PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIFERENSIASI PRODUK OLAHAN SUSU SAPI DESA NGEMBAL

Januar Kustiandi, M. Iqbal Jaelani, Ninik Khumairoh, Novirida Pakpahan, Rosidah Nurin Azizah, Siti Ainun Hafidzoh

Abstract


Abstrak: Produk olahan susu sapi di Desa Ngembal Kabupaten Malang merupakan produk unggulan yang banyak diproduksi secara mandiri oleh masyarakat. Namun, produk ini belum mampu memberikan kontribusi signifikan bagi kesejahteraan masyarakat khususnya para peternak dan pelaku UMKM. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat varietas produk yang berbahan baku susu sapi segar menjadi produk yang bervariasi dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Pengabdian ini dilaksanakan melalui tahapan sosialisasi, pelatihan dan demonstrasi produksi. Kegiatan pelatihan diikuti secara antusias oleh para peserta yang terdiri dari peternak, pelaku UMKM produk olahan susu sapi, dan masyarakat secara umum. Melalui kegiatan pelatihan ini, pengetahuan dan kemampuan peserta pelatihan berkaitan dengan pengolahan susu, strategi diferensiasi produk dan strategi pemasaran semakin baik sehingga diharapkan mampu meningkatkan diversifikasi produk dan membuka peluang pasar baru.

 

Abstract: Cows' milk products in Ngambat Village, Malang Regency are superior products that are produced independently by the community. However, this product has not been able to make a significant contribution to the welfare of the community, especially breeders and MSME players. This community service aims to improve community skills in making product varieties made from fresh cow's milk into varied products with higher selling prices. This service was carried out through the stages of socialization, training and production demonstrations. The training activity was followed enthusiastically by the participants consisting of breeders, MSME players for cow milk products, and the general public. Through this training activity, the knowledge and abilities of training participants related to milk processing, product differentiation strategies and marketing strategies are getting better so that it is expected to increase product diversification and open new market opportunities.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., & Lakhan, A. (2012). Effect of Product Packaging in Consumer Buying Decision. 10.

Atmakusuma, J., Sinaga, B. M., Kusnadi, N., & Kariyasa, I. K. (2019). Dampak Pinjaman Sarana Produksi Ternak Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga Peternak Sapi Perah di Lembang. Jurnal Agribisnis Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.29244/jai.2019.7.1.1-12

Deliya, M. M. M., & Parmar, M. B. J. (2016). Role of Packaging on Consumer Buying Behavior–Patan District. 21.

Goode, A. W. (2009). How Product Differentiation Affects Online Shopping. Dalam M. J. Smith & G. Salvendy (Ed.), Human Interface and the Management of Information. Designing Information Environments (hlm. 253–262). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-02556-3_29

Linn, J. G. (1988). Factors Affecting the Composition of Milk from Dairy Cows. Dalam Designing Foods: Animal Product Options in the Marketplace. National Academies Press (US). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK218193/

Lukman, N. R. N. M., Syarief, R., & Suparno, O. (2018). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Produk Olahan Susu Cipageran. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 75. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.75-86

Nandita, B., Sarma, M., & Najib, M. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha UMKM Pengolahan Buah dan Pengolahan Susu. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.29244/jmo.v1i1.25342

Nishino, N., Akai, K., & Tamura, H. (2014). Product Differentiation and Consumer’s Purchase Decision-making under Carbon Footprint Scheme. Procedia CIRP, 16, 116–121. https://doi.org/10.1016/j.procir.2014.02.004

Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi,citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di cincao station grand city, surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–11.

Rangkuti, K. (2017). IbM Kelompok Ternak Sapi: Pembuatan Yoghurt dari Susu Sapi Skala Rumah Tangga. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.30596/jp.v1i01.923

Santosa, S. I., Setiadi, A., & Wulandari, R. (2013). Analisis Potensi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah dengan Menggunakan Paradigma Agribisnis di Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Buletin Peternakan, 37(2), 125–135. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v37i2.2431

Setiyowati, L. (2020). Rantai Pasok dan Nilai Tambah Susu Sapi Perah. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 3(2), 780–798. https://doi.org/10.15294/efficient.v3i2.39299

Wahid, M. A., Hilmi, M., Prastujati, A. U., Catrawedarma, Ignb., Erwanto, Z., Ridlo, D., & Utami, S. W. (2018). Pelatihan Pembuatan Produk Berbahan Dasar Susu Sapi di Desa Balung Lor Jember. J-Dinamika, 3(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.669

Website Resmi Desa Ngembal. (2020). Desa ngembal. http://desa-ngembal.malangkab.go.id/

Yuniastuti, A., Setiati, N., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Olahan Hasil Ternak Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Dasar Susu di Kelurahan Cepoko Gunungpati Semarang. 15(1), 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v2i32020p242-249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: