PERSPEKTIF SISWA DAN GURU DALAM PELAKSANAAN AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PADA MATA PELAJARAN KIMIA

Deni Ainur Rokhim, Frida Kristining Tyas, Sri Rahayu, Habiddin Habiddin

Abstract


Abstrak: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan standar penilaian kompetensi siswa melalui penguasaan literasi membaca dan numerasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perspektif siswa dan guru kimia SMAN 3 Sidoarjo dalam pelaksanaan AKM terhadap mata pelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan guna memperbaiki kualitas pembelajaran dan penilaian guru terhadap siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara terhadap 10 responden siswa dan 3 responden guru melalui Google meet. Hasil wawancara dianalisis secara terpisah untuk setiap pertanyaan dan dilakukan analisis isi untuk menelaah data secara lebih rinci. Hasil AKM memberikan ruang bagi guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar yang lebih efesien sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi yang diberikan.

 

Keywords: Assesmen kompetensi minimum; pembelajaran kimia; numerasi; literasi

 

Abstract: Minimum Competency Assessment (AKM) is a standard for assessing student competence through mastering reading and numeracy literacy. The purpose of the study was to determine the perspectives of students and teachers of chemistry at SMAN 3 Sidoarjo in the implementation of AKM on chemistry subjects. This research was conducted to improve the quality of learning and teacher assessment of students. The method used is case study research with a qualitative descriptive approach. Interviews with 10 student respondents and 3 teacher respondents through Google meet. The results of the interviews were analyzed separately for each question and a content analysis was carried out to examine the data in more detail. The results of the AKM provide space for teachers and students to carry out a more efficient teaching and learning process so as to increase students' understanding of a given material.

 

Keywords: Minimum competency assessment; chemistry learning; numeracy; literacy


Full Text:

PDF

References


Aini, F. N. (2011). Identifikasi Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XII IPA-1 Dan XII IPA-2 Sma Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Materi Aplikasi Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari [Universitas Negeri Malang]. Http://Karya-Ilmiah.Um.Ac.Id/Index.Php/Kimia/Article/View/12629

Anam, R. S., Widodo, A., Sopandi, W., & Wu, H. K. (2019). Developing A Five-Tier Diagnostic Test To Identify Students’ Misconceptions In Science: An Example Of The Heat Transfer Concepts. Elementary Education Online, 18(3), 1014–1029. Https://Doi.Org/10.17051/Ilkonline.2019.609690

Hadi, S. (2019). Timss Indonesia ( Trends In International Mathematics And Science Study ). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2021). Pendampingan Guru Mengembangkan Assesment Kompetensi Minimum ( Akm ) Berorientasi Pisa Untuk. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(01), 90–99.

Magara, E., Copriady, J., & Linda, R. (2021). Karakteristik Instrumen Asesmen Kamampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1, 76–88.

Muhadjir, N. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum ( Akm ) Kelas Jenjang Sekolah Dasar Sarana Pemacu Peningkatan Literasi Peserta Didik. 19(1), 13–24.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V33i1.14993

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Widarti, H. R., & Malang, U. N. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional ( Asesmen Kompetensi Minimum , Survey Karakter , Dan Survey Lingkungan Belajar ). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4, 61–71.

Rokhim, D. A., Wulandari, I. A. I., & Alifah, L. N. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. Jamp: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–233.

Rosita, I., Liliawati, W., & Samsudin, A. (2020). Pengembangan Instrumen Five-Tier Newton’s Laws Test (5tnlt) Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 297. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V6i2.2018

Sari, K., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 4(1), 63–72.

Siong, W. W., & Osman, K. (2018). Pembelajaran Berasaskan Permainan Dalam Pendidikan Stem Dan Penguasaan Kemahiran Abad Ke-21. Politeknik & Kolej Komuniti Journal Of Social Sciences And Humanities, 3, 128–2875.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Tardian, A. (2019). Manajemen Strategik Mutu Sekolah. Jurnal Kependidikan, 7(2), 192–203.

Ulyah, S. M., Ana, E., & Sholihah, N. (2021). Improving The Competency Of High School Teachers In Understanding And Designing Questions Based On Minimum Competency Assessment In Babat Lamongan District Department Of Mathematics , Airlangga University , Surabaya Statistics Study Program , Airlangga Un. 6(1), 55–64.

Wilson, M. (2018). Making Measurement Important For Education : The Crucial Role. 37(1), 5–20.

Yuliandari, R. N., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Deni Ainur Rokhim, Frida Kristining Tyas, Sri Rahayu, Habiddin Habiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.