PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CROSS PLATFORM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 3 MALANG

Muhammad Malik Prigianata, Sihkabuden Sihkabuden, Punaji Setyosari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa multimedia untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Cross Platform (Dekstop dan mobile) serta untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan multimedia pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee & Owens dengan menggunakan tiga tahapan yaitu (1) Assessment/Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Perolehan hasil uji validasi multimedia Indera pendengaran dan Sistem Sonar meliputi: 1) ahli materi pada aplikasi dekstop 93,3% dan mobile 94,6%, 2) ahli desain pada aplikasi dekstop 85,3% dan mobile 88%, 3) ahli media pada aplikasi dekstop 97,3% dan mobile 97,3%. Keseluruhannya menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan siswa meliputi: 1) perorangan aplikasi dekstop 84,6%, mobile 83,3% , 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 84,4%, mobile 83,5%, dan 3) kelompok besar pada dekstop 85%, pada mobile 85,5%. Keseluruhan review hasil tanggapan siswa menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan motivasi siswa meliputi: 1) perorangan aplikasi dekstop 86,6%, mobile 87,3% , 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 83,1%, mobile 83,6%, dan 3) kelompok besar pada dekstop 84,7%, pada mobile 85,3%. Keseluruhan menunjukkan multimedia ini sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil uji coba lapangan pada siswa memilki rata-rata hasil belajar 87,35 dengan persentase kelulusan 100%, yang menunjukkan sangat efektif dalam proses pembelajaran.

Abstract: The purpose of this research and development is to produce development products in the form of multimedia to find out the effectiveness of media use in the learning process and student motivation in class VIII.3 science subjects in Malang Middle School 3 by using Cross-Platform multimedia learning development (Desktop and mobile ) and to determine the feasibility of learning multimedia development products. The development model used in this study is the Lee & Owens model using three stages, namely (1) Assessment / Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. The acquisition of multimedia validation results of the auditory sense and Sonar system include: 1) material experts on desktop applications 93.3% and mobile 94.6%, 2) design experts on desktop applications 85.3% and mobile 88%, 3) media experts on desktop applications 97.3% and mobile 97.3%. The whole show the criteria very feasible. The results of student responses included: 1) individual desktop applications 84.6%, mobile 83.3%, 2) small groups on desktop applications 84.4%, mobile 83.5%, and 3) large groups on desktop 85%, at mobile 85.5%. The overall review of the results of student responses shows criteria that are very feasible. The results of student motivation responses include 1) 86.6% individual desktop applications, mobile 87.3%, 2) small groups on desktop applications 83.1%, mobile 83.6%, and 3) large groups on desktop 84.7 %, on mobile 85.3%. The whole show of multimedia is very good at increasing student learning motivation. The results of field trials on students have an average learning outcome of 87.35 with a graduation percentage of 100%, which shows that it is very effective in the learning process.


Keywords


Pengembangan, Mutimedia, Cross Platform; Motivasi;Hasil Belajar Kognitif; Dekstop; Mobile; Development, Multimedia, Cross-Platform, Motivation; Cognitive Learning Outcomes; Desktop; Mobile

Full Text:

PDF

References


Ana, R. F. R. 2014. Peningkatan Motivasi,

Aktivitas, dan Hasil Belajar IPS dengan

Model Kooperatif Think Pair Share (TPS)

Studi Kelas IV SDA Kamulan 01 Kecamatan

Talun Kab. Blitas. Tesis tidak diterbitkan.

Malang: Program Pascasarjana Universitas

Negeri Malang.

Ariani, N & Haryanto, D. 2010.

Pembelajaran Multimedia di Sekolah:

Pedoman Pembelajaran Inspiratif,

Konstruktif dan prospektif. Jakarta: Prestasi

Pustakarya.

Arikunto, S. 2010, Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran :

Peranannya sangat penting dalam mencapai

tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Gava

Media

Lee, W & Owens, D, L. 2004. Multimedia

Based Instructional Design, Second Edition.

United States of America; John Wiley &

Sonc, Inc.

Mayer, R. E. 2009. Multimedia Learning.

Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Riduwan, M. 2012. Dasar-Dasar Statistika.

Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muhammad Malik Prigianata, Sihkabuden Sihkabuden, Punaji Setyosari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pembelajaran Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Alamat Redaksi:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ence.surahman.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats