MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI PASCADESENTRALISASI PENDIDIKAN

Noor Fazariah Handayani, Nadya Huda

Abstract


AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan, (2) mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan, dan (3) mengetahui peran dewan pendidikan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan di Kota Banjarmasin. Sekolah Menengah Atas setelah pendidikan desentralisasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan evaluatif dengan model CIPP menggunakan observasi, kuesioner dokumentasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah SMAN 1, 2, 3, 4, dan 5 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah dan dewan pendidikan. Hasilnya menunjukkan: (1) Penerapan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pasca desentralisasi pendidikan dengan pendekatan evaluatif menggunakan Model CIPP menunjukkan bahwa skor tertinggi ada pada variabel proses yaitu 5053 poin dan skor terendah pada variabel konteks 4667 poin; (2) Evaluasi pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan di SMAN Banjarmasin terhadap variabel pelaksanaan anggaran pendidikan, alokasi anggaran dana pendidikan, administrasi keuangan pendidikan, akuntabilitas keuangan pendidikan, dan pengawasan keuangan pendidikan efektif / baik, sedangkan variabel sistem penyusunan anggaran pendidikan. berjalan cukup efektif. Secara umum pengelolaan pembiayaan pendidikan berjalan Efektif / Baik dengan nilai 86,12%;

 

Keywords: Management; Financing; Education; Postdecentralization

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pascadesentralisasi pendidikan, (2) mengadakan evaluasi pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pascadesentralisasi pendidikan, dan (3) mengetahui peranan dewan pendidikan dalam manajemen pembiayaan pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pascadesentralisasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan model CIPP menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Populasi di penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri 1, 2, 3, 4, dan 5 Banjarmasin. Sampel di penelitian ini antara lain kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, serta dewan pendidikan. Penelitian ini memperlihatkan hasil: (1) Pelaksanaan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pascadesentralisasi pendidikan dengan pendekatan evaluatif menggunakan Model CIPP menunjukkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada variabel proses yaitu 5053 poin dan nilai terendah pada variabel  konteks sebesar 4667 poin; (2) Evaluasi pelaksanaan Manajemen pembiayaan pendidikan di SMA Negeri Kota Banjarmasin pada variabel pelaksanaan anggaran pendidikan, pengalokasian anggaran dana pendidikan, penatausahaan keuangan pendidikan, pertanggungjawaban keuangan pendidikan, dan pengawasan keuangan pendidikan berjalan dengan Efektif/Baik, sedangkan pada variabel sistem penyusunan anggaran pendidikan berjalan Cukup Efektif. Secara umum Manajemen pembiayaan pendidikan berjalan secara Efektif/Baik dengan nilai sebesar 86,12%; (3) Dewan Pendidikan Provinsi telah berperan dan ikut berkontribusi dalam penentuan kebijakan pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan namun belum optimal, sehingga masyarakat kurang menyadari kehadirannya

 

Kata kunci : manajemen; Pembiayaan; Pendidikan; Pascadesentralisasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairuwidha, Siti. (2019). Pengaruh Manajemen Pembiayaan Pendidikan terhadap Mutu Lulusan Kelas IX di SMP IT Ar Ridwan (Issues 24-Sep-2019) [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. Skripsi.

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47752

Fatimah, Sri Witurachmi, dan Sohidin. (2008). Efektivitas Pengelolaan Dana Pendidikan Dalam Rangka Penerapan Mnajemen Berbasis Sekolah. Majalah Ilmiah Pengetahuan Sosial Vol.7 No 2 September 2008, Universitas Sebelas Maret | p-ISSN 1412-4475

https://www.neliti.com/publications/220547/efektivitas-pengelolaan-dana-pendidikan-dalam-rangka-penerapan-manajemen-berbasi#cite

Herawati, Endang Sri Budi., Suryadi, Jumira Warlizasusi, dan Rusi Rusmiati Aliyyah. (2020). Kinerja Dewan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 4, no. 1, Mei 2020 IAIN Curup – Bengkulu | p-ISSN 2580-3581; e-ISSN 2580-5037; https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1435

http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1435

Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mawardi, Agus Dian., & Fadliah, Rina. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kebun Bunga 6 Banjarmasin Timur Menggunakan Model CIPP. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 1–10.

https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/998

Mulyono. (2016). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan No.03 tahun 2010 tentang Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39839/perda-prov-kalimantan-selatan-no-3-tahun-2010

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan No.03 tahun 2017 tentang Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/50596/perda-prov-kalimantan-selatan-no-3-tahun-2017

Putera, Ferdi Widi. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 19 Nomor 4.

https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/310

Riduwan. (2010). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta Press.(2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, R. B., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E. & Gunawan, I. 2019. Opportunities for the Implementation of School-Based Management in the Eastern Area of Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 5, Issue 4, Special Edition: ICET Malang City, 2019. www.ijicc.net

Toifur. (2011). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Desentralisasi Pendidikan, Jurnal Insania Volume 16 No.2, 219–233

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1589

Usman, Husaini. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (Edisi 4, Cetakan Ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Noor Fazariah Handayani, Nadya Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.