Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Paul Arjanto, Walid Fajar Antariksa, Mustiningsih Mustiningsih, Agus Timan

Abstract


Abstract: Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) is a newly established policy in Indonesia for higher education. Pattimura University is one of the universities that has implemented MBKM as a curriculum. This study aims to assess the implementation of MBKM from students' perspectives. The method used in this research is descriptive quantitative. The technique used for data collection is to use a survey. The results of this study indicate that students of the Faculty of Teacher Training and Education at Pattimura University agree and strongly agree with the MBKM curriculum; independent study activities as much as 82%, entrepreneurial activities as much as 86%, research activities as much as 87%, student exchange activities, practical work/internship activities, teaching assistance activities as much as 88%, as well as humanitarian project activities and thematic actual work lecture activities as much as 90%.


Keywords: curriculum implementation; MBKM; student perception

 

Abstrak: Merdeka Belajar Kampus (MBKM) merupakan kebijakan yang baru ditetapkan di Indonesia untuk pendidikan tinggi. Universitas Pattimura adalah salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan MBKM sebagi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menilaipelaksanaan MBKM dari perspektif mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menggunakan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pattimura menyatakan setuju dan/atau sangat setuju dengan kurikulum MBKM, baik dari kegiatan studi independen sebanyak 82%, kegiatan wirausaha sebanyak 86%, kegiatan riset sebanyak 87%, kegiatan pertukaran pelajar, kegiatan praktik kerja/magang, kegiatan asistensi mengajar sebanyak 88%, serta kegiatan proyek kemanusiaan dan kegiatan kuliah kerja nyata tematik sebanyak 90%.


Kata kunci: implementasi kurikulum; MBKM; persepsi mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Amelia, T. (2020). Kemampuan Mahasiswa Dalam Pendefinisian Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Riset. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 23-28. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5573

Arifin, S. and Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 3(1). doi:10.32529/al-ilmi.v3i1.589.

Bashith, A. (2017). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Dalam Pemberlakuan Magang Pada Kurikulum Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis KKNI. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), (Online), Jilid 3, No. 2. https://doi.org/10.18860/jpips.v3i2.6859

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis, X (1): 28-41.

Engle, L., & Engle, J. (2003). Study Abroad Levels: Toward a Classification of Program Types. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 9(1), 1-20. https://doi.org/10.36366/frontiers.v9i1.113.

Faiz, A. and Purwati, P. (2021) ‘Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), pp. 649–655. doi:10.31004/edukatif.v3i3.378.

Irianto, J. (2000). Pendidikan Joint Program: PKL dan PSG Berkualitas. Bandung: Cipta Karya.

Ismail, Hasan dan Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Maspul Journal of Community Empowerment, STKIP Muhammadiyah Enrekang. Vol. 1, No. 1, February 2018. 8 – 17

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kodrat, D. (2021) ‘Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy’, Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), pp. 9–14. doi:10.47076/jkpis.v4i1.60.

Lee, C.-S., & Chao, C.-W. (2013). Intention to “Leave” or “Stay” - The Role of Internship Organization in the Improvement of Hospitality Students’ Industry Employment Intentions. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 18 (7): 749–765.

Mopangga, H. (2014) ‘Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo’, TRIKONOMIKA, 13(1), pp. 78–90. doi:10.23969/trikonomika.v13i1.486.

Musa, L. A. D., & Hardianto, H. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Keterampilan Meneliti Mahasiswa. Tadrib, 6(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i1.3786.

Novialdi, R. et al. (2019). Aksi Kemanusiaan Prodi Hubungan Internasional Umuslim Dalam Rangka Memperingati Hari Disabilitas Dan Volunteer Internasional. RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 20–24. doi:10.51179/pkm.v2i1.206.

Pongsibanne, H. and Awaru, A.O.T. (2019). Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, (0), pp. 36–40. doi:10.26858/sosialisasi.v0i0.13225.

Samidjo. (2017). Efektifitas Pelaksanaan Magang Industri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Taman Vokasi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Vol. 5, No. 2, Desember 2017. 246-254

Sembiring, V., Rahayu, N., & Tarigan, E. (2020). Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Program Magang di Industri Pariwisata Luar Negeri (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Pariwisata di Jakarta). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(3), 201-214. doi:10.30647/jip.v25i3.1419

Slameto, Wardani, N. S., Kristin, F. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Aras Tinggi. Prosiding Konser Karya Ilmiah Nasional. Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, 2 Agustus (pp. 213-227)

Siregar, N., Sahirah, R. and Harahap, A.A. (2020) ‘Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0’, Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), pp. 141–157. doi:10.53802/fitrah.v1i1.13.

Sopiansyah, D. and Masruroh, S. (2022) ‘Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)’, Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), pp. 34–41. doi:10.47467/reslaj.v4i1.458.

Susilawati, N. (2021). ‘Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme’, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), pp. 203–219. doi:10.24036/sikola.v2i3.108.

Sun Education Group. (2020). Syarat Pertukaran Pelajar. Diakses pada 22 November 2020 di https:// suneducationgroup.com/app/sun-media-app/ news-app/syarat-pertukaran-pelajar/

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, A. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Riset Di Perguruan Tinggi, Batusangkar International Conference I. IAIN Batusangkar, Sumater Barat, 15-16 Oktober (pp. 141-152).

Rasyidin. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan & Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Tohir, M. (2020) Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. OSF Preprints. doi: 10.31219/osf.io/sv8wq.

Zuray, Elvika .(2020). Korelasi Nilai Mata Kuliah Kajian Materi Geografi SMA Dan Nilai Mata Kuliah Kajian Materi SMP Dengan Nilai Mata Kuliah Magang Kependidikan III Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP UNSYIAH Angkatan 2015. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p247

Refbacks



Copyright (c) 2022 Paul Arjanto, Walid Fajar Antariksa, Mustiningsih Mustiningsih, Agus Timan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.