Pengembangan Bahan Pembelajaran Pariwisata sebagai Mulok Pada Siswa SLTP Di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara

Siska B. Kairupan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data kebutuhan dan karakteristik kurikulum muatan lokal pariwisata untuk siswa SLTP di Kabupaten Minahasa dan memperoleh data bahan pembelajaran pariwisata Sulawesi Utara bagi siswa-siswa SLTP di kabupaten Minahasa. Hal ini mengingat pembelajaran Pariwisata Sulawesi Utara di Kabupaten Minahasa pada siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama belum dilaksanakan disebabkan belum adanya bahan pembelajaran. Salah satu usaha untuk melestarikan potensi wisata pada generasi yang akan datang adalah memperkenalkan kepada para siswa melalui sekolah mengenai keanekaragaman potensi wisata Sulawesi Utara sebagai kebanggaan daerah dalam kurikulum muatan lokal. Pengembangan bahan pembelajaran melalui penelitian ini didorong oleh adanya kebutuhan untuk memperkenalkan, melestarikan dan mengembangkan potensi pariwisata sebagai kebanggaan daerah kepada para siswa. Rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survey. Subyek penelitian sebanyak 90 guru. Data yang diperoleh melalui angket dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kurikulum muatan lokal pariwisata Sulawesi utara, kedudukan bahan pembelajaran pariwisata Sulawesi Utara bagi siswa-siswa di Kabupaten Minahasa serta pengembangan bahan pembelajaran pariwisata dalam bentuk buku sangat dibutuhkan. Mengenai isi bahan pembelajaran sebanyak 50% responden memilih bahan pembelajaran yang memiliki persyaratan: (1) Pariwisata Kabupaten Minahasa, meliputi: Taman Laut Pulau Bangka, Pulau Gangga Ressort, Bentenan Ressort, Pantai Tasik Ria, Pantai Kema Batu Nona, Sumaru Endo Romboken, Bukit Kasih Kanonang, Danau Tondano, Taman Purbakala (Waruga) sawangan, Watu Pinabetengan, Monumen Samratulangi, Monumen Ibu Walanda Maramis, Makam Kiay Modjo, Makam Imam Bonjol, Goa Jepang Kiawa, Pemandian Air Panas Rano Paso Tondano, Air Terjun Tonsea Lama, Air Terjun Tincep Sonder dan Air Terjun Kali. (2) Pariwisata Kota Manado, meliputi: Taman Laut Nasional Bunaken, Klenteng Ban Hin Kong, Taman Budaya, Monumen Perang Dunia II, Monumen Wolter Mongisidi, Museum Sulut, Taman Anggrek dan Pemandian Pantai Malalayang.(c) Pariwisata Kota Bitung, meliputi: Hutan Suaka Alam Tangkoko, Hutan Wisata Danowudu, Monumen Trikora, Tugu Jepang, Pemandian Pantai Tanjung Merah, Taman Laut Batu Kapal dan Air Prang Tandurusa. (d) Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow, meliputi: Taman Nasional Nani Wartabone, Pulau Molosing, Danau Moaat, Pemandian Air Anjing, Bendungan Kasinggolan, dan Pantai Molosing. (e) Pariwisata Kabupaten Sangihe Talaut, meliputi: Taman Makam Pahlawan Santiago, Rumah Raja Manganitu, Taman Laut Tabukan Tengah, Gunung Awu di Laut (Pulau Mahagetang), Rumah Adat Patung di Desa Moronge, Tempat Suci Agama Adat dan Gua Jepang di Desa Musi serta Tugu/Makam Raja Tagulandang.

Abstract: This study aims to obtain data on the needs and characteristics of the tourism content curriculum for junior high school students in Minahasa District and obtain North Sulawesi tourism learning material data for junior high school students in the Minahasa district. This is because the learning of North Sulawesi Tourism in Minahasa District on the First Level High School students has not been implemented due to the absence of learning materials. One effort to preserve tourism potential in the next generation is to introduce students through schools about the diversity of North Sulawesi's tourism potential as a regional pride in the local content curriculum. The development of learning materials through this research is driven by the need to introduce, preserve and develop tourism potential as an area of pride for students. The design of the study used a descriptive research type with a survey method. The research subjects were 90 teachers. Data obtained through questionnaires were analyzed using descriptive statistics. The results of the needs analysis show that the curriculum of the local content of North Sulawesi tourism, the position of North Sulawesi tourism learning materials for students in Minahasa District and the development of tourism learning materials in the form of books is urgently needed. Regarding the content of learning materials as much as 50% of respondents chose learning materials that had requirements: (1) Minahasa Regency Tourism, including: Bangka Island Marine Park, Gangga Resort Island, Bentenan Resort, Tasik Ria Beach, Kema Batu Nona Beach, Sumaru Endo Romboken, Bukit Kasih Kanonang, Lake Tondano, Sawangan Archeological Park (Waruga), Watu Pinabetengan, Samratulangi Monument, Monument of Walanda Maramis, Kiay Modjo Tomb, Imam Bonjol Tomb, Goa Jepang Kiawa, Rano Paso Tondano Hot Springs, Old Tonsea Waterfall, Waterfall Tincep Sonder and Kali Waterfall. (2) Manado City Tourism, including Bunaken National Marine Park, Ban Hin Kong Temple, Cultural Park, World War II Monument, Wolter Mongisidi Monument, North Sulawesi Museum, Orchid Garden and Malalayang Beach Bath. (C) Bitung City Tourism, including Tangkoko Nature Reserve Forest, Danowudu Tourism Forest, Trikora Monument, Japan Monument, Tanjung Merah Beach Bath, Batu Kapal Marine Park, and Air Prang Tandurusa. (d) Bolaang Mongondow Regency Tourism includes Nani Wartabone National Park, Molosing Island, Moaat Lake, Dog Water Baths, Kasinggolan Dam, and Molosing Beach. (e) Sangihe Talaut Regency Tourism, including Santiago Heroes Cemetery, Raja Manganitu's House, Tabukan Tengah Marine Park, Awu Mountain in the Sea (Mahagetang Island), Traditional House of Statues in Moronge Village, Sacred Places of Religion and Cave of Japan in Musi Village and the Tugu / Makam Raja Tagulandang.


Keywords


Private tourism learning; local content curriculum; junior high school students.

Full Text:

PDF

References


Ardhana, W. 1992. Sistem pendidikan Nasional: Relevansi Permasalahan dan Pemecahannya. Makalah pada Konvensi Nasional Pendidikan II di Medan.

Briggs, L.J. 1985. Instruktional Design Principles and Application. Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publication.

Baker,R. dan Schuts, R.E. (Ed). 1971. Instructional Product Development. New York: Van Noerstrand Reinehart.

Burton, J.K. dan Merril, P.F. 1977. Need Assessment: Goal Need and Priorities, In Briggs,L.J.(Ed). 1977. Instructional Design: Principles and Education, Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publications.

Buchori, M.1995. Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Gray Matthew, 1998. Economic Reform,

Privatization and Tourism in Egyp. Middle Easterm Studies, Vol 34 No. 2. Frank Cass, London.

Hall, Michael Colinc, Willey John dan Son (Reviewer: Geoffery Wall), 1994. Tourism and Politics: Policy, Power and Place. University of Waterloo.

Henry John, 1996. Kunjungan Wisata Indonesia, Antara Jakarta dan Pulau Bali. Buletin Ekonomi, No.1 Tahun XXI.

Hitchcock, Michael, et. Al, 1993. Tourism inSouth-East Asia (Riviewer: Jonathan Rigg). Routtedge, London.

Hutabarat Elly, 1998. Strategi Pemberdayaan Sektor Pariwisata Melalui PR. Usahawan No. 11 Tahun XXVII November.

IKIP Manado dan Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Tngkat I Sulawesi Utara. 1999. Evaluasi dan Penyuluhan Site Plan Kawasan Pariwisata Propinsi Sulawesi Utara.

Kairupan,S.B.2001. Privatisasi Sektor Pariwisata (Studi Kasus Implementasi Kebijakan

Privatisasi pada Obyek Wisata Bahari Taman Nasional Laut Bunaken di Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.

McIntosh, Robert dan Shashikant Gupta, (1980). Tourism, Principles, Practices, Philosophies, Third editin, Grid Publishing Inc. Ohio

Merril, M.D.,Kelety, J.C. and Wilson, B. 1981. Elaboration Theory and Cognitive Psychology. Instructional Science. (10) pp. 217 – 235.

Pendit, Nyoman.S, 1994. Ilmu Pariwisata. SebuahPengantar Perdana. PT.Pradnya Paramita, Jakarta.

Qamaruzzaman, 1998. Prospek Pengembangan Pariwisata Pantai dan Bahari. Usahawan No. 11 Tahun XXVII November.

Reigeluth, C.M. 1983. Instructional Design: What is it and Why is it? C.C. Reigeluth (Ed.). Instructional Design Theory and Models: An Overview of their Current Status. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Salmun, Jusupadi, 1996. Yang Jelek Yang Nampak Dalam Pariwisata. Buletin Ekonomi, No. 3 Tahun XXI.

Soekadijo, R.G, 1997. Anatomi Pariwisata. Memahami Pariwisata Sebagai Systemic Linkage. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Spillane, James J, 1994. Pariwisata Indonesia. Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius, Yogyakarta.

Spillane, James J, 1997. Ekonomi Pariwisata. Sejarah dan Prospeknya. Kanisius, Yogyakarta.

Suwantoro, Gamal, 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. ANDI, Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan.

Wibisono Christianto, 1996. Proyeksi Wisatawan Tahun 2000. Seminar dan Konferensi Pemuda Pariwisata PATA Indonesia I, Jakarta.

Wuryastuti Sunario, 1998. Paradigma Baru Dalam Promosi Pariwisata. Usahawan No. 11 Tahun XXVII November.

Yoety, Oka A.H, 1997. Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya Paramita, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22015p155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Siska B. Kairupan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats