HUBUNGAN KEEFEKTIFAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SMKN DI KOTA MALANG

Mutya Alfarina, Djum Djum Noor Benty, Desi Eri Kusumaningrum

Abstract


Abstract: the goal of this research was to know: (1) the level effectiveness of teachers’ coaching events in all vocational high schools in Malang City; (2) the effective level of sustainable professionalism at vocational high schools Malang City; (3) the level teachers’ teaching performance at vocational high schools Malang City; (4) the correlation between coaching and teachers’ teaching performance at vocational high schools Malang City; (5) the correlation between development of sustainable professionalism and teachers’ teaching performance at vocational high schools Malang City; and (6) the correlation between coaching and development of sustainable professionalism with teachers’ teaching performance at vocational high schools. This research used quantitative approach with using correlational descriptive design. Based on analysis data, there were six conclusions as followed: (1) the level effectiveness of teachers’ coaching in all vocational high schools in Malang City was in moderate category; (2) the level effectiveness development of sustainable professionalism (DSP) in all vocational high schools in Malang City was in low category; (3) the level of teachers’ performance for learning in all vocational high schools in Malang City was high category; (4) there was no relationship significantly between effectiveness of coaching and using teachers’ performance in all vocational high schools in Malang City; (5) there was low relationship between development of sustainable professionalism and teachers’ performance for learning development of sustainable professionalism in all vocational high schools in Malang City; and (6) there was low relationship coaching and development of sustainable professionalism using teachers’ performance for learning.

 

Keyword: Coaching; development of sustainable professionalism; teachers’ teaching performance

 

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keefektifan kegiatan pembinaan guru SMKN di Kota Malang; (2) tingkat keefektifan kegiatan pengembangan profesi guru berkelanjutan SMKN di Kota Malang; (3) tingkat kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang; (4) hubungan antara keefektifan pembinaan dan kinerja guru dalam pembelajaraan SMKN di Kota Malang; (5) hubungan antara pengembangan keprofesian berkelanjutan dan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang; dan (6) hubungan keefektifan pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif korelasional. Kesimpulan dari penelitian adalah: (1) tingkat keefektifan pembinaan guru SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori sedang; (2) tingkat keefektifan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori rendah; (3) tingkat kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori tinggi; (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara keefektifan pembinaan dengan kinerja guru SMKN di Kota Malang; (5) ada hubungan rendah antara pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang; dan (6) ada hubungan sangat rendah keefektifan pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: pembinaan; pengembangan keprofesian berkelanjutan; kinerja guru dalam pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, D. 2015. Hubungan Pembinaan Guru dan Kemampuan Guru Mengimpelmentasikan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 di SMAN se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Irwan, C. 2016. Latar Belakang Pendidikan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Produktivitas Guru SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 25 (2): (143-150)

Juwaeni, H. 2014. Kontribusi Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru SD di UPTD Dikpora Kota Surakarta. (Online), (http://eprints.ums.ac.id), diakses pada 6 Juli 2019.

Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (repositori.kemdikbud.go.id), diakses pada 20 Maret 2019

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (kemdikbud.go.id), diakses pada 19 Maret 2019.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2011. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. (Online), (http://jabatanfungsional.com), diakses pada 18 Maret 2019.

Rukmana, D. 2016. Hubungan antara Keikutsertaan dalam Program Pengembangan dan Kinerja Profesional Guru SMK Negeri se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM

Sobri, A. Y. 2013. Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 24 (1): (9-20)

Sugiono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiri, B. 2017. Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). (Online), (www.academia.edu), diakses pada 12 Juni 2019

Suharsaputra, U. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mutya Alfarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.