MANAJEMEN KEMITRAAN MADRASAH ALIYAH DENGAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM PROGRAM KETERAMPILAN

Siti Munirotul Yuanita, Achmad Supriyanto, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kemitraan Madrasah Aliyah (MA) dengan Balai Latihan Kerja (BLK). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Yang bertempat di MA Ma'arif Udanawu Blitar, peneliti sebagai instrumen kunci. Informan utama adalah ketua MA, ketua MA, tim koordinator, dan guru keterampilan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan, pengembunan, penyajian, dan verifikasi data. Hasilnya adalah: (1) kemitraan yang dilandasi oleh kurangnya kesadaran dan pengetahuan, belum tersedianya tenaga pengajar yang memadai, mendapatkan ijazah kerja, peningkatan kompetensi peserta didik dan program ketrampilan tidak sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dan alumni. ; (2) Manajemen kemitraan berjalan dengan baik; (3) Adanya permasalahan benturan jadwal kegiatan, memakan biaya yang mahal, serta tidak adanya dukungan orang tua siswa terhadap program. Solusinya adalah berdiskusi dengan orang tua siswa tentang program ini; dan (4) kerjasama ini berdampak pada kompetensi siswa dan wajah MA serta BLK peserta diklat.

Keywords: partnership management, skills, MA Ma'arif Udanawu

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan manajemen kemitraan MA dengan BLK. Metodenya menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Lokasinya di MA Ma’arif Udanawu Blitar, peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Informan kucinya Kepala MA, Pimpinan MA, Tim Koordinator, dan Guru Keterampilan. Datanya dikumpulkan dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan display,  kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Hasilnya:  (1) kemitraan didasarkan pada  kurangnya kesadaran dan pengetahuan, belum tersedia guru keterampilan, ingin memperoleh sertifikat kerja, dan meningkatkan kompetensi peserta didik, program keterampilan didasarkan tuntutan dan permintaan masyarakat dan alumni; (2) manajemen kemitraannya berjalan dengan baik; (3) terdapat masalah bentrok jadwal, mahal, dan wali murid tidak mendukung program. Solusinya dengan berkompromi dan (4) kemitraan berdampak pada kompetensi peserta didik dan citra MA serta BLK mendapat peserta pelatihan.

Kata Kunci: manajemen kemitraan, keterampilan, MA Ma'arif Udanawu

 


Full Text:

PDF

References


Abidah, S. (2019). “Manajemen Pengembangan Pendidikan Keterampilan Vokasional Di MAN 15 Jakarta.” UIN Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/46050/1/SITI%20ABIDAH-FITK.pdf (February 20, 2019).

Aji, A. (2019). “Selain Pembiayaan Ini Manfaat Lain Kerja Sama BLKPMI-BJB, (Online), , Diakses.” https://infomitramedia.com/2019/07/24/selain-pembiayaan-ini-manfaat-lain-kerjasama-blkpmi-bjb/ (March 27, 2020).

Departemen Agama Republik Indonesia. (2003). “Pedoman Umum Program Keterampilan.” https://kepri.Kemenag.go.id (February 20, 2019).

Dewantoro, H. (2016). “Inovasi Madrasah Aliyah Program Keterampilan.” Silabus.mpi: Media Pendidikan. https://silabus.org/pedoman-penyelenggaraan-program-keterampilan-madrasah-aliyah/.

Direktur Jendral Pendidikan Islam. (2016). “Surat Keputusan Dari Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan Di Madrasah Aliyah Tahun 2016.” http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/dj_1023_16.pdf.

Direktur Jendral Pendidikan Islam. (2016). “Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 4924 Tentang Penetapan Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan Tahun 2016.”

Gunawan, I, & Benty, D.D.N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Ixtiarto, B, & Sutrisno, B. (2016). “Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Industri (Kajian Aspek Manajemen Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri).” journals.ums 26(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2130 (December 18, 2019).

Junardi. (2007). “Program Pendidikan Keterampilan Di Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Imogiri.” UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/6856/1/BAB%20I%20DAN%20V.pdf (February 20, 2019).

Krishnawati, N. and Suryani, Y. (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. III. Jakarta: Grasindo.

Lestari, B. & Pardimin. (2019). “Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK.” Media Manajemen Pendidikan 2(1).

Masruroh, Z. (2016). “Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) Di MAN Kembangsawit.” Jurnal Muslim Heritage 1(2).

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Kerja Sama Penggunaan Balai Latihan Kerja Oleh Swasta. Jakarta. https://ngada.org/bn340-2012.htm (February 20, 2019).

Mustika, R. (2018). “Manajemen Kemitraan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus SMK Islam 1 Blitar Dan SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung).” IAIN Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6125/ (February 20, 2019).

Muttaqien, I. (2019). “Pengembangan Entrepreneurship Pada Program MA Keterampilan Melalui Inovasi Model Pembelajaran Teaching Factory Di MAN 2 Kulon Progo.” Jurnal Pendidikan Madrasah 4(2).

Nazarudin, R. (2018). “Analisis Peran Pelatihan Kerja oleh Balai Latihan Kerja dalam Meningkatkan Potensi Angkatan Kerja di Bandar Lampung Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada UPTD BLK Bandar Lampung).” Universitas Islam Negeri Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/3276/1/skripsi.pdf&ved=2ahUKEwjTsN2Eh8bqAhUIfSsKHapcCHUQFjAGegQIChAB&usg=AOvVaw1z5hWYMFNtz1gj5YdCw-YO (July 12, 2020).

Prahara, H. (2017). “Balai Latihan Kerja, Sarana Mencetak Tenaga Terampil Berkualitas!” Kompas.com. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/30/080200126/balai-latihan-kerja-sarana-mencetak-tenaga-terampil-berkualitas- (March 20, 2019).

Purwadi. (2017). “Pengaruh Pengawasan Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Pemukiman Prasarana Wilayah Kota Samarinda.” Akuntabel 14(2). http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/download/1911/143 (February 2, 2020).

Pusbangtendik. (2015). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Implementasi Kurikulum: Kemitraan Sekolah Dengan Pihak Eksternal , Diakses 18 Maret 2020. Jakarta: Pusbangtendik. https://docplayer.info/290549-Kemitraan-sekolah-dengan-pihak-eksternal.html.

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.

Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori Dan Praktek. Bandung: PT Pustaka Ceria.

Saefrudin. (2017). “Pengorganisasian Dalam Manajemen.” Jurnal Al-Hikmah 5(2).

Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. I. Yogyakarta: Deepublish.

Syahid, A. (2017). Pengembangan Keterampilan Vokasional Di Madrasah Aliyah. Jakarta: Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41219 (February 20, 2019).

Triwiyanto, T. (2015). “Prinsip-Prinsip Manajamen Berbasis Sekolah.” mbscenter. http://mbscenter.or.id/site/page/372?page_action=viewdetail&title=Prinsip-prinsip+Manajamen+Berbasis+Sekolah&page=2/title/Prinsip-prinsip%20Manajamen%20Berbasis%20Sekolah (February 20, 2019).

Wartanto. (2010). “Membangun Jejaring Kerja.” https://www.slideshare.net/SaidNafik/2704101411-modul5diklatmanajemenkursus (March 2, 2019).

Widodo, N. 1998. “Pelaksanaan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Tengah.” Jurnal Kependidikan 28(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 siti munirotul yuanita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.