Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Andi Irawan, Melda Ayu Wardani

Abstract


Abstrak: Matematika sebagai salah satu mata pelajaran disekolah dinilai cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa berkualitas, karena matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis. Kasus pada Sekolah Menengah Pertama yaitu kurang maksimal dan variatif dalam pembelajaran matematika di kelas, dan Itu semua bisa dilihat dari hasil ulangan tengah semester pertama yang rata-ratanya masih dibawah standar SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah. dari permasalahan tersebut menggunakan media pembelajaran ular tangga. Media ini merupakan permainan papan untuk semua kalangan yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dapat dilihat bahwa hasil belajar dengan penerapan media pembelajaran ular tangga sudah baik, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa telah mencapai 75%, namun prosentase ini belum memenuhi kriteria yang sangat baik. Setelah mendapat pembelajaran pada siklus II, prosentase ini mengalami peningkatan 10% menjadi 85% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar.

Abstract: Mathematics as one of the school subjects is considered to have an important role in forming quality students because mathematics is a means of thinking to examine things logically and systematically. Cases in junior high school are less than the maximum and varied in mathematics learning in the classroom, and that can all be seen from the results of the first half of the repetition which the average is still below the school's Minimum Learning Completion Standard. of these problems using snake ladder learning media. This media is a board game for all groups that is played by 2 or more people. Based on the results of the research in the first cycle it can be seen that the learning outcomes with the application of snakes and ladders learning media are good, this is evident from the student learning outcomes have reached 75%, but this percentage has not met very good criteria. After receiving learning in the second cycle, this percentage increased by 10% to 85% with a very good level of success. This shows that the application of snake ladder media can improve learning outcomes.


Keywords


Learning Media; Mathematics Learning; Improving Learning Outcomes; Media Pembelajaran; Pembelajaran Matematika; Meningkatkan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Memahami Dan Menangani Siswa Dengan Problema Belajar. Jakarta : Depdiknas

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara Nur Jatmika, Yusep. (2012). Ragam Aktivitas Harian untuk TK. Yogyakarta: DIVA Press.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, (2012), Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Andi Irawan, Melda Ayu Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats