KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN WARGA SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI SEKOLAH

Zusniya Fatmawati, Ibrahim Bafadal, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstract: This study aims to describe the principal's communication process, the way the principal establishes communication, the principal obstacle in communication factor in realizing the school vision and mission, and the principal communication support factor in realizing the school's vision and mission. The method used by researchers in this research is qualitative mettode with descriptive research type. And, using various data collection techniques such as in-depth interviews, observation, and documentation. The result of this research are: (a) communication process used by Head of SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang that is direct communication (face to face) and media; (b) how the principal in building communication is by using verbal messages in the form of messages orally and written and non verbal form of action; (c) inhibiting factor of headmaster communication in realizing Vision, SMPK Kollese Santo Yusup 2 Malang Mission, ie human resources; and (d) Principal Communication Supporting Factors to realize Visii and Mission SMPK Kolese Santo Yusup Malang, including: (1) the openness of the principal; (2) a sense of kinship; (3) socialization of vision and also school mission; and (4) Mars Vision, the Mission of Kosayu.

Keywords: Principal Communications, School Locals, Vision and Mission School.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi kepala sekolah, cara kepala sekolah membangun komunikasi, faktor penghambat komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misii sekolah, dan faktor pendukung komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yakni mettode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Serta, menggunakan berbagai teknik pengumpulan datta data yaitu wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (a) proses komunikasi yang digunakan Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang yaitu komunikasi secara langsung (tatap muka) dan bermedia; (b) cara kepala sekolah dalam membangun komunikasi yaitu dengan menggunakan pesan verbal berupa pesan secara lisan dan tulisan serta non verbal berupa tindakan; (c) faktor penghambat komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan Visi, Misi SMPK Kollese Santo Yusup 2 Malang, yaitu sumber daya manusia; dan (d) faktor pendukung komunikasi kepala sekolah untuk mewujudkan Visii dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup  Malang, diantaranya: (1) keterbukaan kepala sekolah; (2) adanya rasa kekeluargaan; (3) sosialisasi visi dan juga misi sekolah; dan (4) Mars Visi, Misi Kosayu.

Kata Kunci: Komunikasi Kepala Sekolah, Warga Sekolah, Visi dan Misi Sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ardana, K. Mujiati, N. & Sriati, A. 2013. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, H. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, O. U. 2015. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fajar, M. 2009. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhammad, A. 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nawawi, H. 2000. Manajemen Strategik Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Sobri, A.Y. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Dalam Menciptakan Sekolah yang Efektif. (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/output-sekolah-efektif.pdf), diakses tanggal 10 Maret 2018.

Sobri, A. Y. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas

Sekolah Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean. (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/output-MEA.pdf), diakses tanggal 10 Maret 2018.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif R. & D. Bandung: Alfabeta.

Suranto, AW. 2011. Komunnikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sihabudin, A. 2011. Komunikasi Antar Budaya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Soekanto, S. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: FIP UM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan



View My Stats