Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model

Eko Risdianto, Ahmad Syarkowi, Dewi Jumiarni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap sistem pembelajaran online berbasis MOOCs. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket yang terdiri dari 14 butir pertanyaan terhadap 20 orang mahasiswa mengenai tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran yang diberikan. Data dianalisis dengan Model Rasch dan diolah menggunakan software Winstep. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas dari angket respon terhadap uji coba terbatas pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan menggunakan sistem MOOCs ini adalah sangat baik.  Sehingga dapat digunakan untuk menguji coba terbatas pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan  menggunakan sistem MOOCs. Dan dari hasil analisis terhadap responden dan item butir angket menunjukkan bahwa mayoritas responden menyetujui semua butir angket yang diberikan sehingga menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan  menggunakan sistem MOOCs ini layak digunakan dan dapat digunakan secara lebih luas untuk mata kuliah yang lain khususnya dalam pembelajaran daring di masa covid 19 saat ini.

Abstract: This study aims to analyze student responses to the MOOC-based online learning system. The data collection was carried out by distributing questionnaires consisting of 14 questions to 20 students regarding student responses to the given learning media. Data were analyzed using the Rasch Model and processed using Winstep software. From the data obtained, it shows that the quality of the response questionnaire to the limited trial of environmental science learning using the MOOCs system is very good. So that it can be used to study the limited trial development of environmental science learning using the MOOCs system. And from the results of the analysis of the respondents and the questionnaire item items, it shows that the respondents who gave all the questionnaire items showed that the development of environmental science learning using the MOOC system was feasible and could be used more widely for other subjects, especially in online learning in Covid 19 pandemics this time.


Keywords


Respon mahasiswa; MOOCs; Model Rasch

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

Azri, N., Halim, A. A., Othman, N., & Manusia, F. E. (2020). Pembelajaran Bercirikan Kepelbagaian Dan Global Dalam. Jurnal Wacana Sarjana, 4(June), 1–9.

Busri, E., Zulirfan, Z., & Fakhruddin, F. (2019). The Development of MOOC Media to Increase Recall Memory Skill on Physics at Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012017

Cormier, D., Stewart, B., Siemens, G., & McAuley, A. (2010). What is a MOOC?

Emigawaty. (2017). Perancangan Arsitektur dan Purwarupa Model Pembelajaran Massive Open Online Course (Moocs) Di Perguruan Tinggi Menggunakan Layanan Mobile. Jurnal Ilmiah DASI, 18(1), 25–30.

Enersy, D., Karyadi, B., & Winarni, E. W. (2017). Studi Komunitas Nekton Di Kawasan Konservasi Kura-Kura Universitas Bengkulu Dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 1(1), 55–61.

Hu, H. (2013). MOOC migration. Diverse Issues in Higher Education, 30(4), 10.

Husna, J. (2019). Implementasi MOOCs di Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(3), 247–256.

Ismail, M. E., Hashim, S., Ismail, I. M., Ismail, A., Daud, K. A. M., & Khairudin, M. (2018). Penggunaan Massive Open Online Course (Mooc) Dalam Kalangan Pelajar Vokasional. Journal of Nusantara Studies, 3(1), 30–41.

Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of massive open online course (MOOC) based on addie model for catering courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184–192. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828

Johan, R. C. (2016). Massive Open Online Course (Mooc) Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Informasi Guru Pustakawan Sekolah. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 203–213. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i1.3382

Johar, A., Risdianto, E., & Indriyati, D. A. F. (2014). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Rekursif, 2(1), 1–9.

Korpershoek, H., Kuyper, H., Bosker, R., & van der Werf, G. (2013). Students’ preconceptions and perceptions of science-oriented studies. International Journal of Science Education, 35(14), 2356–2375.

Peranti, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin ( Monopoli Fisika Sains ) Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–47.

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018). Konstruksi Demokrasi Belajar Berbasis Kehidupan Pada Implementasi LMS dan Mooc. Edcomtech, 3(1), 21–28.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120

Rafiq, K. R. M., Hashim, H., Yunus, M. M., & Pazilah, F. N. (2019). Developing a MOOC for communicative english: A battle of instructional designs. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(7), 29–39.

Risdianto, E. (2019). Development of Blended Learning Based on Web and Augmented Reality. 1st International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 295, 144–147.

Risdianto, E., Dinissjah, M. J., & Kristiawan, M. (2020). The Effect of Ethno Science-Based Direct Instruction Learning Model in Physics Learning on Students ’ Critical Thinking Skill. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 611–615. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080233

Rodriguez, C. O. (2012). MOOCs and the AI-Stanford Like Courses: Two Successful and Distinct Course Formats for Massive Open Online Courses. European Journal of Open, Distance and E-Learning.

Shah, D. (2019). By The Numbers: MOOCs in 2019. Class Central. https://www.classcentral.com/report/mooc-stats-2019/#:~:text=MOOCs in 2015-,Courses,were launched by 450 universities.

Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar Ii Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Rangkaian Listrik Dan Optik Geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.91-98

Sintia, W., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A DAN Arduino Uno. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 60–65.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Untary, Helverasari; Risdianto, E. dan K. (2020). Analisis Data Penelitian dengan Model Rasch dan Winstep. Halaman Moeka.

Yuan, L., & Powell, S. J. (2013). MOOCs and open education: Implications for higher education.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12021p047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eko Risdianto, Ahmad Syarkowi, Dwi Jumiarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats