Pengembangan Multimedia Tutorial untuk Guru dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer

Andika Mardi Admaja, Dedi Kuswandi, Yerry Soepriyanto

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk multimedia tutorial yang layak untuk guru dalam mengembangkan tes berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan model Arief S. Sadiman tahun 2010. Pengembangan media meliputi beberapa langkah, yaitu: (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) merumuskan materi secara terperinci, (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, (6) produksi, (7) mengadakan tes (8) dan revisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia tutorial pembuatan tes berbasis komputer dinyatakan valid/layak digunakan oleh guru dalam mempelajari proses pembuatan tes berbasis komputer.

Abstract: The purpose of this development is to produce a product of a multimedia tutorial product and knows product feasibility as a multimedia tutorial makings computer-based test. This research utilizes Arief S. Sadiman's model year 2010. Media development covers severally steps, which is: (1) analyze the need and characteristic, (2) formulate instructional objectives, (3) formulate a detailed, (4) develop a gauge of success, (5) write a scripted media, (6) production, (7) conduct tests, (8) and revision.  Results of this study showed that multimedia tutorial makings computer-based test is valid/feasible to use by teachers in studying makings process computer-based test.


Keywords


Development; Multimedia Tutorial; Computer Based Test; Tes Berbasis Komputer;

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Chua, Y. P., & Don, Z. M. (2013). Effects of computer-based educational achievement test on test performance and test takers’ motivation. Computers in Human Behavior, 29(5), 1889-1895.

Handayani, S. N., Sihkabuden, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif seni tari Jawa Timur pada mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 63-70.

Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.

Macedo-Rouet, M., Ney, M., Charles, S., & Lallich-Boidin, G. (2009). Students’ performance and satisfaction with Web vs. paper-based practice quizzes and lecture notes. Computers & Education, 53(2), 375-384.

Noyes, J. M., & Garland, K. J. (2008). Computer-vs. paper-based tasks: Are they equivalent?. Ergonomics, 51(9), 1352-1375.

Piaw, C. (2011). Comparisons Between Computer-Based Testing and Paper-Pencil Testing: Testing Effect, Test Scores. Testing Time and Testing Motivation. In Proceedings of the Informatics Conference at: University of Malaya (pp. 1-9).

Prasetyo, A. E., Soepriyanto, Y., Ulfa, S., & Toenlioe, A. J. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Interactive Whiteboard Mata Pelajaran Transmisi Manual Motorkelas XII Semester Genap Di SMK Negeri 9 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(1), 205-213.

Rudland, J. R., Schwartz, P., & Ali, A. (2011). Moving a formative test from a paper-based to a computer-based format. A student viewpoint. Medical teacher, 33(9), 738-743.

Sadiman, A. (2020). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, Dan, Pemanfaatannya). Rajawali Pers.

Sukardi. 2009. Evaluasi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. PT Bumi Aksara: Jakarta

Wijaya, A. R., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan topik kolonialisme dan imperialisme di Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas VIII. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1), 38-42.

Yusuf, W. L., & Adi, E. P. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas Iv Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andika Mardi Admaja, Dedi Kuswandi, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats