INTERNALISASI NILAI-NILAI PESANTREN BERBASIS MANAJEMEN ASRAMA
Abstract
Abstrak: Character education is still the main problem in national education, Pesantren as Islamic educational institution with a long history in realizing the goal of national education is still strong. The excellence of Pesantren in the aspect of internalizing Islamic values that is comprehensively designed relevant with local traditions. In general, they only held general activities with the intention of being limited to the program's implementation. Until this stage, they do not yet have an effective method of internalization. This study aims to find and develop boarding school internalization methods based on boarding management. The method used is a qualitative approach case study type. The results showed that the internalization of Pesantren values was carried out through hostel management with planning, organizing, actuating, and evaluating daily activities that took place at the hostel. The values reflected in the sustainability activities at the hostel were orderly and implemented with full responsibility by the board hostel and students. Internalization of values managed by the hostel management approach becomes an effective and efficient means of achieving Pesantren goals.
Keywords: internalization of value; hostel management; pesantren management
Abstrak: Pendidikan karakter masih menjadi problem pokok dalam pendidikan nasional, Pesantren masih kukuh sebagai lembaga pendidikan Islam dengan sejarah yang panjang dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Keunggulan pendidikan pesantren pada aspek internalisasi nilai-nilai Islam yang didesain secara komprehensif relevan dengan tradisi lokal. Pada umumnya Pesantren menyelenggarakan kegiatan normatif dengan maksud terbatas pada keterlaksanaan program. Sampai pada tahapan ini, pesantren belum memiliki metode internalisasi nilai yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan metode internalisasi pesantren berbasis manajemen asrama. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pesantren dilakukan melalui manajemen asrama dengan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi kegiatan-kegiatan harian yang berlangsung di asrama. Nilai-nilai pesantren direfleksikan dalam keberlangsungan kegiatan-kegiatan di asrama yang tertib dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab oleh pengurus asrama dan santri. Internalisasi nilai-nilai yang dikelola dengan pendekatan manajemen asrama menjadi sarana yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pesantren.
Kata kunci : Internalisasi nilai; manajemen asrama; manajemen pesantren
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2013) ‘EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PESANTREN BAGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM’, Jurnal Kependidikan, 1(1).
Akbar, A. and Ismail, H. (2018) ‘Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang’, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1).
Arifin, Z. (2015) ‘Budaya Pesanren dalam Membangun Karakter Santri’, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Qodiri Jember, 4(2). Available at: http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qodiri/index.
Bawani, I. (2016) Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo.
Bruinessen, M. Van (1999) Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat; Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Chandra, P. (2019) ‘Internalisasi Nilai-nilai Karakter dalam Tradisi Pondok Pesantren’, Nuansa, XII(20), pp. 64–80.
Cresswell, J. W. (2014) Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlan, M. Z. (2016) ‘Internalisasi pendidikan karakter di Sekolah’, Jurnal Lisan Al-Hal, 7(1), pp. 155–172.
Dhofier, Z. (2011) Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Drucker, P. F. (2008) Management. Revised Ed. New York: HarperCollins e-books.
Hanani, N. (2017) ‘Manajemen pengembangan pembelajaran kitab kuning’, Realita, 15(2), pp. 1–25.
Isnaini, M. (2013) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah’, AL-Ta lim, 20(3), p. 445. doi: 10.15548/jt.v20i3.41.
Kesuma, G. C. (2017) ‘Pesantren Dan Kepemimpinan Kyai’, Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), pp. 99–117. doi: 10.24042/TERAMPIL.V1I1.1308.
Lickona, T. (2016) Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ma’arif, M. A. and Rofiq, M. H. (2018) ‘Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter : Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto Muhammad Anas Ma ` arif , Muhammad Husnur Rofiq Abstrak Pendahuluan Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga’, Jurnal Tadris, 13(1), pp. 1–16.
Mardiyah (2012) ‘Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi’, TSAQAFAH. Vol. 8(No.1), pp. 67–104.
Masrur, M. (2018) ‘Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren’, Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(02), pp. 272–282. Available at: http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/1022.
Mastuhu (1994) Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Muhaimin, M. (2005) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: P.T. Rajagrafindo Persada.
Nashori, F. (2011) ‘Kekuatan Karakter Santri’, Millah, 11(1), pp. 203–219. doi: 10.20885/millah.vol11.iss1.art10.
Perawironegoro, D. (2018) ‘Hubungan antara Struktur Organisasi, Budaya Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Efektifitas Organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo’, Disertasi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Perawironegoro, D. (2019) ‘Manajemen Asrama di Pesantren’, Tadbir, 3(2), pp. 129–144.
Pertiwi, A. K. et al. (2018) ‘Analisis Interaksi Simbolik Kyai Dan Santri Dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Etika’, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), pp. 185–191. doi: 10.17977/um025v2i32018p185.
Qomar, M. (2007) Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Rasyidin, A. (2017) ‘Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal’, Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 1(1), pp. 41–67. doi: 10.30821/jcims.v1i1.324.
Rijal, A. S. (2017) ‘Pemakaian Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren di Pamekasan’, Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas, 2(2).
Riskiyah, I. and Muzammil, M. (2020) ‘Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Karanganyar Paiton Probolinggo’, Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), pp. 25–39.
Schein, E. H. (2004) Organizational Culture and Leadership. San Francisco. 3rd Editio. San Fransisco: Jossey-Bass. doi: 10.1080/09595230802089917.
Setiawan, E. (2013) ‘MODERNISASI POLA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Daarul Fikri Mulyoagung Dau Malang)’, ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(2). Available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ululalbab/article/view/2656.
Sri Wahyuni Tanshzil (2012) ‘Model Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri (Sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan)’, Penelitian Pendidikan. Available at: http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1848/MODEL PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN DISIPLIN SANTRI (Sebuah kajian pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan).
Sufa, A. F. (2017) ‘Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), p. 169. doi: 10.21927/literasi.2014.5(2).169-186.
Suriasumantri, J. S. (2017) Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer Keterkaitan Ilmu, Agama, dan Seni. Jakarta: P.T. Sinar Harapan.
Syafe’i, I. (2017) ‘PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), p. 61. doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2097.
Syarifuddin, Mardianto, D. A. P. (2017) ‘Implementasi Program Pendidikan Asrama Dalam Meningkatkan kecerdasan Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan’, At-Tazakki, 1(1), pp. 101–121.
Tafsir, A. (2010) Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Tampubolon, I. (2019) ‘Trilogi Sistem Pendidikan Pesantren Muhammadiyah: Suatu Pengantar’, Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), p. 116. doi: 10.31604/muaddib.v1i1.797.
Thoriqussu ’ud, M. (2012) ‘Model-Model Pengembangan Kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren’, At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(2), pp. 225–239. Available at: http://ejournal.stitmuh-pacitan.ac.id/index.php/attajdid/article/view/13.
Umami, S. R. and Amrulloh, A. (2017) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘ Ulum Jombang’, Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), pp. 112–129.
Wibowo, A. . (2014) ‘Internalisasi Nilai-nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI pada SMA Eks RSBI di Pekalongan’, Analisa, 21(2), p. 291. doi: 10.18784/analisa.v21i02.22.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Djamaluddin Perawironegoro, Hendro Widodo, Wantini Wantini, Mhd. Lailan Arqam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.