Pengembangan Media Tutorial Bahasa Isyarat untuk Siswa Tunarungu SLB BC Kepanjen
Abstract
Abstrak: Bahasa isyarat merupakan Bahasa yang digunakan oleh penyandang tunarungu dalam berkomunikasi. Untuk mempelajarinya siswa tunarungu membutuhkan media sebagai alat bantu pembelajaran. Maka dari itu peneliti mengambangkan media pembelajaran berupa media tutorial Bahasa isyarat untuk siswa tunarungu SD kelas rendah. Metode tutorial dikembangkan sesuai dengan hasil pengamatan terhadap siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode milik Lee & Owens. Metode Lee & Owens dipakai sangat cocok untuk penelitian pengembangan ini. Dari penelitian ini diperoleh hasil dari ahli media 96%, ahli materi 87%, tanggapan guru 80%, tanggapan siswa 87%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media tutorial Bahasa isyarat ini dapat digunakan dalam membantu proses belajar siswa.
Abstract: Sign language is a language used by deaf people in communication. To learn it, deaf students need media as a learning aid. Therefore the researcher develops learning media in the form of tutorial media Sign language for low-grade elementary school deaf students. The tutorial method was developed in accordance with the observations of deaf students. The method used in this development is the method of Lee & Owens. The Lee & Owens method was used very well for this development research. From this study, the results obtained from media experts were 96%, material experts 87%, 80% teacher responses, 87% student responses. So that from these results it can be concluded that the tutorial media Sign Language can be used to help students learn.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admaja, A.M., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2), 63-68. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: Methods and development.Massachusetts: A Pearson Education. Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV Rajawali.
Arsyad, Azhar (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Aswindari, Nuzulul. (2016). Pengembangan Media Tutorial pembelajran Tari Sayuk Bagi Siswa SMP Negeri Kauman Kabupaten Tulungagung.Skripsi.Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
Dawis, A.M., Thamrin, H., & Fadlilah, U. (2013). Aplikasi Multimedia Bahasa Isyarat Dasar Anak Tuna Rungu 6-9 Tahun.(Online).(http://eprints.ums.ac.id/24183/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf). Diakses Tanggal 10 April 2019
Eka, Ariza. (2107). Multimedia Pembelajaran Interakif Berbasis Tutorial.(Online). (http://aeds.blogs.uny.ac.id/2017/10/15/multimedia-pembelajaran-interakif-berbasis-tutorial/). Diakses Tanggal 10 April 2019
Hehi, Adimas Bayu N. (2014). Pemanfaata
Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.(Online).(http://documents.tips/documents/cara-mendidik-danmengajar-anak-tunagrahita.html). Diakses tanggal 10 April 2019
Hermanto, A.D. (2013). Aplikasi Pendukung Pembelajaran Bahasa Isyarat Pada Anak Berkebutuhan Khusus.(Online).(http://eprints.ums.ac.id/26127/15/Naskah_Publikasi.pdf). Diakses Tanggal 10 April 2019
Indriana, Shintya. (2017). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP.Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Pendiikan Universitas Negeri Malang
Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004). Multimedia Based Instructional Design Second Edition. San Fransisco: Pfeiffer.
Melinda, V.A., Degeng, I.N.S., & Kuswandi, D. (2017).Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 3(2), 158-164. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Najib, M Bagus A. (2018). Multimedia Interaktif Untuk Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan.Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Riasti, M.F., Suyatna, A., & Wahyudi, I.(2016). Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial Pada Materi Impuls Dan Momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/10871
Setiawan, W.A. & Rusimamto, P.W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi Kelas XI AV di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 06(01), 85-91. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12916
Wicaksono, M.A., Sihkabuden, & Husna, Arafah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Yang Berupa Suplement Pada Muatan Lokal Khas Ngawi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3716
Wijaya, Inesa., & Rakhmawati, Lusia. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 04(03), 957-96. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12916
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12019p015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Zaubaidah Nikolawatin Nikolawatin, Punaji Setyosari, Saida Ulfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)