Needs Assesment Buklet Edukatif Tematik Integratif untuk Memberikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi bagi Peserta Didik Kelas Atas di Sekolah Dasar

Sunarni Sunarni, Raden Bambang Sumarsono, Desi Eri Kusumaningrum, Dedi Prestiadi

Abstract


Abstract: The research objectives are: 1) conducting a needs assessment and 2) designing the development of an integrative thematic educational booklet and guidelines for its use. The research uses a descriptive quantitative approach. The research was conducted at "SD Laboratorium UM" Blitar City. The sample is 54 respondents in upper-grade elementary school. Meanwhile, to collect data with a questionnaire via a google form. The results of the study: (1) Needs analysis consisting of the background of the students who were most studied was class V, the education of parents of students was on average already S1 and then SMA/SMK/MA. Parents' income is more than IDR 5 million, then IDR 2 million - IDR 4.9 million. Parent's job is another answer, then private employees and entrepreneurs. The physical condition of all children is normal. (2) The design of the educational booklet is that many respondents agree, the size is medium, the thickness is medium (50 sheets), the booklet section consists of the beginning, content, closing, the Beginning of the Educational Booklet consists of the introduction, table of contents, list of pictures. The contents of the booklet consist of clean and healthy behavior, nutrition education, puberty, reproduction, and sexual violence. The closing part of the booklet consists of closing remarks, bibliography, glossary, and contact numbers. Physical appearance is bright and soft (soft). Contents and Materials in the Booklet consist of pictures and text (you can also add diagrams and tables). The color of the contents of the educational booklet is soft.

Keywords: Educational booklets; integrative thematics; and reproductive health education

 

Abstrak: Tujuan penelitian yaitu: 1) melakukan analisis kebutuhan (needs assessment) dan 2) merancang pengembangan buklet edukatif tematik integratif dan pedoman penggunaaanya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis descriptive. Penelitian dilakukan di SD Lab UM Kota Blitar. Sampel sebanyak 54 responden di SD kelas atas. Sedangkan untuk mengumpulkan data dengan angket via google form. Hasil penelitian: (1) Analisis kebutuhan yang terdiri dari latar belakang siswa yang paling banyak diteliti adalah kelas V, pendidikan orangtua siswa adalah rata-rata sudah S1 selanjutnya pendidikan SMA/SMK/MA. Pendapatan orangtua lebih dari Rp 5 juta selanjutnya Rp 2 Juta – Rp 4,9 juta. Pekerjaan orangtua yaitu jawaban lainnya, selanjutnya pegawai swasta dan wirausaha. Keadaan fisik semua anak adalah normal. (2) Rancangan Buklet edukatif yaitu bahwasannya responden banyak yang setuju, ukuran sedang, ketebalan sedang (50 lembar), bagian buklet terdiri dari awal, isi, penutup, bagian Awal Buklet Edukatif terdiri dari Kata pengantar, daftar isi, daftar gambar. Isi dari Buklet terdiri dari perilaku hidup bersih dan sehat, pendidikan gizi, pubertas, reproduksi, dan kekerasan seksual. Bagian penutup buklet terdiri dari kata penutup, daftar pustaka, glosarium, dan nomor kontak. Tampilan fisik yaitu terang dan soft (lembut). Isi dan Materi dalam Buklet terdiri dari gambar dan tulisan (bisa juga ditambah diagram dan tabel). Warna dari isi Buklet edukatif adalah soft.

Kata kunci: Buklet edukatif; tematik integratif; dan pendidikan kesehatan reproduksi

 


Full Text:

PDF

References


Adnyana, P.B., Citrawathi, D.M. dan Maryam, S. 2011. “Keefektifan Buklet Edukatif Tematik (BET) Sebagai Media Pembelajaran Kesehatan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5(3):274–87.

Adnyana, P.B., Santiasa, I M.P.A., dan Sumardika, I. .. 2015. Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi, Keterampilan Proses Sains, Dan Kemampuan Berpikir Siswa SMP. Bali.

Agetania, N. L. P., N. Dantes, and A. A. I. N. Marhaeni. 2014. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan BET ( Buklet Edukatif Tematik ) Terhadap Kemampuan Menulis Ditinjau Dari Motivasi.” 4(4).

Andajani, S, J. 2003. Studi Efektivitas Media Buklet Tentang Kesehatan Mata Pada Perubahan Perilaku Murid Di Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Surabaya.

Ardianti, S. D., S. Wanabuliandari, S. Saptono, and S. Alimah. 2019. “A Needs Assessment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented to the Love of the Country.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8(2):153–61. doi: 10.15294/jpii.v8i2.13285.

Brooks, Sandra R.; Freiburger, Susan M.; Grotheer, Debra R. 1998. “Improving Elementary Student Engagement in the Learning Process through Integrated Thematic Instruction.” ERIC 4(2):274.

Citrawathi, D.M., Adnyana, P.B. dan Maryam, S. 2007. Pengembangan Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Untuk Memberikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Di SMA.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Tematis Di Kelas I Dan II Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

H Suryani. 2021. “Penjasorkes Dalam Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan Pada Siswa Kelas I Dan II SD Negeri 1 Ringinarum.” Maarifnujateng.or.Id 3(1).

Imtihana, Mutia, F. Putut Martin, and Bambang Priyono. 2014. “Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di Sma.” Journal of Biology Education 3(2):186–92.

Kurniawaty, M. D., and L. Sabdaningtyas. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja Pada Pembelajaran Tematik SD.” Jurnal Pedagogi (1).

Maulana, H. D. .. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteraan EGC.

Puskur, Depdiknas. 2016. Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur, Balitbang, Departemen Pendidikan Nasional.

Sukraniti. 1997. “Penggunaan Berbagai Metode Pendidikan Gizi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Siswa SD.” Universitas Airlangga.

Wulandari, Tika, Nugraheti Sismulyasih Sb., and Elok Fariha Sari. 2020. “Media Development of Material Booklets Praying Personal Poetry for Grade Iv Sd Students.” Elementary School Teacher 3(2):1–5. doi: 10.15294/est.v3i2.28044.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SUNARNI SUNARNI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.