Perbedaan Pengetahuan Siswa Tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) Menggunakan Metode Ceramah dan Metode Brainstorming di Sekolah Menengah Atas

Avi Inayatul Islamiah, Roesdiyanto Roesdiyanto, Desi Ariwinanti

Abstract


Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya golongan umur remaja. Survey World Health Organization (WHO) kelompok usia remaja (10-19 tahun) menempati seperlima jumlah penduduk dunia, dan 83% di antaranya hidup di negara-negara berkembang. Usia remaja merupakan usia yang paling rawan mengalami masalah kesehatan reproduksi seperti kehamilan usia dini, aborsi yang tidak aman, Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk Human Immunodeficiency Virus (HIV), pelecehan seksual dan pemerkosaan. Sementara itu di kabupaten Malang tepatnya di MA Al-Ihsan 90% siswa yang bersekolah adalah siswa yang juga bertempat tinggal di pesantren. Hal ini menjadikan akses siswa untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi tidak pernah didapatkan. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diadakannya upaya preventif dan promotif untuk meningkatkan status kesehatan reproduksi dalam bentuk promosi kesehatan menggunakan metode ceramah dan metode brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan siswa tentang IMS melalui promosi kesehatan menggunakan metode ceramah dengan metode brainstorming. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen sungguhan atau true experimental dengan rancangan Posttest only control grup design. Dalam rancangan penelitian ini terdapat tiga kelompok yaitu dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Sampel diambil menggunakan Metode Isaac dan Michael didapatkan 89 sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan uji oneway anova. Berdasarkan hasil uji oneway anova didapatkan hasil nilai probabilitas 0,000 yang berarti Ho ditolak karena < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan yang cukup signifikan antara kelompok metode ceramah dan kelompok metode brainstorming, dan metode brainstorming lebih efektif dalam promosi kesehatan di MA Al-Ihsan Blambangan, Krebet, Kabupaten Malang.


Full Text:

PDF

References


Ardian, I. 2015. Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Metode Curah Pendapat Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang HIV/ AIDS. Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah, 1(6). 1-7. Dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jnm/article/view/468

Benita, N.R. 2012. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Siswa SMP Kristen Gergaji. Naskah Publikasi. Universitas Diponegoro. Dari http://eprints.undip.ac.id/37650/

Daharnis., dkk. 2013. Presepsi Siwa Tentang Perilaku Seksual Remaja dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 202-207. Dari http://docplayer.info/59312196-Persepsi-siswa-tentang-perilaku-seksual-remaja-dan-implikasinya-terhadap-pelayanan-bimbingan-dan-konseling.html

Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Malang. 2014. Profil kesehatan kabupaten malang tahun 2015. (online),

(https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjysofQnunkAhUJ7HMBHWcTAmYQFjAAegQIARAC&url=http%3A%2F%2Fwww.depkes.go.id%2Fresources%2Fdownload%2Fprofil%2FPROFIL_KAB_KOTA_2012%2F3507_Jatim_Kab_Malang_2012.pdf&usg=AOvVaw2SzFg3PKkijnWYe7BJc5aG), diakses 07 September 2018

Fuad, C. & Nor, A.M. 2010. Pengaruh Penyuluhan Kesehtan dengan Metode Ceramah terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap dakam Pencegahan Filariasis. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa, 1(1), 22-23. Dari http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JKMK/article/view/977

Hapsari, M.R. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Disertai Pemutaran Vidio Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Pada Siswa Kelas V SDN Hunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Publikasi. Universitas Negeri Semarang. Dari https://lib.unnes.ac.id/10197/

Hidayati, A., dkk. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui metode ceramah dan demonstrasi dalam meingkatkan pengetahuan tentang kanker payudara dan keterampilan praktik sadari (Studo pada siswi SMA Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak). Dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jur_bid/article/view/551

Kushariyadi., dkk. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Brainstorming dan Video Terhadap Pengetahuan tentang Demam Berdarah pada Keluarga di Wilayah Kerja Pukesmas Puger Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 6(1), 141-146. Dari

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwiO0ZjqrOnkAhUJWX0KHYnYDCEQFjABegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fjurnal.unej.ac.id%2Findex.php%2FJPK%2Farticle%2Fdownload%2F6869%2F5000%2F&usg=AOvVaw1aTxyevvjxsJSRldftVN7w

Lubis, Z.S.A., dkk. 2013. Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang PHBS di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. Naskah Publikasi. Universitas Sumatera Utara. Dari https://jurnal.usu.ac.id/index.php/kpkb/article/view/2085/1127

Maulana, H. 2013. Promosi Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran: Jakarta: 2013.

Naganingrum, Y. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Brainstormng dan Ceramah (BRACE) Terhadap Perilaku Menstruasi SMP Islam Manbaul Ulum Gersik. Naskah Publiksi. Dari http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-pmnjee613779e8full.pdf

Notoatmodjo, S..2005 Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnomo, K.I., dkk. 2013. Perbandingan Pengaruh Metode Pendidikan Sebaya dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pengendalian HIV/AIDS Pada Mahasiswa Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universita Pendidikan Ganesha. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1(1), 49-56. Dari https://media.neliti.com/media/publications/13498-ID-perbandingan-pengaruh-metode-pendidikan-sebaya-dan-metode-ceramah-terhadap-penge.pdf

Saputra, N. 2011. Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan HIV AIDS dengan Metode Curah Pendapat dan Ceramah Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Siswa SMAN 4 Tanggerang Selatan. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1300/1/NAZARWIN%20SAPUTRA-FKIK.PDF

Syafi’udin, M., dkk. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Brainstorming dan Video terhadap Pengetahuan tentang Demam Berdarah pada Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Puger Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 6(1), 141-146. Dari

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/6869/5000

Subhan, M. 2015. Efektivitas Promosi Kesehatan Tentang Kusta Dengan Metode Ceramah Dibandingkan Dengan Leaflet Bagi Siswa SMAN 1 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Naskah Publikasi. Universitas Tanjungpura Pontianak. Dari

https://media.neliti.com/media/publications/190075-ID-efektivitas-promosi-kesehatan-tentang-ku.pdf

Suwasno., & Utami, U.D. Perbedaan Penerapan Metode Mind Mapping dengan Metode Ceramah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Singosari. Tekno, 25. 62-72

Tarigan, A.P.S. 2015. Evektivitas Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi di Yayasan Pendidikan Harapan Mekar Medan. Jurnal Ilmiah PANNED, 10(2), 250-258.

Utami, D. 2015. Pengaruh Metode Brainstorming Terhdap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232-242. Dari

http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/article/view/334/303

Wahyurin, I.S., dkk. 2019. Pengaruh Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming Dan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Ibu Dan Anak Stunting. Ilmu Gizi Indonesia. 2(2), 141-146. Dari https://docplayer.info/135111511-Pengaruh-edukasi-stunting-menggunakan-metode-brainstorming-dan-audiovisual-terhadap-pengetahuan-ibu-dengan-anak-stunting.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak