MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAINS CLUB UNTUK MENUNJANG KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SCIENCE

Mery Dwi Rohmawati, Mustiningsih Mustiningsih, Djum Djum Noor Benty

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe in detail the activities of management of science club extracurricular activities start from planning, organize, implementation, evaluation, inhibitor factors, support factors, and efforts in overcome barriers in club science extracurricular activities to support students' active learning science. This research was conducted through a qualitative approach using a type of case study to obtain descriptive data in a natural, comprehensive, and intensive manner. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation. The results of this study explained the activities of planning, organize, implementation, evaluation, inhibitor factors, support factors, and efforts in overcome barriers to extracurricular activities of club science to support the activity of students in learning science at Elementary School of My Little Island.

 

Keyword: management of extracurricular activities, club science, activeness of students

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan secara rinci kegiatan dari manajemen kegiatan ekstrakurikuler sains club yang dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, faktor penghambat, faktor penunjang, serta upaya dalam menanggulangi hambatan dalam kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh data deskriptif secara alamiah, komprehensif, dan intensif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai kegiatan  perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, faktor penghambat, faktor pendukung, dan upaya menanggulangi hambatan kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science di SD My Little Island.

Kata Kunci: manajemen kegiatan ekstrakurikuler, sains club, keaktifan peserta didik


Full Text:

PDF

References


Aini, S. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Siswa Dalam Belajar di Tsanawiyah AL-Washliyah Ismailiyah No 82. Medan, (Online), (http://repository.uinsu.ac.id/2747/1/Skripsi%20SYARIFAH%20AINI.pdf) diakses 10 Februari 2018

Andani, R.T. 2016. Perbedaan Motivasi danisiplin Kerja Pada Guru PNS dan Bukan PNS di SMP Negeri se-Surabaya Barat. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/download/14610/13260) di akses 28 Mei 2019

Anggraeni,A.L. 2017. Analisis Perbedaan Tingkat Disiplin Kerja PNS Sebelum dan Sesudah Implementasi Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2015, (Online), (http://repository.usd.ac.id/13193/2/132214084_full.pdf) diakses 15 April 2019

Arifin, I., Juharyanto, Mustiningsih, & Taufiq, A. (2018). Islamic Crash Course as a Leadership Strategy of School Principals in Strengthening School Organizational Culture. SAGE Open, 8(3), 215824401879984. https://doi.org/10.1177/2158244018799849

Ayu, P.M, Buchari.N, & Isnaini. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Guru Di Smp Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. (Online), (http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/download/7321&sa) diakses 22 Mei 2019

Banawi & Arifin, M. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Damanik, Saipul, Ambri. 2014. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. (Online), (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6090) diakses 15 Juli 2019

Hasibuan, M.S.P. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: CV. Haji Masagung

Helmi, A. F. 1996. Disiplin Kerja. (Online), (http:// http://avin.staff.ugm.ac.id/data/jurnal/disiplinkerja_avin.pdf) diakses 10 Februari 2018

Juharyanto. (2017a). Kepemimpinan unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso). Jurnal Sekolah Dasar, 1(Tahun 26), 89–100. Retrieved from url: http://jurnal.fip.um.ac.id/sekolahdasar

Juharyanto, J. (2017b). Implementation of Principal Personality Competency as a Change Agent on School Achievement in Remote Area One Roof School. Proceedings of the 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2017), (October). https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.7

Kusumawati, D.K. 2006 Hubungan antara persepsi terhadap kepemimpinan transformasional dengan motivasi mengembangkan karir Skripsi (Tidak diterbitkan) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Nastiti, S.M. 2016. Perbedaan Kinerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian PNS dan Non PNS Di SMA Negeri Se Kabupaten Rembang, (Online), (https://lib.unnes.ac.id/29068/1/3401412144.pdf) di akses 15 Februari 2018

Pratiwi N,A. 2015. Studi komparasi disiplin kerja guru sekolah dasar negeri yang belum dan sudah bersertifikasi di wilayah kecamatan Tapung Hulu Kampar, Hanata widya, Vol IV, No 3 (2015)

Prijodarminto, S. 1993. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Pradnya Pramita cetakan kedua

Rahayu,D, dkk. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kedisiplinan Guru SMPN Kota Surakarta. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/112221-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan-kedisiplinan.pdf&sa) di akses 22 Mei 2019

Sa’adah.N, I M. Yudana & I G K Arya Sunu. 2018. Studi Komparatif Tentang Perbedaan Kinerja Guru Pkn Pns Dengan Non Pns (Studi Pada Smp Di Kota Singaraja), (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/download/15088/9235) di akses 22 Mei 2019

Ubaidah, Siti. 2012. Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/56738-ID-manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningka.pdf), diakses 26 Juni 2019

Unaradjan,D. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Gramedia

Wijaya,A. 2018. Perbedaan Yang Signifikan Antara Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. (Online), (https://id.quora.com/Apa-perbedaan-yang-signifikan-antara-sekolah-negeri-dan-sekolah-swasta) di akses 20 Maret 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i32019p136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mery Dwi Rohmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.