MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT BERBASIS ISLAM

Depi Indriani, Bambang Budi Wiyono, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the public relations program, public relations techniques, public relations cooperation, public relations program stages, public relations evaluation, public relations management pattern, and constraints in managing public relations. This research uses qualitative approach and uses interview technique, observation, and documentation. The findings of this study identify that an institution to maintain its existence can not be separated from the participation of the community. It takes a partnership with the sharing of society such as business world and industrial world (DU / DI), alumni associations, school committees, foundations and madrasah assemblies. The process of public relations management in Islamic vocational schools in addition to paying attention to cooperation partners, also pay attention to program planning, techniques, patterns, stages, evaluation, and the possibility of obstacles in the implementation process.

Keywords : school and community relationships, techniques, cooperation,      evaluation, constraints

 

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan program humas, teknik humas, kerjasama humas, tahapan program humas, evaluasi humas, pola manajemen humas, dan kendala dalam mengelola humas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini mengidentifikasikan bahwa

suatu lembaga untuk mepertahankan eksistensinya tidak terlepas dari partisipasi masyarakat. Dibutuhkan suatu mitra kerjasama dengan berbagi kalangan masyarakat seperti dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), perkumpulan alumni, komite sekolah, yayasan serta majelis madrasah. Proses manajemen humas di sekolah menengah kejuruan berbasis islam selain memperhatikan mitra kerjasama, juga memperhatikan perencanaan program, teknik, pola, tahapan, evaluasi, serta kemungkinan terjadinya kendala dalam proses pelaksanaannya.

Kata Kunci : hubungan sekolah dan masyarakat, teknik, kerjasama, evaluasi, kendala

Full Text:

PDF

References


Benty, D. N, & Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: UM PRESS.

Minarti, S. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Minarti, S. 2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyono, 2008. Manajemen Adminsistrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyono. 2011. Teknik Manajemen Humas dalam Pengembangan Lembaga Islam. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article= 313040&val=7502&title=TEKNIK%20MANAJEMEN%20HUMAS%20 DALAM%20PENGEMBANGAN%20LEMBAGA%20PENDIDIKAN%2 0ISLAM), diakses 18 Maret 2018.

Nasution, Z. 2010. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Syam, J. 2016. Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. (Online), (http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/ article/view/600), diakses 22 Maret 2017.

Umar, M. 2016. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan. (Online), (http:download.portalgaruda.org/article.php?article= 449049&val=7458&title+MANAJEMEN%HUBUNGAN520SEKOLAH%20DAN%20MASYARAKAT%20DALAM%20PENDIDIKAN), diakses 22 Maret 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Depi Indriani, Bambang Budi Wiyono, Ahmad Yusuf Sobri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.