STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN PRESTASI TERBAIK PADA LOMBA KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI

Paxia Izzatul Irhami, Ahmad Supriyanto, Raden Bambang Sumarsono

Abstract


Abstract: This study aims to determine (1) the background of the principal in the best achievement; (2) habits of principals who can support the best achievement; (3) the efforts made by  the principal who can support the best achievement; and (4) the supporting factors of the best achievement on talented principal competition. The research method used qualitative with a multi-case study approach. At the data processing stage, data analysis uses a single case and continued with cross-case analysis. The results of the study show, from the background of achievement is one such as the headmaster who likes to compete and trust from others, habits that support achievement such as sharing knowledge ang following organizations, efforts made in achieving achievement in the form of training and best practice, and the supporting factors of the best achievement such as personal motivation and motivation of others. Overall, the findings each of the research focuses are influenced by intrinsic factors and extrinsic factors of high achieving principals.

 

Key-Words: strategy, head master, achievement

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik; (2) kebiasaan kepala sekolah yang dapat menunjang pencapaian prestasi terbaik; (3) usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik; dan (4) faktor pendukung pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi kasus. Pada tahap pengolahan data, analisis data menggunakan kasus tunggal dan dilanjutkan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan, dari latar belakang pencapaian prestasi salah satunya seperti dari pribadi kepala sekolah yang suka berkompetisi dan kepercayaan dari orang lain, kebiasaan yang menunjang prestasi seperti berbagi ilmu dan mengikuti organisasi, usaha yang dilakukan dalam pencapaian prestasi berupa mengikuti pelatihan juga best practice, dan faktor pendukung pencapaian prestasi terbaik seperti motivasi pribadi juga adanya motivasi dari orang lain. Secara keseluruhan, temuan dari masing-masing fokus penelitian tersebut dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik dari kepala sekolah berprestasi.

 

Kata Kunci: strategi, kepala sekolah, prestasi


Full Text:

PDF

References


Adibah, P. 2011. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Fear of success pada Wanita Bekerja Dewasa Muda. Jurnal tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Ariyanti, N. S. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol 1, No 1, 2018. Dari http://journal2.um.ac.id/ index.php/jmap.

Azizah, A. 2016. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMAN 1 Purwosari Pasuruan). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Maghfiroh, A. 2017. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana untuk Menunjang Inovasi Pembelajaran di SMK Ma’arif NU 04 Pakis. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Makawimbang, J. H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Marhawati, B. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada Sekolah Efektif. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol 1, No. 2. Dari http://journal2.um.ac.id/ index.php/jmsp.

McClelland, D. C. 1987. Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tetang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah. 2006. Bandung: Citra Umbara

Saputra, B. R. 2018. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah pada Sekolah Berciri Khas Islam. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol 2, No 2. Dari http://journal2.um.ac.id/ index.php/jmsp.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiyono, B. B. 2013. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (Konsep, Pengukuran, dan Pengembangannya). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Paxia Izzatul Irhami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats