Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas IV SD

Wisnu Lazuardi Yusuf, I nyoman Sudana Degeng, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak: Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan menggunakan tanda, seperti isyarat dan kata. Dalam hubungannya dengan kepentingan pelestarian kebudayaan nasional, penelitian berbahasa dalam bahasa jawa merupakan hal yang penting (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990). Di tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama materi aksara jawa wajib di ajarkan,  khususnya di jawa timur sebagai pelajaran muatan lokal. Tujuan dari pengembangan ini  untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif yang valid dan efektif, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan media R & D model Sugiyono (2013) yang dimodifikasi oleh peneliti. Validasi produk dilakukan pada ahli materi dan media serta hasil dari implementasi. Setelah dilakukan interpretasi data dari hasil validasi ahli serta hasil implementasi sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran baca dan tulis aksara jawa dengan sandhangan dinyatakan valid, efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 


Abstract: Language is the ability possessed by humans to communicate with each other using signs, such as signals and words. In conjunction with the importance of preserving national culture, research speaking in Javanese is important (Ministry of Education and Culture, 1990). At the elementary, to the junior high school level, the Javanese script material must be taught, especially in East Java as a local content lesson. The purpose of this development is to produce a product in the form of interactive multimedia that is valid and effective so that it can be used as an alternative in achieving learning objectives. The development model in this study uses the R & D media development method model Sugiyono (2013) modified by researchers. Product validation is carried out on material and media experts and the results of implementation. After interpretation of the data from the results of expert validation as well as the results of the implementation so that it can be concluded that the reading and writing learning media of Javanese script with Sandhangan is declared valid, effective and suitable for use in learning activities.


Full Text:

PDF

References


NN.2018. Aksara jawa, (online). https://id.wikipedia.org/wiki/Aksara_Jawa, diakses 13 Februari 2018

Arianda, Fidian D. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2176/1280.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Kedua). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nationalgraphic.grid.id (2018).Ratusan Ragam bahasa di Indonesia Hadapi Ancaman kepunahan. (http://nationalgeographic.grid.id/read/13306446/ratusan-ragam-bahasa-di-indonesia-hadapi-ancaman-kepunahan)

Pragianata, Muhammad M. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Platform Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 3 Malang. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2180/1283.

Robleyer, M & Doering, A.H. 2010. Intergrating Educational Technology Into Teaching. Boston: Pearson.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Widyhastuti, Esti. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Kelas V SD. http://journal.student.uny.ac.id/pengembangan-multimedia-interaktif-unggah-ungguh-bahasa-jawa-kelas-V-SD.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wisnu Lazuardi Yusuf, I nyoman Sudana Degeng, Eka Pramono Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats