Evaluation of the moodle-based learning system applying the end user computing satisfaction method

Wahyu Azhar Ritonga, Abdul Hakim Dalimunthe, Rahmad Aditiya, Sangkot Idris Ritonga

Abstract


Abstrak: Pembelajaran elektronik dengan memanfaatkan perangkat teknologi seperti komputer, tablet maupun telefon pintar telah berkembang pesat pasca pandemic COVID-19 namun belum menghasilkan temuan yang konklusif. Maka, tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi minat siswa terhadap sistem pembelajaran elektronik berbasis Moodle. Metode yang digunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan pengujian sistem pada Moodle dengan sampel penelitian 70 siswa. Moodle merupakan sistem pengelolaan pembelajaran elektronik dimana guru dapat menyusun mata pelajaran, membuat group kelas, memberikan materi (mengunggah materi), memberikan tugas baik berbentuk ujian, kuis, tes, mengumpulkan tugas, menilai tugas yang dapat digunakan secara sinkronus maupun asinkronus. Hasil uji EUCS menunjukkan bahwa setelah menggunakan pembelajaran elektronik minat siswa mengalami peningkatan sebesar 86,34%. Selain itu capaian hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Penerapan e-learning berbasis Moodle meningkatkan minat siswa dalam belajar karena siswa dapat mengakses kapanpun dan dimanapun. 

Abstract: Electronic learning using is utilizing technological devices such as computers, tablets, and smartphones has developed rapidly after the COVID-19 pandemic but has not produced conclusive findings. Thus, the purpose of this learning is to investigate students' interest in Moodle-based electronic learning systems. The method used is End User Computing Satisfaction (EUCS) by testing the system on Moodle with a research sample of 70 students. Moodle is an electronic learning management system where teachers can arrange subjects, create class groups, provide material (upload material), give assignments in the form of exams, quizzes, and tests, collect evaluations, and assess assignments that can be used synchronously or asynchronously. EUCS test results show that after using electronic learning, students’ interest has increased by 86.34%. In addition, student achievement also experienced a significant increase. The application of Moodle-based e-learning increases students' interest in learning because students can access it anytime and anywhere. 


Keywords


e-learning; moodle; EUCS method; learning interest; metode EUCS; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Achyani, Y. E., & Saumi, S. (2019). Penerapan metode waterfall pada sistem informasi manajemen buku perpustakaan berbasis web. Jurnal Saintekom, 9(1), 83-94. https://doi.org/10.33020/saintekom.v9i1.84

Badrul, M. (2021). Penerapan metode waterfall untuk perancangan sistem informasi inventory pada toko keramik bintang terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57-52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Herbimo, W. (2020). Penerapan aplikasi moodle sebagai salah satu model pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107-113.

Hidayah, L. F. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash player mata pelajaran IPS. Journal of Education and Learning Sciences, 2(1), 42-69. https://doi.org/10.56404/jels.v2i1.15

Ibrahim, M., Sunardi, S., & Isnaini, L. M. Y. (2022). Designing STEM–based learning management system using moodle as a distance learning alternative in basic calculus courses. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(1), 154-162. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5332

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599

Jupriaman, J., Ulya, B., Pasaribu, E. Z., Watrianthos, R., Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., ... & Syafaruddin, S. (2021). Pembelajaran Di Era New Normal: Peluang dan Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Kurniawan, T. B. (2020). Perancangan sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman pada cafetaria no caffe di Tanjung Balai Karimun menggunakan bahasa pemograman PHP Dan MySQL. Jurnal Tikar, 1(2), 192-206. https://doi.org/10.51742/teknik_informatika.v1i2.153

Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran e-learning menggunakan Whatsapp sebagai solusi di tengah penyebaran Covid-19 di SDN Gembong 1. AS-SABIQUN, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i2.998

Mahardika, I. M. O. (2022). The perspectives of vocational students on online learning in Covid-19 pandemic. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 49-58. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.32419

Mariezki, R., Juita, E., & Tanamir, M. D. (2021). Pengembangan media e-learning berbasis moodle sebagai suplemen pembelajaran geografi pada materi mitigasi bencana alam. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 54-62. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043

McFerran, K. S., Crooke, A. H. D., & Bolger, L. (2017). Promoting engagement in school through tailored music programs. International Journal of Education & the Arts, 18(3), 1-29.

Mudzakkir, M., Risnasari, N., Nugraha, M. F. E., & Mawadha, S. A. (2021). Upaya pencegahan penularan Covid-19 pada masyarakat Kab. Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 56-65. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.85

Mulya, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Evaluasi pembelajaran online berbasis moodle pada mata kuliah sistem operasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 39-49. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1653

Murtiyastuti, K. Y. (2022). Pengaruh media powtoon dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Krembung. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 68-76. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.37

Nawawi, M., & Rubedo, H. (2022). Pengukuran usability e-learning berbasis moodle di universitas wanita internasional menggunakan USE questionnaire. Jurnal Teknologi dan Informasi, 12(1), 1-15. https://doi.org/10.34010/jati.v12i1.5969

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian black box pada aplikasi sistem seleksi sales terbaik menggunakan teknik equivalence partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125-130. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3782

Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan metode EUCS untuk menganalisis kepuasan pengguna e-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81-95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182

Pratama, D. C. M., & Hartomo, K. D. (2021). Implementasi End User Computing Satisfaction (Eucs) dalam pengukuran kepuasan pengguna situs web Badan Pertanahan Nasional. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(4), 2330-2340. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i4.1263

Prayogi, R., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2015). Hubungan komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa (kasus pada SMK Wikrama Kota Bogor). Jurnal Komunikatio, 1(2), 99-113. https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.174

Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 7-18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Putra, A. B. (2019, October). Perancangan dan pembangunan sistem informasi e-learning berbasis web (studi kasus pada madrasah aliyah Kare Madiun). In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 81-85).

Ritonga, S., Nainggolan, Z., & Ritonga, W. A. (2020). Pengaruh teknologi terhadap komunikasi kehidupan siswa kelas X TKJ SMK Swasta Siti Banun Rantau Selatan. Pena Cendikia, 3(1), 1-7.

Ritonga, W. A., Sagala, A. H., Budiman, S., & Syawaluddin, F. A. (2022). Utilization of macromedia flash application technology as learning media development in solving islamic religion test questions SPSS data processing. International Journal of Health Engineering and Technology, 1(2), 77-82.

Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 pada tingkat sekolah dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231-238. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25841/13037

Ryan, D., & Zulfah, Z. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pembelajaran e-learning via Whatsapp Di Kelas X MIPA madrasah aliyah Hasanah Pekanbaru. Journal on Education, 3(2), 196-207. https://doi.org/10.31004/joe.v3i2.358

Sani, I., Alam, P., & Suryo, A. (2022). Perancangan aplikasi e-learning berbasis web pada SMA Negeri 5 Batanghari. Jurnal PROCESSOR, 17(1), 26-33. https://doi.org/10.33998/processor.2022.17.1.1176

Saputra, F., Muarie, M. S., & Kom, M. (2022, July). Perancangan sistem informasi pemetaan daerah rawan pembegalan di Kecamatan Talang Kelapa. In Seminar Nasional Riset & Inovasi Teknologi (Vol. 1, No. 1, pp. 11-21).

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan metode Waterfall pada desain sistem informasi geografis industri kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12. http://dx.doi.org/10.30591/jpit.v2i1.435

Utami, V. U., Ardi, A., & Lufri, L. (2021). Media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem gerak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 217-223. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34238

Wibowo, K. M. W. M., Kanedi, I., & Jumadi, J. (2015). Sistem informasi geografis (SIG) menentukan lokasi pertambangan batu bara di provinsi bengkulu berbasis website. Jurnal Media Infotama, 11(1), 223–260. https://doi.org/10.37676/jmi.v11i1.252

Wiguna, I., & Indrayani, L. (2021). Pemanfaatan e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips mata pelajaran ekonomi di SMAN Bali Mandara. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v10i1.31339

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian blackbox sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT Inka (persero) berbasis equivalence partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22-26. https://doi.org/10.32502/digital.v4i1.3163




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i12023p106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Azhar Ritonga, Abdul Hakim Dalimunthe, Rahmad Aditiya, Sangkot Idris Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

         

_________________________________________________________________________________________________________

Useful Tools:


_________________________________________________________________________________________________________

Article Templates (Bahasa and English version):

 ________________________________________________________________________________________________________

Media Partners:

 ________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU and Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI) with MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Lab, Faculty of Education, State University of Malang
Semarang St. No. 5, Sumbersari, Lowokwaru, Malang City, East Java, 65145, Indonesia. Telp. (0341) 551334. E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

_________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats