MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAHLIAN GANDA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ukhti Rochmawati, Agus Timan, Desi Eri Kusumaningrum

Abstract


Abstract: Research objectives to describe the management of education and training undertaken by the training institutions for the implementation of the program. Research using qualitative approach. The data collected by interview, observation, and documentation methods. Results of research: (1) program planning of multiple expertise PPPPPTK BOE Malang was start from an analysis of the needs of teachers, drafting the budget, recruitment of participants, to making proposals of activities; (2) organizing was done by the Division of proposals to work units, and continued by coordonation meeting for committee involement; (3) training implementation by using  in-on-in model was done with provisioned speaker and attendees, and the strategies of andragogy approach. The implementation of the learning was begin with the opening to learning in each classroom; (4) evaluation of the implementation of the multiple expertise program at PPPTK BOE Malang was consist of participant’s assesment, speaker of theacer’s assesment, and organizer’s assesment..

 

Keyword: Educational and Training Management, Multiple Expertise

 

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan dan pelatihan yang dijalankan oleh lembaga pelatihan untuk pelaksanaan program keahlian ganda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Perencanaan program keahlian ganda di PPPPPTK BOE Malang  mulai dari analisis kebutuhan guru, penyusunan anggaran, perekrutan peserta pelatihan, sampai dengan pembuatan proposal kegiatan; (2) pengorganisasian dilakukan dengan pembagian proposal kepada unit kerja, dilanjutkan rapat koordinasi dan pelibatan ke dalam kepanitiaan; (3) model pelaksanaan pelatihan in-on-in dengan dilakukan pembekalan terhadap narasumber dan peserta dengan strategi pembelajaran pendekatan andragogi, kemudian pada pelaksanaan pelatihan diawali dengan pembukaan hingga pembelajaran di kelas masing-masing; (4) evaluasi pelaksanaan program keahlian ganda di PPPPTK BOE Malang menyangkut penilaian peserta, penilaian narasumber atau pengajar, dan penilaian penyelenggara.

 

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, Keahlian Ganda


Full Text:

PDF

References


Amtu, O. 2013. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: CV Alfabeta.

Agung, I. 2018. Jam Mengajar Guru: Tinjauan Dari Sisi Lain. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, (Online), Vol. 23, No 1 hlm 33 s.d 42 (https://media.neliti.com), diakses 22 Februari 2019.

Dariyanto, F. 2014. Manajemen Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Jenjang SMP (Studi Kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Kota Batu). Malang: Universitas Negeri Malang.

Dewi, Dantes, & Irawan. Evaluasi Usability Pada Aspek Satisfaction Menggunakan Teknik Kuesioner Pada Sistem LMS Program Keahlian Ganda. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 15 Nomor 1 (Online) (https://ejournal.undiksha.ac.i d/index.php/JPTK/article/view/13028/8483), diakses 2 Agustus 2019.

Daryanto & Bintoro. 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Herlina, Hidayat, & Djumena. Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1 Nomor 1 (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/14758/8233), diakses 2 Agustus 2019.

Herujito, M. Y. 2004. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lestari & Ulfatin. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Volume 25 (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/11-Annisa-Puteri-Kusuma-Lestari.pdf), diakses 20 Juli 2019.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sonhadji, A. 2001. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sultoni. 2016. Manajemen Diklat (Cara Menancapkan Materi Pelatihan ke dalam Memori Jangka Panjang Peserta Pelatihan dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Kepala Sekolah, Pengawas, Pendidik, & Tenaga Kependidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Volume 25 (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/25-Sultoni-Manajemen-DIKLAT.pdf), diakses 8 April 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

Wijaya, Yoto, & Suhartadi. Pengelolaan Guru Keahlian Ganda Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMKN 1 Singosari. JUPEDASMEN Volume 4 Nomor 1 (Online), (http://jupedasmen.com/index.php/JUPEDASMEN/article/viewFile/202/pdf), diakses 2 Agustus 2019.

Yoto. 1997. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang bagian Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas Proyek IKIP Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i32019p147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ukhti Rochmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.