PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL DALAM MEMBRANDING WISATA KAMPUNG TANI BAGI KELOMPOK MASYARAKAT JAMSAREN
Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang di Kelurahan Jamsaren, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri dilaksanakan dalam bentuk pendampingan branding dari kelompok Sadar Wisata Kampung Wisata Edukasi Tani mengenai penggunaan sosial media. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membuat branding dari Kampung Tani Jamsaren dengan mempromosikannya melalui platform media sosial agar semakin dikenal oleh khalayak banyak. Sasaran dari pengabdian ini yakni pokdarwis, pelaku usaha dan karang taruna. Kelurahan Jamsaren dengan metode pengabdian yang digunakan yakni deskriptif, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Berdasarkan pendampingan yang sudah dilakukan masyarakat dapat menerima dengan baik informasi dan materi yang disampaikan dengan catatan cara penyampaian dan metode dalam pelaksanaan pendampingan dapat dilakukan semenarik mungkin dan sesuai dengan kondisi di tempat tersebut. Pendampingan ini meliputi literasi desa, sosial media, serta branding marketing. Harapannya pendampingan mengenai branding kampung tani dengan metode digital marketing dengan sosial media sebagai media pemanfaatan branding ini dapat sebagai sarana promosi potensi desa khususnya Kampung Tani Jamsaren.
Abstract: Community service activities carried out by the Malang State University community service team in Jamsaren Village, Pesantren District, Kediri City were carried out in the form of branding assistance from the Tourism Awareness Group of Farmer Education Tourism Village regarding the use of social media. The purpose of this service is to create a branding of Kampung Tani Jamsaren by promoting it through social media platforms so that it is increasingly known by a large audience. The targets of this service are pokdarwis, business actors and youth organizations. Jamsaren Village with the service method used, namely descriptive, program planning, program implementation, and evaluation. Based on the assistance that has been carried out, the community can well receive the information and material submitted with a note that the delivery method and methods in implementing the assistance can be carried out as attractively as possible and in accordance with the conditions in the place. This assistance includes village literacy, social media, and branding marketing. The hope is that assistance regarding branding of farmer villages with digital marketing methods with social media as a medium for using branding can be a means of promoting village potential, especially Jamsaren Farmer Village.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajani Restianty. 2018. Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal GUNAHUMAS Kehumasan. ISSN–2655-1551. Vol 1, No 1 (2018). DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Ananda Ayu Putri. 2021. Strategi Branding Pariwisata Bengkulu Oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNIVED Vol. 8 No.1 Juni 2021.
Eko Susanto. 2019. Konsep Pengembangan Desa Ekowisata Pampang Berbasis Partisipasi Masyarakat KRITIS, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, Vol. XXVIII No. 2, 2019: 149 – 161.
Errika Dwi Setya Watie. 2011. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and SocialMedia). THE MESSENGER, Volume III, Nomor 1, Edisi Juli 2011.
Gautama, B. P., Krishna, A. Y., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
Hakim, N., Hayati, S., Lumbu, A. A., Rahmawati, N. I., & Septiyana, L. (2019). Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mengembangkan Ekowisata Desa Gunung Rejo Kecamatan Way Ratai. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 235–254.
Hijriati, E., & Mardiana, R. (2015). Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial Dan Ekonomi Di Kampung Batusuhunan, Sukabumi. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(3). http://doi.org/10.22500/sodality.v2i3.9422
Hitchcock, Michael Victor T. King and Michael Parnwell (editor), 2008. Tourism in Southeast Asia: Challenges and New Directions. Copenhagen, Denmark
Kusumaningrum, S. I. (2019). Pemanfaatan Sektor Pertanian Sebagai Penunjang Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Transaksi, 11(1), 80–89. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/477
Michandani, E. S., & Arida, I. N. S. (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 111. https://doi.org/10.24843/jdepar.2019.v07.i01.p17.
N. A. Ashari and A. S. Patria, “PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT ‘PARADILA’ LAMONGAN,” Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), vol. 6, no. 2, p. 237, Sep. 2021, doi: 10.25124/demandia.v6i2.3082.
Ni Wayan Nandaryani. 2022. Konten Instagram sebagai Media Promosi Desa Wisata Tenganan Dauh Tukad dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. JURNAL NAWALA VISUAL | ISSN 2684-9798 | E-ISSN 2684-9801 Vol.4 No.1-Mei 2022 | jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual.
Nurhayati, S., & Ardianingsih, A. (2021). Analisis digitalisasi pemasaran berbasis sosial media untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pekalongan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2016), 66–74. www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/jebi
Sakir, S., Walinegoro, B. G., & Putri, S. A. G. (2022). Pengembangan Potensi Kalurahan Banyurejo sebagai Desa Wisata Melalui Strategi Branding Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 341–348. https://doi.org/10.54082/jamsi.238
Satria, D. (2009). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal Dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan Di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, Vol. 3 No., 37–47.
WWF-Indonesia, D. K. dan P. dan. Prinsip dan Kriteria Ekowisata Berbasis Masyarakat, Ekowisata 1–9 (2009).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i32022p193-203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: jgp@um.ac.id
View JGP's Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Index by: