Strategi Blended Learning Flex Model pada Pembelajaran Administrasi Jaringan Komputer untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar

Siyamta Siyamta

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik pembelajaran, kemudahan penggunaan feature edmodo untuk pembelajaran serta efektifitas dan efisiensi pembelajaran pada mahasiswa yang menggunakan flex model, dengan mengkombinasikan antara online instruction dan face to face sebagai pelengkap pada pembelajaran administrasi jaringan komputer. Data dikumpulkan dari 30 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran administrasi jaringan komputer pada mahasiswa Joint Program VEDC Malang semester 5 tahun 2014. Pembelajaran ini menggunakan blended learning tipe flex model dengan menggunakan Edmodo sebagai social social network (SLN). Untuk mengumpulkan data digunakan skala linkert dengan empat kategori, yaitu sangat setuju (SS) setuju (S), ragu-ragu (R), dan tidak setuju (TS). Berdasarkan data yang diperoleh dari responden, dapat disimpulkan bahwa daya tarik pembelajaran cukup tinggi sebesar 67% menyatakan sangat setuju dan 33 % setuju. Feature edmodo dapat digunakan secara mudah dengan jawaban responden sebanyak 57 % sangat setuju, 40 % setuju dan 3 % ragu-ragu. Sebanyak 55 % menjawab sangat setuju dan 45 % menyatakan setuju, berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi ini akan diperoleh efektitifas dan efisiensi pembelajaran. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi baru dalam pembelajaran yang melibatkan social learning network (SLN) untuk pembelajaran.

Keywords


flex model; blended learning; social learning network; edmodo; pengalaman belajar

Full Text:

PDF

References


Aspden, Liz; Helm Paul (2004). Making TheConnection in Blended Learning Environment, Educational Media International, Vol 42, Page 245-252.

Beam.P.1997. Breaking The Sprinter’s Wrist :Achieving Cost- ffectiveness Online Learning. The International Symposium n Distance Education and Open Learning. Bali.

Indonesia : MONE Indonesia, IDLN.SEAMOLEC.ICDE. UNDP dan UNESCO.

Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book: Best Practice, Proven Methodologies and Lessons Learned. New York: John Wiley & Sons Inc.

Boyle, Tom, 2005. A Dynamic Systematic Method for Developing Blended Learning, Education, Communication and Information Journal, Vol 5, Page 221 – 232.

Bullen, M. 2001. E-learning and the Internationalizat Education. Malaysian Journal of Education Technologi. Vol 1. No.1 P.37-46.

Cruz M.B. and Cruz S.B. 2013, The Use od Internet-Based Social Media as a Tool in Enhancing Student’s Learning Experiences in Biological Sciences, Higher Learning Research Communications, Volume 3, Number 4.

Degeng Nyoman S (2013), Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian, Bandung : Kalam Hidup.

Dziuban CD et. al (2004) Research Bulletin Blendel Learning, Volume 7, 30 March 2004, Uducase.

Dwiyogo, W.D. 2 011. Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Sinergi Antara Pembelajaran Tatap Muka, Offline dan Online. Prosiding Seminar Internasional. Jurusan eknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang 27-28 Juli 2011.

Graham CR. 2006. Intoductions to Blended Learning, http://media.wiley.com/ product data/excerpt/86/07879775/0 787977586.pdf. Diakses Tanggal 18 September 2014, jam 16:54 WIB.1 55% 2 45% 3 0% 4 0% Dengan menggunakan Edmodo, maka memungkinkan belajar lebih efektif dan effisien

Graham CR. 2006. Blended Learning Systems : Definition, Current Trends and Future Directions, dalam C. Bonk and C. Graham (Eds), The Hand Book of Blended Learning, Global Perspectives Local Design. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc., Halaman 3 -19.

Owston, R & York, D (2012). Evaluation of blended learning course in the faculty of Liberal Arts and Professional Studies and the Faculty of Health-Winter Session 2012

(Technical Report No 2012-3). Toronto : Institut for Research on Learning Technologies.

Ramakrisnan P et.al (2011). Blended Learning: A Suitable Framework For E-Learning In Higher Education, The 3rd International Conference On e-Learning, Procedia Computer Science 67 (2012) page 513-526.

Staker H and Horn Michael B. 2012. Cassifying K-12 Blended Learning, http://www. innosightinstitute.org.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Siyamta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats