PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VOCABULARY MATERI BUAH – BUAHAN BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III SD

Ardiansyah Rohman, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa multimedia pembelajaran berbasis mobile (m-learning) untuk smartphone Android pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III pokok bahasan vocabulary buah-buahan di SD Negeri Sananwetan 1 Blitar. Media yang dikembangkan digunakan untuk pembelajaran siswa secara mandiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dari 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 24 siswa dan dianalisis dengan teknik kuantitatif & kualitatif. Hasil penelitian adalah multimedia dinyatakan valid untuk digunakan dengan hasil perhitungan ahli media 75%, ahli materi 93,75%, kepada audiens/siswa yaitu individu 94,37% kelompok kecil 94,7%, dan uji coba lapangan 93,3%.

Abstract: The aim of this development is to produce a product in the form of mobile multimedia-based learning (m-learning) for Android smartphones in English lecture III class subject fruits vocabulary in SD Negeri Sananwetan 1 Blitar. Developed media used for student learning independently. Data was collected using a questionnaire from one media expert, one expert matter, and 24 students and analyzed using quantitative & qualitative techniques. The results of the study are multimedia expressed valid for use with the calculated 75% of media experts, materials experts 93.75%, to an audience/students that individual 94,37%, small group 94.7%, and 93.3% field trials.


Keywords


Development; Multimedia; mobile learning; English lecture

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Darsono. 2002. Theori Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Munir. 2013. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Quinn, Clark. 2000. Mlearning, Mobile Wireless in Your Pocket Learning. Url: http://www.linezine.com/2.1/feature/cqmmwi yp.htm diakses pada tanggal 23 Januari 2015

Sukmadinata, nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sulistiyono, Ferry Dwi. 2008. Skripsi “Efektivitas Pemanfaatan Model Animasi Pembelajaran Dalam Penguasaan Vocabulary Untuk Siswa Kelas IV Semester II SDN Bajang 01 Kabupaten Blitar”. Malang: Universitas Negeri Malang

Surahman, E., & Surjono, H. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). 128, pp. 184-190. Malang: Atlantis Press. doi:https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.31

Surahman, E., Wedi, A., Sulthoni., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). 285, pp. 28-31. Malang: Atlantis Press. Retrieved April 25, 2019, from https://www.atlantis-press.com/article/5590941




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ardiansyah Rohman, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pembelajaran Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Alamat Redaksi:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ence.surahman.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats