Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Seni Musik Hadrah Al-Banjari

ST Ma'unah, Saida Ulfa, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak: Pengembangan kurikulum muatan lokal Hadrah Al-banjari bertujuan untuk melestarikan seni musik Hadrah Al-banjari khususnya ke dalam jenjang pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah sehingga dapat mengenalkan seni musik ini kepada masyarakat sejak dini yang diharapkan dapat melestarikan dan meneruskan kepada generasi selanjutnya. Dalam penelitian ini mengambil subjek penelitian di MI Wahid Hasyim I Ngampelrejo Kabupaten Jember untuk jenjang kelas V. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan pendekatan kompetensi. Hasil dari validasi draft kurikulum kepada ahli materi diperoleh 98.2% dan kepada ahli kurikulum diperoleh 94.0%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa draft kurikulum muatan lokal Hadrah Al-banjari dikatakan valid dan layak untuk digunakan.


Abstract: The development of the local content curriculum of Hadrah Al-banjari helped preserve Hadrah Al-banjari's senior music specifically in the Islamic elementary school level. Ibtidaiyah can introduce this music to the people who can preserve and try to visit later. In this study took the subject of research in MI Wahid Hasyim I Ngampelrejo Jember Regency for grade V. This research was conducted using the development model of competency learning. The results of the curriculum draft validation for the material were obtained 98.2% and for curriculum, experts obtained 94.0%. With this result, it can be concluded that the curriculum design of the local content of Hadrah Al-banjari was approved valid and feasible to use.


Keywords


Pengembangan; Kurikulum; Muatan Lokal; Budaya Seni; Hadrah Al-banjari

Full Text:

PDF

References


Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Arifin, Zaenal. (2014). Konsep dan Pengembangan Model Kurikulum. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainul, Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Karawitan Sebagai Upaya Mengkonstruksi Pengetahuan Dan Pelestarian Budaya Jawa Di Jenjang SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–132.

Bakhtiar, A. M. (2016). Curriculum development of environmental education based on local wisdom at elementary school. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 15(3).

Basari, A. (2014). Penguatan Kurikulum Muatan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).

Busro, M. & S. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi.

Dakir, H. (2019). Perencanaan dan pengembangan kurikulum.

Djamaluddin, M., Lasan, B. B., & ... (2018). Experiential Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Multikultural Mahasiswa. Jurnal Kajian Bimbingan …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/3376

Farid, M. N. (2012). Peranan Muatan Lokal Materi Batik Tulis Lasem Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Lokal. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(1).

Farihatun Nisa, A. (2017). Implementasi Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal Di SD Negeri Jarakan Panggungharjo Sewon Bantul. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).

Handayani, S. (2009). Muatan Lifeskills dalam Pembelajaran di Sekolah: Upaya menciptakan Sumber Daya Manusia yang Bermutu. Makalah. Prosiding Konferensi Internasional Pendidikan, UPI–UPSI, Malaysia.

Indonesia, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Mendikbud. (2004). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. PDF Dokumen. Diambil Dari Https://Kemdikbud, Go. Id/Kemdikbud/Dokumen/Paparan/Paparan% 20Wamendik. Pdf.

Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal untuk Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245–255.

Nafisah, D. (2016). Peran Pendidikan Muatan Lokal Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 451–468.

Nugroho, M. N. (2016). Reorientation and Renewal of Indonesia Economy Education Curriculum Paradigm based on Creative Economy, Character Education and Local Cultural Values. 2016 Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship. Atlantis Press.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Rukiyati, R., & Purwastuti, L. A. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Sholikha, S. M. (2018). Pengaruh kesenian hadrah al-Banjari dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) remaja di Desa Konang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Subedi, K. R. (2018). Local Curriculum in Schools in Nepal: A Gap between Policies and Practices. Online Submission, 6(1), 57–67.

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. PALAPA, 7(2), 267–285.

Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengembangan Kurikulum. Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama.

Tronsmo, E., & Nerland, M. (2018). Local curriculum development as object construction: A sociomaterial analysis. Teaching and Teacher Education, 72, 33–43.

Tyasari, A. Y., Toenlioe, A. J. E., & ... (2017). Kajian Deskriptif Penyelenggaraan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using di Sekolah Dasar Banyuwangi. Ilmu Pendidikan: Jurnal …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/2547

Utomo, Erry., Sumiyati, & S. (2017). PokokPokok Pengertian dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan lokal. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 112–133. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p031

Wither, S. E. (2001). Local Curriculum Development: A Case Study.

Yufiarti, Rivai, R. K., & Pratiwi, A. P. (2018). Development of Adiwiyata curriculum model based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2019(1), 30012. AIP Publishing LLC.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ST Ma'unah, Saida Ulfa, Eka Pramono Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats