HUBUNGAN KINERJA PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN

Ayu Dila Ratnasari, Burhanuddin Burhanuddin, Teguh Triwiyanto

Abstract


Abstract: The purpose of the research was to describe relationship between performance service administrative with customer satisfaction at Vocational High School in Malang. This study used a correlational design. The population of this study are teachers and students  of Vocational High School in Malang. Sampel was selected using Proportional Random Sampling. Data were analyzed using descriptive and correlation analysis technique. Results of the study indicate that there is a relationship between performance service administrative with customer satisfaction Vocational High School in Malang.

 

Keywords: administrative staff performance, customer satisfaction

 

Abstrak: penelitian ini bertujuan mengetahui, 1) tingkat kinerja pelayanan tenaga administrasi sekolah, 2) tingkat kepusan pelanggan, 3) hubungan kinerja pelayanan tenaga administrasi dengan tingkat kepuasan pelanggan SMK Negeri di Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  model korelasi Product Moment Pearson. Populasi penelitian terdiri pendidik 1.181 orang dan peserta didik  20.874 siswa di SMK Negeri Kota Malang. Sampel ditentukan dengan teknik Propotional Random Sampling dengan jumlah sampel peserta didik  371 dan pendidik 293 orang. Data di analisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian tingkat kinerja pelayanan tenaga administrasi sekolah sebesar 67,7% yang berada pada kategori baik, kemudian tingkat kepuasan pelanggan sebesar 61,2% berada di kategori tinggi, untuk hubungan kinerja pelayanan TAS dengan kepuasan pelanggan menyatakan yang diperoleh adalah 0,799 dengan taraf signifikan 5% yang berarti  lebih besar daripada  (atau 0,799>0,111). Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja pelayanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci: kinerja, tenaga administrasi sekolah, kepuasan, pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arief, M. 2010. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Cetakan 1. Bayumedia Publishing Malang.

Arimawati, R. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.Skripsi, (Online), (http://eprints.undip.ac.id/39016/1/ARIMAWATI.pdf)

Gumilar, Rahmat & Prihatin, Eka. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Se-Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17 (1): hlm. 123, (online) dalam UPI http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6438.

Handoko, Timan, & Kusumaningrum. 2018. Hubungan Penerapan Etika Perkantoran Dan Sikap Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Sekolah Dengan Kepuasan Peserta Didik. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1): hlm.102, (online) dalam UM http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2680/1704.

Liana, N.A, Benty, D. D. N, & Supriyanto, A. 2016. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 25 (1), hlm. 39─ 46. (online), dalam UM http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/06-Nurul-Agustin-Liana.pdf.

Miyono, N. 2011. Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Sekolah Dasar Swasta Unggul Di Semarang, Dinamika Sosial Ekonomi. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 7 (2), hlm. 148-163. (online) dalam KOPERTI https://journal.kopertis6.or.id/index.php/sosek/article/view/33.

Ngelon, Burhanuddin, & Zulkarnain. 2018. Analisis Tingkat Kualitas Layanan Registrasi Administrasi. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(1), hlm. 33. (online) dalam UM http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2653/1640.

Nurziah. 2016. Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu. Jurnal Katalogis, 4 (8), hlm. 29. (online) dalamUNTAD http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6751/0.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2008, Tentang Standar Administrasi Sekolah. (online), (https://www.slideshare.net/dedikuswandi/permen-24-th2008-standar-tenaga-administrasi-sekolahmadrasah).

Sari, Wiyono.2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orang tua Peserta Didik. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 24 (2), hlm.153. (online) dalam UM ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-255-65.pdf.

Sunyoto, D. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Priadi. 2012. Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penguatan Budaya Sekolah Untuk Implementasi Pendidikan Karakter. (Online), (staffnew.uny.ac.id/upload/198111112009121001/penelitian/makalah+IKA+2012.pdf).

Valentina, Maisyaroh, & Kusumaningrum.2018. Hubungan Kompetensi Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), hlm. 82. (online) dalam UM http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2679/1659.

Widiastutik, Y. 2013. Hubungan Kualitas Layanan Pendidikan dengan Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Skripsi.(Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/27998).

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ayu Dila Ratnasari, Burhanuddin Burhanuddin, Teguh Triwiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.