Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN Kabupaten Bangkalan

Abdul Wahid

Abstract


Abstrak: Pembelajaran yang baik merupakan perwujudan dari ketepatan penerapan teknologi pembelajaran yang memungkinkan proses pembelajaran berlangsung secara baik agar mencapai tujuan (efektif) dan dengan biaya yang lebih murah (efisien). Pembelajaran kooperatif jigsaw dipandang lebih baik dari pada pembelajaran secara individu, maupun pembelajaran yang bersifat kompetitif. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil strategi pembelajaran jigsaw memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan tradisional. Penelitian ini menggunakan rancangan dengan desain faktorial non-equivalent control group design, yang dilaksanakan pada 4 (empat) kelas paralel di kelas V di 2 (dua) Sekolah Dasar, dengan jumlah siswa keseluruhan 134 orang dan yang diambil sebagai subjek penelitian adalah 120 orang. Teknik pemilihan kelas penelitian dilakukan dengan pengundian 4 (empat) kelas yang ada. Dua kelas diundi sebagai kelas eksperimen, sedangkan 2 (dua) kelas lainnya terpilih sebagai kelas kontrol. Untuk analisis data menggunakan ANOVA faktorial 2 x 2 (Anova dua jalur) dengan mempergunakan program SPSS 16. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok pebelajar yang menggunakan strategi pembelajaran jigsaw dengan kelompok pebelajar yeng menggunakan pembelajaran tradisional. 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan kelompok pebelajar yang memiliki keterampilan sosial rendah. 3) terdapat interaksi yang signifikan antara implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe (jigsaw dan tradisional) dengan tingkat keterampilan sosial (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar. Kata kunci: strategi pembelajaran, jigsaw, tradisional, keterampilan sosial, dan hasil belajar.

Abstract: Jigsaw cooperative learning is considered better than individual learning, or competitive learning. The research is a quasi-experiment using factorial nonequivalent control group design, applied with 4 parallel classes at the fifth grade in two elementary schools. The ANOVA factorial 2 x 2 (Anova two lines) applying with SPSS 16 was used to analyze. The results could be stated that there were significant achievements of jigsaw cooperative learning group with a traditional group of students, the insignificant achievement between high social skill group of learners and low social skill group, and there was significant interaction between the implementation of jigsaw cooperative learning strategy and traditional with social skill level.


Keywords


learning strategies, jigsaw, traditional; social skills; and learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Aronson, A. 2009. Jigsaw Classroom, www,Jigsaw. Org/overview, inter. Diakses 29 Desember 2009

Arends, R. I., 2007, Learning to Teach, seventh edition, New York; McGraw Hill Companies, Inc 1221 Avenuce of the Americas

Arends, R. I., 2008. Learning to Teach, seventh edition, New York; McGraw Hill Companies, Inc.,1221 Avenue of the Americas.

Bandura, A. 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: PrenticeHall

Brooks, J.G. & Brooks, M.G., (1993) TheCase For Construtivist Cllassroom Alexandria,VA;AssociationforSupervision and Curriculum Development

Cohen, E. G. 1994. Restructuring The Cllasroom Condition for Production Smail Group Review of Educational Research, 64(1),pp,01-35

Degeng, I. N. S. 1989, Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pengajaran. Jakarta; Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Degeng, I. N. S. 2001. Kumpulan Bahan Pembelajaran, Menuju Pribadi Unggul lewat Perbaikan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi Malang: UM – LP 3

Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Naional RI no.22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P. & Kauchak, D. 2007. Educational Psychology , Windows on Classroom, Sevent Edition. Columbus Ohio: Pearson Merril Practice Hill

Gagne, R. M. 1985. The Condition of Learning (4 rd ed) New York; Holt, Rinehart & Winston

Gredler, & Margaret, E. 1991. Learning and Instruction Theory into Practice. Diterjemahkan Prof. Dr. Munandir, MA. Jakarta; CV. Rajawali

Johnson, A. 2006. Chemical education researh in Glasgow in perspective, Chemical Education Research and Practice, 7(3), 49-63

Merrel, K. W. & Gimpel, G. A. 1998. Social skill of children and adolescents; conceptualication, assessment, treatment. Mahwah, Nj; Lawrence Eribaum Associates,inc

Moore, K. D. 2005. Effective Instructional Strategies, from theory to pratice. Hernderson : Henderson State University

Oliver, K. & Hannafin, M. 2001. Developing and Refining Mental Model in Open-ended Learning Environment : A case study. Educational Research and Development. 49(4), 5-32

Piaget, J. 1963. The Origins of Intelligence In Children. New York: International Universities Press.

Pratisto, A. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12. Jakarta:PT Elex Media Komputindo

Reigeluth, C. M. 1999. Instructional Design Theories and Models. Volume II. A. New York Paradigma of Instructional Theory. Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey and London: Publishers, Marwah

Riggio, R. E. & Reichard, R. J. 2008. “The emotional and social intelegences of effective leadership”. Journal of, Managerial Psychology, 23 (2), P. 171.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samsuddin, H. & Maryani E. 2008. Pengembangan program pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi ketrampilan sosial makalah seminar Nasional Makasar.

Sapriya, 2011. Pendidikan IPS, Jakarta: Remaja Rosdakarya

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sharan, Y. & Sharan, S. 1992. Expanding Cooperative Learning Through Group Onvertigation. New York: Teacher College Press

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning theory, and Practive, Jew Jersey: Prentice Hall

Slavin, R. E. 2000. Educational Psychology, Theory and Practice edition VII Boston: Allymand Bacon

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning , teori , riset dan Praktik, terjemahan Nurulita cetak III Bandung , Penerbit Nusamed Studio

Soemantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung; Rosda Karya

Suhirman, 2008. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Ketrampilan Sosial terhadap Perolehan Belajar dan Sikap Sosial pada siswa Sekolah Dasar kelas V. Disertasi. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tuckman, B. W. 1999. Conducting Educational Research, Fifth edition. New York: Harcourt Brace College Publishers

Uno, H. B. 2008. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara

Winataputra, U. S. 1993. Strategi Belajar Mengajar IPA, Jakarta, Universitas Terbuka.

Welton, D. A. & Mallan, J. T. 1988. Children and Their World (terjemahan). Boston: Houghton Mifflin Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Abdul Wahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ensu@gapp.nthu.edu.tw (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats