PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASJID DAN ALAM UNTUK PEMENUHAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Annisa Widiarti, Nurul Ulfatin, Wildan Zulkarnain

Abstract


ABSTRACT: This research was carried out with the aim to find out about the planning of mosque-based learning and nature in SD Saleh Malang and the obstacles that were passed in preparing mosque-based learning and nature. This research is a descriptive study using a qualitative research approach with case study research design. This research was conducted using interview techniques, documentation, and observation. Data analysis is done through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. The validity test of the data uses the criteria of degree of trust or credibility which includes triangulation, checking members (Member Checks), adequacy of reference materials, and increasing perseverance. The results of this study are: good learning planning in which mosque-based or natural-based learning is based on a curriculum in the form of a national curriculum, hidden curriculum, and family curriculum. After that the vision, the mission set by the school is also a reference in mosque-based learning and natural planning, and then followed by making syllabus in which contains five characters, making lesson plans that contain five characters, and licensing mosques or natural schools as learning facilities.

 

Keywords: planning learning, mosque-based learning and nature, character.

 

ABSTRAK: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tentang perencanaan pembelajaran berbasis masjid dan alam di SD Anak Saleh Malang dan hambatan yang dilalui dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis masjid maupun alam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, serta observasi. Analisis data dilakukan melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan atau kredebilitas yang meliputi triangulasi, pengecekan anggota (Member Checks), kecukupan bahan referensi, dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini yaitu: perencanaan pembelajaran baik yang di dalamnya berbasis masjid atau pun alam, dilakukan dengan berpatokan pada kurikulum yang berupa kurikulum nasional, hidden curriculum, dan family curriculum. Setelah itu visi, misi yang telah ditetapkan oleh sekolah juga menjadi acuan dalam perencanaan pembelajaran berbasis masjid dan alam, dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan silabus yang di dalamnya berisi muatan panca karakter, pembuatan RPP yang berisi muatan panca karakter, serta perijinan masjid atau sekolah alam sebagai fasilitas belajar.

 

Kata Kunci: perencanaan pembelajaran, pembelajaran berbasis masjid dan alam, karakter.


Full Text:

PDF

References


Desilia, Ike Wahyu. 2014. Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. (Journal Online). (journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491), diakses pada tanggal 15 Februari 2019.

Mufidah, Hidayatul. 2015. Sistem Pembelajaran Matematika di Sekolah Alam. (Journal Online). (http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2049/1527), diakses pada tanggal 28 November 2018.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). (Online), (https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017.pdf), diakses pada tanggal 8 Mei 2019.

Rohman, Muhammad & Amri, Sofan. 2015. Manajemen Pendidikan Analisis Dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas Dan Strategi Pengajaran Yang Efektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Santoso, Satmoko Budi. 2010. Sekolah Alternatif Mengapa Tidak?. Yogyakarta: Diva Press.

Setiyowati, Cici. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sejarah Lokal Melalui Kajian Arsitektur Masjid Kuno Tawangsari Tulungagung Untuk Kelas XI IIS SMAN 1 Kedungwaru. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Siswanto. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. (Journal Online). (http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/download/385/372), diakses pada tanggal 15 Januari 2019.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan:Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Usman, Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi, dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i42019p194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ANNISA WIDIARTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.