PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAPPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk ingin mengetahui penerapan metode pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran Kooperatif Model TAPPS pada siswa di SMKN 2 Kota Probolinggo dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaraan Kooperatif Model TAPPS di SMKN 2 Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Kooperatif Model TAPPS memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi juga meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap Siklus, yaitu Siklus I (80,65%), Siklus II (85,22%) dan Siklus III (91,81%). Penerapan metode pembelajaran Kooperatif Model TAPPS mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran kooperatif model TAPPS sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar
Keywords
Motivasi; Belajar; Kewirausahaan; Pembelajaran; Kooperatif; Model; TAAPS
Full Text:
PDFReferences
Felder, Richard M. 2015. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PelldMy % DocumentCoop % 20 Report).
Nur, Muhammad. 2014. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Udin. 2015. Pengembangan Metode Pembelajaran. Jakrta : PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang No.20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuni. 2015. Sistem Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Bina Aksara.
Nasution (2008) Kurikulum dan pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id