives. McGraw-Hill, Inc..
Shalihah, A. (2017). Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Iklim Organisasi, dan Kedisiplinan Kerja Guru Sekolah Se-Kota Mojokerto. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 0(0). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/61062
Sudjana, N. (2006). Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. (2018). Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JurnalManajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 216. https://journal2.um.ac.id/index.php/jsmp/article/view/4670/2619
Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yahya, M. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Yamin, M., & Maisah. (2013). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Adinda Dwivana Larasati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.