IMPLEMENTASI PERAN SUPERVISOR DALAM PENGAWASAN MANAJERIAL DAN FAKTOR-FAKTOR MEMENGARUHI KINERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Penulisan Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisor dalam melaksanakan supervisi manajerial, dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja aparatur di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebagai pembimbing kepala sekolah, kepala sekolah, dan kepala staf tata usaha. Objeknya adalah pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja pegawai administrasi. Pengamatan dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam menganalisis data. Dalam studi ini, Informan utama adalah pengawas sekolah dan informan tambahan adalah kepala sekolah dan kepala staf administrasi. Setelah dilakukan analisis data, peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial sudah cukup baik, namun implementasinya belum maksimal dalam memberikan pembinaan langsung kepada aparatur. Minimnya pembinaan langsung oleh pengawas sekolah, kurangnya kerjasama antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah, dan kurangnya kinerja profesional tenaga administrasi menjadi penyebab rendahnya kinerja tenaga administrasi. Hal tersebut dibuktikan dengan kata-kata informan dalam wawancara. dan observasi yang penulis lakukan pada saat mengikuti Program Studi dan Pengalaman Lapangan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial sudah cukup baik, namun implementasinya belum maksimal dalam memberikan pembinaan langsung kepada staf tata usaha. Minimnya pembinaan langsung oleh pengawas sekolah, kurangnya kerjasama antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah, dan kurangnya kinerja profesional tenaga administrasi menjadi penyebab rendahnya kinerja tenaga administrasi. Hal tersebut dibuktikan dengan kata-kata informan dalam wawancara. dan observasi yang penulis lakukan pada saat mengikuti Program Studi dan Pengalaman Lapangan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial sudah cukup baik, namun implementasinya belum maksimal dalam memberikan pembinaan langsung kepada staf tata usaha. Minimnya pembinaan langsung oleh pengawas sekolah, kurangnya kerjasama antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah, dan kurangnya kinerja profesional tenaga administrasi menjadi penyebab rendahnya kinerja tenaga administrasi. Hal tersebut dibuktikan dengan kata-kata informan dalam wawancara. dan observasi yang penulis lakukan pada saat mengikuti Program Studi dan Pengalaman Lapangan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru.
Keywords: Implementation, managerial supervision, administration staff performance
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran supervisor dalam mengimplementasikan pengawasan manajerial, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek supervisor, kepala sekolah, kepala tata usaha sekolah sedangkan objeknya adalah implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Informan utama yaitu pengawas sekolah serta informan tambahan kepala sekolah dan tenaga administrasi sekolah. Setelah data dianalisis menunjukan bahwa peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial sudah cukup baik namun pelaksanaannya masih kurang maksimal dalam memberikan pembinaan secara langsung kepada tenaga administrasi. Kurangnya pembinaan secara langsung oleh pengawas sekolah serta kurang nya kerja sama antara supervisorsekolah dan kepala sekolah dan kurang profesional kinerja pegawai administrasi adalah penyebab rendahnya kinerja tenaga administrasi. Hal ini dibuktikan dari penuturan informan pada saat wawancara dan pada saat penulis melakukan observasi baik itu pada saat penelitian dan pada saat penulis melakukan PPL (Program Pengalaman Lapangan) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru.
Kata Kunci : Pelaksana, supervisi manajerial, kinerja tenaga Administrasi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Satuan Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawaty, Agustina Endah., Khairuddin., & Ibrahim, Sakdiah. 2018. Pelaksanaan Supervisi Manajerial Oleh Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sdn 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 6, (3), 12-18.
Ekawaty, Agustina Endah.2018. Pelaksanaan Supervisi Manajerial oleh Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 3 Percontohan Peasungan Kabupaten Bireuen. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 6, (3), 24-36.
Hasanah, Afifatul dan Setyaningsih, Rini. 2020. Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru Di SMA Islam As-Shofa Pekanbaru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3, (1), 76-87.
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Oreantasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nuraedi. 2014. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sahertian, Piet A..2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto.2016. Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 56-67.
Sohiron.2015.Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan, Pekanbaru: Publishing and Consulting Company.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004.Penelitian, dan penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiono.2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanttitatif, Kualitatif. R&D. Bandung: Alfabet.
Triwiyanto, Teguh. 2013. Standar Nasional Pendidikan Sebagai Indikator Mutu Layanan Manajemen Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19, (2), 161-171.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, XXXIV, (1), 67-77.
Wibowo, Udik Budi. 2016. Peran Pengawas Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Di Kabtupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9, (2), 17-28.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fitri Mardiyanti, Rini Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.