Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013

Marzoan Marzoan

Abstract


Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dalam sudut pandang Kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru pengganti kurikulum 2006 (KTSP). Kajian dalam tulisan ini menggunakan metode kajian pustaka dari sumber-sumber primer. Sumber data berupa dokumen. Analisis difokuskan pada upaya menemukan, mengidentifikasi, dan menganalisis secara kritis unsurunsur penting dalam dokumen kurikulum 2013 yang dikaitkan dengan kajian dari beberapa litaratur yang relevan. Dari berbagai dokumen yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa dalam Kurikulum 2013 terdapat beberapa perubahan, salah satu yang terkait dengan peran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah dihapusnya mata pelajaran TIK dan sebagai penggantinya TIK menjadi alat bantu guru dalam proses pembelajaran pada semua mata pelajaran. Hal ini berimplikasi pada pentingnya penguasaan TIK oleh guru. Bila proses pembelajaran dilakukan berbantukan TIK, maka diyakini akan meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Abstract: This paper aims to examine the role of Information and Communication Technology in improving the quality of learning in the perspective of Curriculum 2013 as a new curriculum replacing the 2006 curriculum (KTSP). The study in this paper uses a literature review method from primary sources. Data source in the form of documents. The analysis is focused on efforts to find, identify, and critically analyze important elements in the 2013 curriculum documents that are linked to studies of several relevant literatures. From various documents analyzed, it can be concluded that in the 2013 Curriculum there were a number of changes, one of which was related to the role of Information and Communication Technology was the elimination of ICT subjects and as a substitute ICT became the teacher's aid in the learning process on all subjects. This has implications for the importance of mastering ICT by teachers. When the learning process is carried out assisted by ICT, it is believed that it will improve the quality of learning.


Keywords


ICT; learning; curriculum; TIK; pembelajaran; kurikulum

Full Text:

PDF

References


Farisi, M.I., 2013. Kurikulum Rekonstruksionis dan Implikasinya terhadap Ilmu

Pengetahuan Sosial: Analisis Dokumen Kurikulum 2013. Pedagogia : Jurnal Penelitian Pendidikan ISSN 1026 –4109. Jilid 16 Nomor 2 Agustus 2013.

Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta

Kemendikbud. 2012. Dokumen Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta

Kemendikbud. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/MA/MAK. Jakarta.

Kemendikbud. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tendang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekola Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Nuh, M. 2013. Kurikulum 2013. Harian Kompas. (Jumat, 8 Maret 2013)

Resnick, M. 2002. Rethinking Learning in the Digital Age. Dalam Porter, M. E., Sachs,

J. D., dan McArthur, J. W. The Global Information Technology Report 2001- 2002: Readiness for the Networked World.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Simanjuntak, D. 2013. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Penabur - No.21/Tahun ke-12/Desember 2013.

Wahid, F. 2005. Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa. Disampaikan dalam Simposium Nasional Peduli Pendidikan. Fakultas

Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, pada 9 Juli 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Marzoan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats