PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN INTERNAL

Anne Sarmono, Achmad Supriyanto, Agus Timan

Abstract


Abstrak: Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) telah diselenggarakan secara internal di setiap jenis dan jenjang, sekolah, termasuk sekolah menengah kejuruan. Penjaminan mutu pendidikan yang baik merupakan “sistem peringatan dini” sehingga kita dapat mengatasi masalah dari tahap awal sebelum menjadi berbahaya, yang berakibat pada sulitnya diperbaiki dan anggaran yang lebih besar. Oleh karena itu, sistem penjaminan mutu memang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di SMK melalui penerapan SPMP internal, serta untuk mengetahui kendala dan pendukung keberhasilan. Metode penelitian menggunakan analisis deskripsi dengan melihat kondisi, membandingkannya dengan indikator pelaksanaan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan TQM pada SPMP internal belum sepenuhnya dilaksanakan. Manajemen mutu, Pernyataan visi, rencana rinci, penghargaan prestasi, kepemimpinan, orientasi kualitas, budaya, komunikasi, perlawanan karyawan, dan sumber daya yang belum cukup menjadi penghambat. Di sisi lain, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan dan keterlibatan karyawan, fokus pelanggan, dan komitmen para pemimpin puncak, merupakan pendukung keberhasilan implementasi.

Key Words: Educational Quality Assurance System, Total Quality Management

 

Abstrak. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) internal telah diterapkan di sekolah-sekolah dalam berbagai tingkatan, termasuk pada sekolah kejuruan. Sebuah sistem penjaminan mutu internal yang berjalan dengan baik merupakan “early warning system” atau sistem peringatan dini yang diharapkan dapat segera memperbaiki keadaan sebelum menjadi semakin parah, sehingga sulit diperbaiki dan berbiaya semakin mahal. Dengan demikian SPMP internal merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang implementasi dari Manajemen Mutu Terpadu (MMT) pada sekolah kejuruan melalui penerapan SPMP internal dan mengetahui penghambat dan pendukungnya. Metode penelitian menggunakan analisis deskripsi dengan menelaah kondisi dan membandingkannya dengan indikator implementasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan MMT belum dilaksanakan sepenuhnya pada SPMP internal. Manajemen kualitas, pernyataan visi, pendetailan rencana, penghargaan prestasi, kepemimpinan, budaya orientasi mutu, komunikasi, resistensi pegawai, dan sumberdaya, yang belum memadai menjadi penghambat. Di lain pihak, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan dan pelibatan karyawan, fokus pelanggan, dan komitmen pemimpin puncak, menjadi pendukung keberhasilan implementasi.

Kata kunci : Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Manajemen Mutu Terpadu 


Full Text:

PDF

References


Abdaziz, A. 2015. The Impact of Total Quality Management on Organizational Performance. European Journal of Business and Management. Vol.7 No.36.

Arshida, M.M. & Agil, S.O. 2013. Critical Success Factors for Total Quality Management Implementation Within The Libyan Iron and Steel Company. ISS & MLB. Kualalumpur. Malaysia.

Crawford, L.E.D. & Shutler, P. 1999. Total Quality Management in Education: Problems and Issues for the Classroom Teacher. The International Journal of Education Management 13/2.

Ismail, S.N. 2014. Total Quality Management (TQM) Practices and School Climates Amongst High, Average, and Low Performance Secondary School. Malaysian Journal and Learning of Instruction. Vol.11.

Mosadeghrad, A.M. 2012. Why TQM programmes fail? A pathology approach. Health Management and Economics Research Centre, Tehran University of Medical Sciences, Teheran, Iran

Pekkar, J.K. 1995. Total Quality Management: Guiding Principles for Applications. ASTM. Philadelphia USA.

Robbins, Stephen P. Coulter, Mary. 1999. Management. Prentice Hall International, Inc.

Sallis, Edward. 2002. Total Quality Management in Education. Third edition. Kogan Page. UK.

Sohel-Uz-Zaman, A.S.Md. & Anjalin, U. 2016. Implementing Total Quality Management in Education: Compatibility and Challenges. Open Journal of Social Sciences, 2016,4,207-217.

Suleman, Q. & Gul, R. 2015. Challenges to Successful Total Quality Management Implementation in Public Secondary Schools: A Case Study of Kohat Distric,Pakistan. Journal of Education and Practice. Vol.6. No.15.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anne Sarmono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.