HUBUNGAN KUALITAS KOMPETENSI, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH

Zakiyatul Ummah, Achmad Supriyanto, Sultoni Sultoni

Abstract


Abstract : The purpose of this study is to know the relationship of quality competence, organizational culture and work motivation with excellent service TAS. This research is a descriptive correlational research. The population of this study is TAS while for sampling using proportional random sampling. Data analysis used is descriptive analysis technique and double correlation. The result of the research shows that there is a significant correlation between competence quality and excellent service, there is significant correlation between organizational culture and excellent service, there is significant relation of work motivation and excellent service, there is significant correlation of competence quality, organizational culture and work motivation with excellent service TAS.Keyword : Quality of competence, organizational culture, work motivation, excellent service

Full Text:

PDF

References


Agusriadi. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang, (Online), (http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2016/08/JURNAL-AGUSRIADI-Copy.pdf), diakses 12 Februari 2017.

Ardana, K. & Mujiati, N. W. & Sriathi, A. A. A. 2013. Perilaku Keorganisasian Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gunadi. & Irawan, I. & Ratnasari, S.L. & Wibisono, C. 2016. Kualitas Layanan sebagai Variabel Interventing antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, (Online), (http://p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/7.-Jurnal-Adi.pdf), diakses 12 Februari 2017.

Hanitha, Y. 2013. Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Camat Sajad Kabupaten Sambas, (Online), Vol. 1 No. 1, (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=33&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwie1efLpLLSAhWEf7wKHV5KCcs4HhAWCCcwAg&url=http%3A%2F%2Fjurmafis.untan.ac.id%2Findex.php%2Fgovernance%2Farticle%2Fdownload%2F47%2F46&usg=AFQjCNHB0UPH-ZTZTcV9cebGZWfVpUjwcg&sig2=qjm9nK94k-jhJ8A-hIVpvw&bvm=bv.148073327,d.dGo), diakses 12 Februari 2017.

Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 46A Tahun 2003 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil, (Online), (https://mashanafi.files.wordpress.com/2011/09/keputusan-kepala-bkn-nomor-46a-tahun-2003.pdf), diakses 02 Februari 2017.

Kreitner, R & Kinicki, A. 2005. Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.

Marliani, R. 2015. Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mukaromah. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Mutu Pelayanan Karyawan Bank Rakyat Indonesia Balikpapan. Jurnal Psikologi, (Online), Vol 4, No 2, (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/08/Jurnal%20Mukaromah%20-%20ONLINE%20(08-15-16-05-11-42).pdf), diakses 12 Februari 2017.

Muttaqin, N. I. & Djumadi. & Noor, M. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Pelayanan Publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara. Jurnal Administrasi Transformasi, (Online), Vol. 1 No. 1, (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/06/02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap%20oks%20(06-06-13-02-21-44).pdf), diakses 16 Februari 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, (Online), (https://docs.google.com/file/d/0B2qLrZkRe9a2SE1qTkpaNWhnQTA/edit), diakses 02 Februari 2017.

Purba, A. C. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan), (Online), (http://id.123dok.com/document/wye8lry7-pengaruh-budaya-organisasi-terhadap-kualitas-pelayanan-publik-studi-pada-kantor-unit-pelayanan-terpadu-upt-samsat-medan-selatan.html), diakses 16 Februari 2017.

Ramdani, D. 2014. Budaya Kualitas sebagai Dasar Layanan Prima, (Online), (http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/167-artikel-pajak/12687-budaya-kualitas-sebagai-dasar-layanan-prima), diakses 12 Februari 2017.

Rivai, B. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sutrisno, E. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soetjipto, H. 2015. Mengembangkan Koperasi: Penerapan Prinsip-prinsip manajemen, Strategi Bisnin yang Tepat, Identifikasi Potensi, Mengenali Permasalahan, dan Merumuskan Strategi Pengelolaan sesuai Prinsip Dasar Koperasi. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Waluyo, M. 2013. Psikologi Industri. Jakarta Barat: Akademia Permata.

Zuamah. 2007. Analisis Pengaruh Kompetensi Teknis, Kompetensi Sosial, dan Kualitas Interaksi terhadap Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Citra Perusahaan dan Kepuasan Konsumen, (Online), (http://eprints.undip.ac.id/17912/1/ZUAMAH.pdf), diakses 12 Februari 2017.

Zulkarnain, W & Sumarsono, R. B. 2011. Manajemen Perkantoran Profesional. Malang: Gunung Samudra.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i12018p7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zakiyatul Ummah, Achmad Supriyanto, Sultoni Sultoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.