KEPEMIMPINAN EKOLOGIS KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN
Abstract
Abstract: This study aimed to describe ecological leadership as a form of implementation of principal leadership who had environmental concern towards the conservation and preservation of living environment function, which was implemented in the establishment of environmental cultured school. This study was done through qualitative approach by employing case study research design. The data collection was done through interview, observation, and documentation. The data analysis was done through series of data reduction, data display, and conclusion drawing. The results showed that the impacts of ecological leadership of the principal in environmental school cultured establishment were the establishment of environmental concerned attitude, clean and healthy life style, ecological school environment, and school achievement in environmental field.
Keywords: ecological leadership, environmental cultured school, ecological environment
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan ekologis sebagai bentuk kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki kepedulian lingkungan terhadap penyelamatan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup yang diimplementasikan dalam pembentukan sekolah berbudaya lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan serangkaian reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dampak kepemimpinan ekologis kepala sekolah dalam pembentukan sekolah berbudaya lingkungan adalah terbentuknya sikap peduli lingkungan, pola hidup bersih dan sehat, lingkungan sekolah yang ekologis, dan prestasi sekolah di bidang lingkungan.
Kata kunci: kepemimpinan ekologis, sekolah berbudaya lingkungan, lingkungan ekologis
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A. D. 2016. Pengelolaan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana (SWALIBA), (Online), (http://eprints.uny.ac.id/34388/1/Anita%20Dwi%20astuti_10101241033.pdf.), diakses 4 Maret 2018.
Gunawan & Wibowo. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Yogyakarta: Anggota IKAPI.
Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Keputran “A”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIP UNY.
Istiadi, Y. 2014. Pendidikan Lingkungan Hidup Terlupakan dalam Kurikulum, (Online), (http://www.unpak.ac.id/pdf/PENDIDIKAN_LINGKUNGAN_HIDUP_TERLUPAKAN_DALAM_KURIKULUM.pdf.), diakses 4 Januari 2018.
Joniper, S. 2016. Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Palembang, (Online), (http://eprints.radenfatah.ac.id/204/), diakses 20 Juni 2018.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Mendikbud: Sukseskan Adiwiyata melalui Pendidikan Karakter, (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/mendikbud-sukseskan-program-adiwiyata-melalui-pendidikan-karakter), diakses 25 April 2017.
Kurniawan, S. 2017. Pendidikan Karakter: Konsep & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lusty, K. C. & Maisyaroh. 2012. Peran Warga Sekolah dalam Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23 (5), 454-459.
Mahsum, A. & Arrosyid. 2015. Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi di Sleman, (Online), (e-journal.uajy.ac.id/9109/4/3TA14058.pdf), diakses 30 Juni 2018.
Mulyasa. 2015. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Raharja, S. 2010. Pendidikan Berwawasan Ekologi: Pemberdayaan Lingkungan Sekitar untuk Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Administrasi Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.
Roesminingsih, E. & Pribadi, S., C. 2014. Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, (Online), (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index...manajemen.../7357), diakses 21 Juni 2018.
Setiawan, I. 2016. Sekolah Berbudaya Lingkungan, (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197106041999031-IWAN_SETIAWAN/SBL.pdf), diakses 4 Maret 2018.
Sobri, A. Y., Nurabadi, A., & Juharyanto. 2016. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar dalam Latar Budaya Masyarakat Pendalungan. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1 (1), 80-87.
Suharyono. 2015. Program Adiwiyata (Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan). Malang: Pemerintah Kota Malang.
Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15 (1), 19-25.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, (Online), (http://jdih.menlh.go.id/pdf/ind/IND-PUU-1-2009-UU%20No.%2032%20Th%202009_Combine.pdf), diakses 1 Agustus 2018.
Widhiarso, W. & Hadjam, M. N. R. 2003. Budaya Damai Anti Kekerasan (Peace and Anti Violence). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Widodo, H. 2017. Budaya Sekolah Adiwiyata Studi Kasus di SD Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta. Jurnal Tajdidukasi, 7 (1), 1-18.
Wijoyo, S. 2013. Hidup Politik, Hidup Otonomi, dan Ekologi. Suara Bumi 9 (4), hlm. 8.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Noer Rizki Lailatul Azmi, Ahmad Yusuf Sobri, Ahmad Nurabadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.