PENAKSIRAN NILAI ASET DAN MANAJEMEN ASET DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ferdinand Andreas Riovaldo, Maisyaroh Maisyaroh, Asep Sunandar

Abstract


Abstract:  The purpose of this research is to; Calculating the estimated value of current assets in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi;  Calculating the estimated value of fixed assets in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; Calculating the estimated value of the asset is not fixed in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; Know the asset management in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. To achieve that goal this research is implemented by a descriptive method. The data collection techniques used are by observation methods, documentation and interviews. While the research object is done in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. The analytical techniques used are descriptive analysis by data on all assets owned by the school, calculating the value of the assets and reduced by the depreciation rate, and then the value of the asset owned by the school. The results of this study indicate that; Assets owned by SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi belong to current assets, fixed assets, and intangible assets; Based on the results of the study is known that the estimated tangible assets owned by the school is Rp 224,474,037.00. Estimated value of electronic category asset Rp 169,454,490.00. Estimated value of vehicle assets Rp 465,709,286.00. Estimated value of land and building assets Rp. 57,380,000,000.00.

Keyword: Value, Assets, and Asset Management

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk; Menghitung taksiran nilai aset lancar di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi;  Menghitung taksiran nilai aset tetap di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; Menghitung taksiran nilai aset tidak tetap di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; Mengetahui manajemen aset di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan objek penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mendata semua aktiva yang dimiliki sekolah, menghitung nilai aset dan dikurangi dengan nilai penyusutan, dan selanjutnya manaksir nilai aset yang dimiliki sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; Aset yang dimiliki SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tergolong dalam aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva tak berwujud; Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa taksiran aset berwujud yang dimiliki sekolah yaitu Rp 224.474.037,00. Taksiran nilai aset katagori elektronik Rp 169.454.490,00. Taksiran nilai aset kendaraan Rp 465.709.286,00. Taksiran nilai aset tanah dan bangunan Rp. 57.380.000.000,00.

Kata Kunci : Nilai, Aset, dan Manajemen Aset


Full Text:

PDF

References


Amalia, D. 2017. Pengertian dan Jenis-Jenis Aktiva dalam Akuntansi, (Online) (https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pengertian-dan-jenis-jenis-aktiva-dalam-akuntansi) diakses 16 februari 2018.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastian, I. 2007. Akuntansi Pendidikan. Jakarta: PT. Erlangga.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juharyanto, Sultoni, E. a. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Peran Multi-Stakeholders Forum: Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD – SMP Satu Atap di Daerah Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 82(01), 1–10.

Juharyanto. (2017). Kepemimpinan unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso). Jurnal Sekolah Dasar, 1(Tahun 26). Retrieved from url: http://jurnal.fip.um.ac.id/sekolahdasar

Jeeva. S. A. and Ahmed Mohsen Salem Baswaid. 2014. A Strategic Procurement Concept for Physical Asset Management Framework. Proceedings of the 2014 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Bali, Indonesia, January 7 – 9, 2014. Dari http//iieom.org/ieom2014/pdfs/557.pdf diakses 29 februari 2019.

Kieso, D. E., & Weygandt, J.J. 1995. Akuntansi Intermediate Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Lumbantorum, S. 2006. Akuntansi pajak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Maxmanroe. 2019. Manajemen Aset. (Online) (https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-aset.html) diakses 5 juli 2019

Muh. Tahir, 2011.Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan.Makassar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Nainggolan, P. 2005. Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga Nirlaba Sejenis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasution, S. 1987. Metode Research. Bandung: PT.Jemmars.

Nugroho, B,A. 2014. Sistem Manajemen Aset Sekolah. Jurnal Informatika dan Multimedia, Vol 6 No.1. Dari https://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JIM/article/view/15/14. diakses 19 Juli 2019

Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007. 2008. Bandung: Fokus Media

Prihadi & Wahyu, A. 1994. Akuntansi 1 Sekolah Menengah Umum. Surakarta: PT. Pabelan.

Setyadin, B. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Sugiama, A. Gima. 2013. Manajemen Aset Pariwisata, Guardaya Intimarta, Edisi 1, Bandung: Polban

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunandar, A. 2016. Manajemen Aset Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutrisno. 1986. Akuntansi. Malang: PT. Citra Prestasi.

Tim Dosen UM. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, M. 2013. Langkah Pengelolaan Aset Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 2003. Bandung: Citra Umbaran.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 Mengenai Yayasan. (online), (www.fk.unair.ac.id/pdfiles/), diakses 31 maret 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ferdinand Andreas Riovaldo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.