PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU

Liza Ainurrosidah, Nurul Ulfatin, Bambang Budi Wiyono

Abstract


Abstract: An integrated curriculum is a two or more curriculum that is united and implemented in a school to provide a complete experience to learners. This research was conducted by using qualitative approach in SMP based on pesantren that implements integrated curriculum as effort of character formation of learners. The study design used case study at SMP Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi Malang Regency. By collecting data through interviews and observations it was found that an integrated curriculum system between the curriculum established by the National Education Service (Diknas), the curriculum derived from the Ministry of Religious Affairs (Kemenag) and the diniyah curriculum characteristic of Al-Rifa'ie itself. With three combined curriculum, it can form the character of learners, that is the character of religious, honest, discipline, creative, independent, love homeland or nationalism, friendly/communicative, likes to read, and responsibility.

 

Abstrak: Kurikulum terpadu adalah dua atau lebih kurikulum yang disatukan dan diterapkan di suatu sekolah untuk memberikan pengalaman yang utuh kepada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif di SMP berbasis pesantren yang mengimplementasikan kurikulm terpadu sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus di SMP Modern Al-Rifa’ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang. Dengan mengumpulan data melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa sistem kurikulum terpadu antara kurikulum yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum yang berasal dari Kementrian Agama (Kemenag) dan kurikulum diniyah ciri khas dari Al-Rifa’ie itu sendiri. Dengan tiga kurikulum yang dipadukan, maka dapat membentuk karakter peserta didik, yaitu karakter yang religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, cinta tanah air atau nasionalisme, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.  

 

Kata Kunci: pembentukan karakter, sekolah berbasis pesantren, kurikulum terpadu


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan SMP. 2014. Peran SMP Berbasis Pesantren, (Online), (http://ditpsmp.kemdikbud.go.id), diakses 28 Februari 2017.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Idi, A. 2010. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasharuddin. 2015. Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nurochim. 2016. Sekolah Berbasis Pesantren sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam dalam Konsepsi Perubahan Sosial. Al-Tahrir, 16 (1): 71. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/), diakses 28 November 2017).

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sriwanto, A. 2014. Implementasi Kurikulum Terpadu di MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Skripsi. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/Agus Sriwanto.pdf), diakses 28 April 2017.

Subhan, A. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan:Teori dan Aplikasinya. Malang: FIP UM.

Wulandari, F., dkk. 2012. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Matematika di SMPLB TPA Jember. Kadikma, 3 (3): 72. (Online), (http://jurnal.unej.ac.id), diakses 28 Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Liza Ainurrosidah, Nurul Ulfatin, Bambang Budi Wiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.