KEPRIBADIAN YANG BAIK UNTUK KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

Vonny Angeli Sudharta, Ibrahim Bafadal, Sultoni Sultoni

Abstract


Abstract: Personality is inherent in individuals who can then be influenced by the environment, in which personality leadership has various elements. In this study the aim is to find out (1) the character possessed by the principal, (2) the integrity of the principal's personality, (3) the desire of the principal in self-development, (4) openness to the implementation of duties and functions in carrying out the leadership of the principal, (5) Self-control of the principal in overcoming problems in SMPN 11 and SMPN 18 Malang. Where this is in order to determine the effectiveness of the principal's leadership. The method used in this study is qualitative descriptive using multi-site design. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The subject of this study was the Head of SMPN 11 and SMPN 18 Malang, with the source of the principal, vice principal, administration, teachers and students. Data analysis is done by reducing, presenting data, drawing conclusions and verification. The results of this study are, (1) The principal has good behavior in accordance with the indicators of the principal's personality competency. (2) The Head of SMPN 11 and 18 Malang has good personality integrity which is shown by the attitude of honesty, fairness, discipline, etc. (3) In achieving the goals of the principal make the program planned carefully and implemented as well as possible so that each goal is achieved. (4) The principal also shows openness in carrying out all the duties of the principal, both opinions and concerns for all school members. (5) The principal has good self-control in problem solving.

 

Keywords: personality, effectiveness of leadership, headmaster

 

Abstrak: Kepribadian merupakan sifat yang melekat pada individu yang kemudian dapat dipengaruhi oleh lingkungan, dimana dalam kepemimpinan kepribadian memiliki berbagai unsur. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Akhlak yang dimiliki kepala sekolah, (2) Integritas kepribadian kepala sekolah, (3) Keinginan kepala sekolah dalam pengembangan diri, (4) Keterbukaan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah, (5) Pengendalian diri kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan di SMPN 11 dan SMPN 18 Malang. Dimana hal tersebut guna mengetahui keefektifan kepemimpinan kepala sekolah. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala SMPN 11 dan SMPN 18 Malang, dengan sumber kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) Kepala sekolah memiliki perilaku yang baik sesuai dengan indikator kompetensi kepribadian kepala sekolah. (2) Kepala SMPN 11 dan 18 Malang memiliki integritas kepribadian baik yang ditunjukkan dengan sikap kejujuran, keadilan, disiplin, dll. (3) Dalam pencapaian tujuan kepala sekolah membuat program yang sudah direncanakan matang-matang dan dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga tiap tujuan tercapai. (4) Kepala sekolah juga menunjukan keterbukaan dalam melaksanakan segala tupoksi kepala sekolah, baik pendapat maupun hal kepedulian terhadap semua anggota sekolah. (5) Kepala sekolah memiliki pengendalian diri yang baik dalam pemecahan masalah.

 

Kata Kunci: kepribadian, keefektifan kepemimpinan, kepala sekolah


Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2015. Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Berbasis Moral Spiritual dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/28-imron-arifin-KOMPETENSI-KEPRIBADIAN-KEPALA-SEKOLAH-BERBASIS-MORAL-SPIRITUAL-DALAM.pdf). Diakses pada 2 Maret 2018.

Gunawan, I., dan Benty, D. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hariyanto, F. 2016. Inilah Kepala Sekolah Terbaik Dalam Evaluasi Kinerja (online), (http://malangkota.go.id/iks) diakses 15 Januari 2017

Hermanto. 2012. Manajemen Kepala Sekolah, (online), http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299486/pengabdian/MANAJEMEN+KEPALA+SEKOLAH.pdf. Diakses pada 16 April 2017.

Jaenudin, U. 2012. Psikologi Kepribadian. Bandung: CV. Pustaka Setia

Lukman, S. H. 2016. Etika dan Moralitas Kepemimpinan Pendidikan (Online), (https://www.linkedin.com/pulse/etika-dan-moralitas-kepemimpinan-pendidikan-sri-hardianty-hardianty). Diakses pada 12 Oktober 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah.

Pradja, J.S. 2012. Psikologi kepribadian. Bandung: Pusaka Setia.

Putri, F dan Surnani. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif di SMAN Se-Kabupaten Lumajang. Jurnal manajemen pendidikan 23 (5):418-423

Sudharta, V., Mujiati, M., dan Rosidah, A. 2017. School Principal’s Leadership Behavior In Psychology Perspective. Advances in Economics, Business and Management Research, 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2017), 45 (1): 28-33.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhardiman B. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Yulk, K. 2001 Leadership Organization, (Online), (http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/26015119/media-f7b-97-randd-leaders-business-yukl.pdf) diakses 10 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 vonny angeli sudharta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats