Konsep dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Keluarga

Muhammad Yunus, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan ini adalah untuk: 1) menemukan pengertian pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. 2) menemukan konsep dan pola penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. Penggaliah referensi yang ada menjadi metode untuk mendapatkan sejumlah bahan dan konsep yang dilakukan terhadap sejumlah buku dan artikel yang terkait dengan tema yang akan di tuliskan. Hasil yang didapatkan sebagai berikut; 1) Pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga adalah pendidikan yang diperoleh setiap anggota keluarga dalam keluarganya berupa pengetahuan, sikap maupun keterampilan sebagai bekal kehidupannya 2). Penarapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga adalah upaya keluarga dalam memberikan pendidikan kepada anggota kelarga sepanjang hayatnya. 3) Pola penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga meliputi: penanaman konsep tentang; tujuan hidup, respon terhadap keinginan, mengatasi problem yang dihadapi anak dengan cara yang logis, merencanakan kegiatan pendidikan dengan baik, serta mengarahkan dan menjelaskan pentingya pendidikan untuk kehipdupan anak.

Abstract: The purpose of this paper is to: 1) find an understanding of lifelong education in the family. 2) find concepts and patterns for the application of lifelong education in the family. The existing reference diggers are a method to get a number of materials and concepts carried out on a number of books and articles related to the theme that will be written. The results obtained are as follows; 1) Lifelong education in the family is education that is obtained by each family member in his family in the form of knowledge, attitudes and skills as a provision for his life 2). The hope of lifelong education in the family is the family's efforts in providing education to the members of the family throughout its lifetime. 3) The pattern of implementing lifelong education in the family includes: the planting of concepts about; life goals, responses to desires, overcoming problems faced by children in a logical way, planning education activities well, and directing and explaining the importance of education for children's lives.


Keywords


Konsep; Penerapan; Pendidikan Sepanjang Hayat; Keluarga

Full Text:

PDF

References


Aspin, D. N., & Chapman, J. D. (2007). Lifelong learning: Concepts and conceptions. In Philosophical perspectives on lifelong learning (pp. 19-38). Springer, Dordrecht.

Berns, & Roberta, M., 2007, Child, Family, School, Community Socilization and Support. United State: Thomson Corporation

Field, J., 2001, Lifelong Education, International Journal of Lifelong Education: Vol.20: No.2, 3-15

Gorard, S., Rees, G., & Fevre, R. (1999). Patterns of participation in lifelong learning: Do families make a difference?. British educational research journal, 25(4), 517-532.

Hasbullah, 2008, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Indrakusuma, A.D., 1973, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Jajat, A.S., & Hufad, A., 2008. Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. Bandung : UPI PRESS

Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Langgulung, H., (1986) Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna.

Mansur, 2005, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mudyahardjo, R., 2003, Pengantar Pendidikan: Jakarta, Rajagrafindo Persada

Nasir, R., 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suhar, A.M., 2009, Filsafat Umum : Konsep, Sejarah dan Aliran, Gaung Persada Press, Jakarta.

Syam, M. N., 1998. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan; Jakarta, Usaha Nasiona

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional: Depdiknas, Jakarta

Wahyuddin, W. (2017). Pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif islam. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(02), 191-208.

Yohana, N. (2017). Konsepsi pendidikan dalam keluarga menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 126-145.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i12018p031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Yunus, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats