Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan Di Timor Leste

Sebastião Periera

Abstract


Abstrak: Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya gejala ekonomi dengan agama, hukum dengan moral, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik dan sebagainya. Dalam hal ini, sosiologi mempelajari interaksi manusia dalam masyarakat atau kelompok, yang meliputi kajian berbagai macam gejala sosial, struktur kemasyarakatan, ataupun proses berlangsungnya kehidupan bermasyarakat. Karena itu, pelajaran ini merupakan pelajaran yang menarik bagi siswa karena matapelajaran tersebut terkait dengan kehidupan siswa dalam berinteraksi di masyarakat. Peserta didik akan mudah dalam mengambil contoh dari setiap materi yang diajarkan dan mengaplikasikan pelajaran sosiologi secara nyata, yaitu saat peserta didik hidup dan menjalin hubungan sosial dalam masyarakat. Namun, hal ini bergantung pada rancangan pembelajaran dan kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran.

Abstract: Sociology is the study of the reciprocal relationship between various kinds of social phenomena, for example, economic symptoms with religion, law with morals, law with economics, the movement of society with politics and so on. In this case, sociology studies human interaction in society or groups, which includes the study of various social phenomena, social structures, or the process of ongoing social life. Therefore, this lesson is an interesting lesson for students because the subject is related to the lives of students in interacting in society. Students will be easy to take examples of any material that is taught and apply sociology lessons in real terms, namely when students live and establish social relations in society. However, this depends on the design of learning and the ability of the teacher to present learning.


Keywords


Learning design; sociology; Timor Leste; rancangan pembelajaran; sosiologi; Timor Leste

Full Text:

PDF

References


Atwi Suparman, 1997. Desain Instruksional. Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka

Coombs, Philip H. 1982. Apakah Perencanaan Pendidikan Itu (terj), Jakarta : Bhatara Karya Akasara

Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1997. Ilmu Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Dirjen Dikti, P2LPTK

Dick, Walter, Lou Carey, dan James O. Carey, 2009. The Systematic Design of Instruction, Seventh Edition. New Jersey Columbus, Ohio: Pearson.

Enoch, Jusuf.1992. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Gunawan, Ary. H. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamalik, O., 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hernawan, H A dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Upi Press

Jonassen, D.H. 1999. Designing constructivist learning environments. Dalam Reigeluth, C.M. (Ed): Instructional-design theories and models: A new paradigm of instructional theory, volume II. Pp. 215-239. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Publisher.

Kaufman, Roger A. 1992. Educational systems planning. New Jersey: Englewood Cliffs. Metode dan tehnik pembelajaran sosiologi, http://www.slideshare.net/septianraha/met

ode-dan-tehnik-pembelajaran-sosiologi, diakses pada 15 November 2013

Morrison, Gary R., Steven M. Ross, & Jerrold E. Kemp. (2004). Design effective instruction, (4th Ed.). New York: John Wiley & Sons

Norris, Stephen P. 2010. Optimizing Teacher Preparation Loan Forgiveness Programs: Variables Related to Perceived Influence, dalam Jurnal Science Education Policy, Volume 96, No.1, 9 Juni 2010 Halaman 121-144.

Pengertian perencanaan pembelajaran, (Online), (http://alansviking.blogspot.com/2009/12/apengertian-perencanaan-pembelajaran.html, diakses 29 September 2011)

Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran secara umum ,(Online), (http://www.kafeilmu.com/ tema/prinsip-prinsip-perencanaanpembelajaran-secara-umum.html, diakses

September 2011)

Reigeluth, Charles M. 1999. Instructional Design : Theories and Model. London: Lowrence Earlbown Associates Publishers.

Robert M. Gagne, Marcy Parkins Driscoll. 1989. Essentials of learning for instructional. Florida: State University.

Roucek. S, Joseph.1984. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Bina Aksara.Sagala,

Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Soekanto, S. 1986. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES

Sudjana, Nana. 1990. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Supriatna, D dan Mulyadi, M. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Susanto, Astrid S. 1983. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Binacipta

Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Xaviery. 2004. Strategi Pembelajaran Sosiologi, (online), (http://re-searchengines.com/xaviery6-04.html/, diakses pada 15 Nopember 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22015p108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sebastião Periera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats