KEPEMIMPINAN SITUASIONAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING LUARAN PENDIDIKAN ABAD 21

Vivi Nindiantika, Nurul Ulfatin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrack: The purpose of this research was to describe the situational leadership to improve the external competitiveness of the education of the 21st century. This study used a qualitative approach. The data collected by the method of interview, observation, and documentation. The result of the research was (1) the external competitiveness of the educational Profile of the 21st century the intended Junior Hight School Brawijaya Smart School there are three components, among others, character, competence, and insight; (2) situational leadership Behavior to improve the external competitiveness of the education of the 21st century through the orientation of the vision, mission, and goals, as well as through programs that are made; (3) leadership in the circumstantial conditioning to improve the external competitiveness of 21st century education is done through conditioning affect teachers, educational personnel in influencing conditioning, conditioning affect carers his pupil, and conditioning in affect learners.

 

Keywords: situational leadership, education output of 21st century

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan  metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) Profil daya saing luaran pendidikan abad 21 yang dituju SMP Brawijaya Smart School yaitu terdapat tiga komponen antara lain karakter, kompetensi, dan wawasan; (2) Perilaku kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21 yaitu melalui orientasi visi, misi, dan tujuan, serta melalui program yang dibuat; (3) Pengondisian dalam kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21 dilakukan melalui pengondisian dalam mempengaruhi guru, pengondisian dalam mempengaruhi tenaga kependidikan, pengondisian dalam mempengaruhi wali murid, dan pengondisian dalam mempengaruhi peserta didik.

 

Kata Kunci: kepemimpinan situasional, luaran pendidikan abad 21

Full Text:

PDF

References


Baswedan, A. 2018. Proyeksi Pendidikan Abad 21. https://www.youtube.com/watch?v=TRe78ZOMBcw. Diakses 30 Januari 2019.

Danim, S. 2015. Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, R & Patras, Y. E. Pendidikan Abad 21 dan Kuri kulum 2013. Bandung: Unpad.

Imron, A. 2015. Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia (Proses, Produk, & Masa Depanya). Jakarta: Bumi Aksara.

Mardalis, A & Setiawan, E. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Sumber Daya, 17(2). 67-77.

Muhadjir & Noeg. 2000. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, H. E. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustapa, R. 2017. Pembelajaran dan pendidikan abad 21. (Online), (http://guraru.org/guru-berbagi/pembelajaran-dan-pendidik-abad-21/). Diakses, 12 Januari 2019.

Putra, S. B, & Yuniawan, A. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank OCBC NISP Tbk. KCP Bekasi).Journal of Management, 4(1), 1–13.

Susanto, A. T. & Muhyadi. 2016. Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, (Online), 2(2): 150-163. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp).

Widianto, A. B. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Dan Prestasi Kerja Karyawan Rumah Sakit Anak Dan Bersalin Muhammadiyah Tuban. Jurnal Ilmu Ekonomi &Manajemen, 9(2), 154–183.

Winardi, J. 2008. Manajemen Perubahan (The Management Of Charge). Jakarta: Kencana.

Yulipatiana. 2018. Membangun Karakteristik Pendidikan Abad 21. (Online), (http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://tanjungpinangpos.id/membangun-karakteristik-pendidikan-abad-ke-21/&strip=1&vwsrc=0). Diakses 15 Januari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22019p40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vivi Nindiantika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.