SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGUASAAN KOMPETENSI GURU SMK

Deby Corina Putri, Burhanuddin Burhanuddin, Bambang Budi Wiyono

Abstract


Abstract: This research was conducted in order to know the level of supervising activities of the headmaster of State Vocational Schools in Malang City, the level of mastery of the competency of State Vocational School teachers in Malang, and the level of the relationship between the supervision of the headmaster and the mastery of State Vocational School teachers' competency in Malang. In this study the approach used is a quantitative approach and using a correlational research design. Based on the results of the analysis on the data obtained shows that the supervision activities of the headmaster of State Vocational Schools in Malang are included in the medium qualifications, the mastery of teacher competencies in the State Vocational Schools in Malang are included in the medium qualifications, and there is a positive and significant relationship between the supervision of the headmaster and the mastery of competencies State Vocational School teacher in Malang City.

 

Keywords: supervision; mastery; competence

 

Abstrak: Penelitian ini dilakukan agar dapat diketahui tingkat kegiatan supervis kepala sekolah SMK Negeri di Kota Malang, tingkat penguasaan kompetensi guru SMK Negeri di Kota Malang, dan tingkat hubungan supervisi kepala sekolah dengan penguasaan kompetensi guru SMK Negeri di Kota Malang. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain penelitian korelasional. Berdasarkan hasil analisis pada data yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan supervisi kepala sekolah SMK Negeri di Kota Malang termasuk dalam kualifikasi sedang, penguasaan kompetensi guru di SMK Negeri di Kota Malang termasuk dalam kualifikasi sedang, serta ada hubungan positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan penguasaan kompetensi guru SMK Negeri di Kota Malang.

 

Kata kunci: supervisi; penguasaan; kompetensi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2018. Profesi Keguruan: Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Jogjakarta: Ar –Ruzz Media.

Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal. Vol 9/2, 201-214. http://digilib.unimed.ac.id/687/1/Fulltext.pdf

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Gunawan, Imam. 2015. Mengembangkan Alternatif-Alternatif Pendekatan dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24 (6), hal: 467-482.

Latief, Sirajuddin. 2016. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru SDN Gugus Sikapat dan Sipayung Kecamatan Kajoran Kabupate Magelang. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Larasati, A.D, Wiyono, B.B., dan Supriyanto, A. 2020. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru dalam Pembelajaran di Paud, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3): 239-248.

Muslim, Sri Banun. 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Sari, D.N.A., Bafadal, I., dan Wiyono, B.B. 2018. Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2): 213-221.

Setyadin, Bambang. 2005. Desain dan Modul Penelitian Kuantitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Agus Baya. 2011. Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wiyono, Bambang Budi. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiyono, B. B., Kusmintardjo, dan Sucipto. 2017. The effective supervision techniques that influence teacher’s performance. Man in India, 97(24), 25-33.

Wiyono, B.B. dan Triwiyanto, T. 2018. The effective development techniques in teacher working group meeting to improve teacher professionalism. International Journal of Engineering & Technology, 7 (3.25), 295-298.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deby Corina Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.