Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD

A. Faisol Badrus Salam, Mahmud Yunus, Rias Gesang Kinanti

Abstract


Keseimbangan berperan penting untuk aktifitas fisik bagi anak karena dalam setiap kegiatan sehari-hari membutuhkan keseimbangan yang baik. Terbentuknya keseimbangan yang baik pada anak salah satunya dapat di tingkatkan dengan permainan tradisional egrang bambu. Permainan tradisional ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan fungsi fisiologis dan psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest And Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V putra di SDS Sunan Kalijogo Jabung yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5 putra di SDS Sunan Kalijogo Jabung yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modified Bass Test of Dynamic Balance. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Dari hasil yang di dapatkan hasil uji-t memperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,563 > 2,673) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional egrang bambu terhadap keseimbangan siswa kelas V di SDS Sunan Kalijogo Jabung. Apabila dilihat dari mean difference sebesar 5,714. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh permainan tradisional egrang bambu terhadap keseimbangan.

Full Text:

PDF

References


Aditya, C., Rusip, G. & Machrina, Y. (2016). Pengaruh Latihan Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kelelahan Otot (Muscle Fatique) Atlet Sepak Bola Aceh. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 1 (3):333-339.

A.Husna M. (2009). Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Bafirman, H.B. (2013). Kontribusi Fisiologi Olahraga Mengatasi Resiko Menuju Prestasi Optimal. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 1 (3):29-44.

Bambang Sujiono. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas

Terbuka

Brad Walmsley. (2003). Partnership-Centered Learning: The Case For Pedagogic Balance In Technology Education. Journal of Technology Education.

Budiwanto, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Chan, F. (2012). Strength Training (Latihan Kekuatan). Jurnal Cerdas Sifa. 1(-):1-8.

Daaroin, Saidut dan Suroto. (2017). Hubungan Antara Kecukupan Gerak Fisik Harian Dengan Tingkat Kebugaran Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Vol 05 Nomor 02.

Fenanlampir, A dan Faruq, M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Endang Rini Sukamti. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta :

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Hasanah Uswatun. (2016) Pengaruh Permainan Egrang Tempurung Kelapa Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestatik Anak. Sumedang : Program Studi PGSD.

Hurlock, B. Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. (Terjemahan : Med

Meitsari Tjandrasa). Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Isaminingsih, (2011). Perbedaan Pemberian Durasi Auto Static Streaching Otot Hamstring Terhadap Keseimbangan Dinamis pada Lansia. Skripsi. Surakarta: UMS

Khusnul Laely, Dede Yudi. (2015). Pengaruh Permainan Egrang Tempurung Kelapa Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestatik Anak. Jurnal EMPOWERMENT

Karen P. Nonis Tan Sing Yee Jernice. (2014). The Gross Motor Skills Of Children With Mild Learning Disabilities. International Journal Of Special Education.

Lubis, J. (2013). Panduan Praktis Penyusun Program Latihan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Magill, Richard A. (1989). Motor Learning Concepts and Applications. USA : C. Brown Publishers

Maimunah Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Diva Press

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, (Malang: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2006)

Nuri Cahyono. (2011). Permainan Eggrang Bathok Kelapa. Online tersedia http://permainan-egrang-bathok-kelapa.html. Diakses pada tanggal 29 Agustus 2018

Sathi, V & Raja R. (2012). Effect of Dual Training on Balance and Activities of Daily Living (ADLs) in Patient with Parkinson. International Journal of Biological & Medical Research 3(1):1353-1364

Slamet Suyanto. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta :

FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sudjana. (2005). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiarto. (2012). Fisioneurohormonal Pada Stressor Olahraga. Jurnal Sains Psikologi. 2 (2):54-56.

Sugiharto. (2014). Fisiologi Olahraga-Teori dan Aplikasi Pembinaan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sujono, Bambang. Dkk. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Sukadiyanto. (1997). Penentuan Tahap Kemampuan Motorik Anak SD. Edisi 1 TH III April 1997 Majalah Olahraga. Yogyakarta : FPOK Yogyakarta.

Sutriyanto A, et al., (2012). Effect Cronic Osteoarthritis of Knee Joint on Postural Stability and Mobility in Women. Vol 13. No1.

WHO. (2010). Global Recommendations On Physical Activity For Health. Online tersedia di http://www.WHO.int/dietphysicalactivity/physicalactivity-recommendations-5-17years.PDF. Diakses tanggal 20 januari 2019.

Widyanto & Prasetyo. (2006). Latihan Tidak Teratur dan Kerusakan Jaringan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Vol 2 no 2 hal 194 : 191 -203.

William, C. (2007). Motor Impairment After Severe Traumatic Brain Injury. Journal of Rehabilitation Research & Development. Vol 44. No 7.

Yhana Pratiwi. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui permainan Tradisional Engklek di Kelompok Belajar Tunas RimbaII Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak