MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERMAINAN BAGI GURU PAUD

Ahmad Samawi, Eny Nur Aisyah, Annisa Annisa, Sandy Tegariyani

Abstract


Pendidikan   karakter sangat penting diberikan pada anak karena menjadi dasar pengembangan perilaku anak di masa depan. Penguatan pendidikan karakter pada anak terus dilakukan melalui permainan. Pelatihan manajemen pembelajaran penguatan pendidikan melalui permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengembangkan skenario permainan yang digunakan dalam penguatan  pembelajaran pendidikan karakter  sehingga meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran di lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan   pelatihan ini adalah menggunakan berbagai informasi, diskusi, dan workshop serta peer teaching dengan menggunakan pendekatan Andragogi.   Pelatihan ini menghasilkan  pemahaman dan keterampilan sebagian besar (77,5%) peserta sangat baik, sebagian lainnya (17,5%) cukup baik dan 5 % lainnya kurang dalam menyusun skenario permainan. Disimpulkan kemampuan Guru PAUD di  kota Malang     meningkat setelah mengikuti pelatihan manajemen   penguatan pembelajaran pendidikan karakter berbasis permainan di PAUD

Full Text:

PDF

References


Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Nurjanah, D. (2018). PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH BERBASIS TEORI ADAPTASI SISTER CALLISTA ROY DI TK DHARMA WANITA SIDOARJO. (1), 6.

Ulinnuha, R., & Astuti, T. M. P. (2016). Makna Kegiatan Rehabilitasi Sosial Bagi Remaja di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Wira Adhi Karya Kabupaten Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(1), 10.

Darmamulya. 2004. Permainan Tradisional Jawa. Jogjakarta.

Eliyawati, C. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PPTK Dirjen Dikti.

Aisyah, E.N., Akbar, A., Samawi, A, Wahyuni, S, Puspitasari,L. 2018. training for competency of teacher to construct a program of strengthening the character education in pre-school of malang. Jurnal Karinov. Volume 1 N0mr 2.

Heinich, R. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction. New York: Mc.Millan Publishing Company.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD. Jakarta : Kemendiknas .

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kurniadin, D dan Machali, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Ar-Ruzz Media.

Lickona, Thomas, 1992. Educating for Character, New York: Bantam Books.

Morrison, G.S. 1988. Education and Development of Infanis. Toddlens, and Pre-schoolers. London: Scott,Foresman an Company.

Rakimawati. 2015. Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil nbelajar mahasiswa PGPAUD Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Soeparno. 2012. Penggunaan Media Bowling Modifikasi untuk Meningkatkan kemampuan motorik ABK . Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 tahun 2012. Malang LP2M Universitas Negeri Malang.

Wiyono, B. Budi. 2012. Model-model Pembelajaran Bahan Ajar PLPG. Malang : PSG Rayon 15 Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v1i12019p1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: