KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU: PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA

Mohammad Bahrul Ulum, Endi Sarwoko, Agung Yuniarinto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan terhadap kinerja guru, dan peran motivasi guru sebagai mediator peran kepemimpinan terhadap kinerja guru. Populasi seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Islam (SMP) Islam di Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 110, menggunakan teknik proporsional random sampling, sampel yang digunakan adalah 52 guru. Pengumpulan datanya menggunakan angket dengan skala likert 5 poin, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Path Analysis. Pimpinan kepala sekolah telah menerapkan strategi yang jelas dan realistis, peduli kepada anggota, memiliki kemampuan untuk memotivasi, menjaga kekompakan tim, menghargai perbedaan dan kepercayaan anggota. Guru memiliki motivasi kerja yang baik yang tercermin dari pemenuhan kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri. Guru juga memiliki kinerja yang baik, terlihat dari terpenuhinya target kinerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, dan kepatuhan terhadap prinsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin kuat kepemimpinan kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru, maka kepemimpinan kepala sekolah juga mampu meningkatkan motivasi kerja guru, dan motivasi kerja akan berkontribusi terhadap kinerja guru.

 

Keywords: leadership, work motivation, teacher performance

 

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan di sekolah terhadap kinerja guru, dan peran motivasi guru sebagai mediasi peran kepemimpinan di sekolah terhadap kinerja guru. Populasi seluruh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam di Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 110, menggunakan teknik proportional random sampling, diambil sampel sebanyak 52 guru. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner yang disusun dengan Skala Likert 5 point, sedangkan teknik analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah telah menerapkan strategi yang jelas dan realistis, peduli terhadap anggota, memiliki kemampuan untuk memotivasi, menjaga kekompakan tim, menghargai perbedaan dan keyakinan anggota. Guru yang diteliti memiliki motivasi kerja yang baik, dicerminkan terpenuhinya kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Guru juga memiliki kinerja yang baik ditunjukkan dari terpenuhinya target kinerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, dan taat asas. Temuan penelitian ini jug menunjukkan bahwa semakin kuat kepemimpinan kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah juga mampu meningkatkan motivasi kerja guru, dan motivasi kerja akan berkontribusi pada kinerja guru.

 

Kata kunci : kepemimpinan kepala sekolah; motivasi kerja, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Andersen, J. A. (2016) ‘An old man and the “sea of leadership”’, Journal of Leadership Studies. Wiley Online Library, 9(4), pp. 70–81.

Andriani, S., Kesumawati, N. and Kristiawan, M. (2018) ‘The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance’, International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), pp. 19–29.

Asrar-ul-Haq, M. and Kuchinke, K. P. (2016) ‘Impact of leadership styles on employees’ attitude towards their leader and performance: Empirical evidence from Pakistani banks’, Future Business Journal. Elsevier, 2(1), pp. 54–64. doi: 10.1016/j.fbj.2016.05.002.

Awan, K. Z., Qureshi, I. E. W. and Arif, S. (2012) ‘The effective leadership style in NGOS: Impact of servant leadership style on employees’ work performance and mediation effect of work motivation’, International Journal of Economics and Management Sciences, 1(11), pp. 43–56.

Barbuto, J. E. and Gifford, G. T. (2012) ‘Motivation and leader-member exchange: Evidence counter to similarity attraction theory’, International Journal of Leadership Studies, 7(1), pp. 18–28.

Basit, A., Sebastian, V. and Hassan, Z. (2017) ‘Impact of Leadership style on Employee Performance (a case study on a private organization in Malaysia).’, International Journal of Accounting & Business Management, 5(2), pp. 112–130.

Darto, M. et al. (2015) ‘The effect of transformational leadership, religiosity, job satisfaction, and organizational culture on organizational citizenship behavior and employee performance in the regional offices of national institute of public administration, Republic of Indone’, European Journal of Business and Management. Citeseer, 7(23), pp. 205–219.

García-Morales, V. J., Jiménez-Barrionuevo, M. M. and Gutiérrez-Gutiérrez, L. (2012) ‘Transformational leadership influence on organizational performance through organizational learning and innovation’, Journal of business research. Elsevier, 65(7), pp. 1040–1050.

Gopal, R. and Chowdhury, R. G. (2014) ‘Leadership styles and employee motivation: An empirical investigation in a leading oil company in India’, International journal of research in business management. Citeseer, 2(5), pp. 1–10.

Handayani, T. and Rasyid, A. A. (2015) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 264–277. doi: 10.21831/amp.v3i2.6342.

Hartono, B. D. and Zubaidah (2017) ‘The Influence Of Leadership, Organizational Culture And Work Discipline On Teacher Performance Regarding Work Motivation As Interverning Variable (A Case Study Of Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Kholidin)’, International Journal of Economics, Business and Management Research, 1(01), pp. 69–95.

Hasan, M. N. (2017) ‘Influence of Work Motivation , Leadership and Organizational Culture Principal of the Teacher Performance in Vocational School ( SMK ) Muhammadiyah , Rembang City , Central Java Province , Indonesia’, Europian Journal of Business and Management, 9(2), pp. 36–44.

Hurduzeu, R.-E. (2015) ‘The impact of leadership on organizational performance’, SEA–Practical Application of Science. Fundatia Română pentru Inteligenta Afacerii, 3(07), pp. 289–293.

Naile, I. and Selesho, J. M. (2014) ‘The role of leadership in employee motivation’, Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(3), pp. 175–182. doi: 10.5901/mjss.2014.v5n3p175.

Nuraisyah, S. (2014) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara’, Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(1).

Obiwuru, T. C. et al. (2011) ‘Effects of leadership style on organizational performance: A survey of selected small scale enterprises in Ikosi-Ketu council development area of Lagos State, Nigeria’, Australian journal of business and management research. Australian Journal of Business and Management Research (AJBMR), 1(7), p. 100.

Putra, E. T. and Yunita, Y. (2014) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Simpang Empat’, Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(3), pp. 143–152.

Robbins, S. P. and Judge, T. A. (2015) Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Shahhosseini, M., Silong, A. D. and Ismaill, I. A. (2013) ‘Relationship between transactional, transformational leadership styles, emotional intelligence and job performance’, Researchers World. Educational Research Multimedia & Publications, 4(1), p. 15.

Sihombing, S. et al. (2016) ‘The Effect of Servant Leadership to Rewards, Organizational Culture, and its Implication to Employee’s Performance (Case Study on the Employees of PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Indonesia)’, International Journal of Law and Management, 7(5), pp. 781–796. doi: 10.1108/IJEBR-03-2018-428.

Siregar, Y. (2018) ‘Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di SMA negeri Jakarta Timur’, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), pp. 232–238.

Solihin, R. and Fauzi, A. R. (2017) ‘Penurunan Minat bersekolah di SD Negeri dibandingkan SD Islam: Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar’, Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(3), pp. 392–401.

Suyatno, S. I. T. and Filsafat, I. (2013) ‘Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Islam, 2.

Syafii, L. I. et al. (2015) ‘The Role of Corporate Culture and Employee Motivation as a Mediating Variable of Leadership Style Related with the Employee Performance (Studies in Perum Perhutani)’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, pp. 1142–1147. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.11.152.

Syakir, M. J. and Pardjono, P. (2015) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Guru Sma’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 226–240. doi: 10.21831/amp.v3i2.6339.

Tajasom, A. et al. (2015) ‘The role of transformational leadership in innovation performance of Malaysian SMEs’, Asian Journal of Technology Innovation. Taylor & Francis, 23(2), pp. 172–188.

Wahyuni, D. U., Christiananta, B. and Eliyana, A. (2014) ‘Influence of Organizational Commitment, Transactional Leadership, and Servant Leadership to the Work Motivation, Work Satisfaction and Work Performance of Teachers at Private Senior High Schools in Surabaya’, Educational Research International, 3(2), pp. 82–96.

Widodo, D. S. (2017) ‘Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai’, Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), pp. 896–908.

Widyawatiningrum, et al. (2015) ‘Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening di PTPN X Jember’, Jurnal Teknologi Pertanian, 16(2), pp. 127–136.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endi Sarwoko, Mohammad Bahrul Ulum, Agung Yuniarinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.