PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE

Nur Fadilah Bakri, Eva Susanty Simaremare, Irene S. Lingga, Rizka Agustine Susilowaty

Abstract


Abstrak: Pandemi Covid 19 membawa perubahan baru dalam lini kehidupan manusia saat ini termasuk dalam lini pendidikan. Belajar daring (dalam jaringan/online/e-learning) adalah hal baru dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini, sehingga perubahan ini menuntut para pendidik, khususnya guru agar mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pengajaran seperti membuat presentase dan video pengajaran yang menarik. Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan tersebut maka kami membuat pelatihan membuat materi dan video presentase yang menarik bagi para guru di Kota Medan-Jayapura secara online. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar para guru dapat membuat presentase dan video menarik untuk keperluan pengajaran kepada murid-murid di sekolah. Pelatihan ini dilakukan selama 10 hari secara online dengan menggunakan aplikasi Telegram, dimana pelatih memberikan materi yang diupload ke aplikasi telegram dan memberikan tugas kepada semua peserta. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Canva yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain beberapa hal dengan mudah. Jumlah peserta yang mendaftarkan diri pada pelatihan adalah 43 peserta namun pada akhir pelatihan hanya 19 orang yang dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik dan mendapatkan sertifikat dari kegiatan pelatihan ini. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru sudah mampu membuat materi dan video presentase yang menarik dengan menggunakan aplikasi Canva yang akan sangat berguna dalam proses belajar mengajar khususnya selama masa belajar mengajar secara daring.

 

Kata Kunci: Aplikasi Canva, pembelajaran online, guru Medan dan Jayapura.

 

TRAINING FOR MAKING PRESENTATION MATERIALS AND LEARNING VIDEOS

USING THE CANVA APPLICATION

 TO TEACHERS IN CITY OF MEDAN AND JAYAPURA BY ONLINE

 

Abstract: Covid-19 pandemic brought the human life changes in education sector. Daring teaching method is a new thing in teaching and learning process in Indonesia at this moment, so that educators especially teachers should be able to adapt to the needs of teaching such as making a presenting of an interactive teaching and learning media, one of them is an interesting video. Based on the needs of teaching, we made a training of making materials and an interesting presenting video for teachers in Medan – Jayapura by online. The aim of this training is to facilitate teachers in making an interesting presenting video for their students. This training was conducted for 10 days through online using telegram media, materials and tasks were uploaded in it. Application used in this training was Canva to design something easily. The participants at the beginning were 43 people, but at last there were only 19 finishing the products. The result of this training was the teachers could make materials and an interesting presenting video using Canva application. The products are very useful for online teaching and learning process.

 

Key words: Canva Application, Online Teaching Method, Medan and Jayapura Teachers.

Keywords


Aplikasi Canva; pembelajaran online; guru Medan dan Jayapura

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Aprilla, Aan Hasanah, & Mia Fatimatul Munsi. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva : Stimulasi Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding 3rd National Conference of Education of Suryakancana

Ahmad Rohani. H.M dan Abu Ahmadi. (1991). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. (2016). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elvira Rahma Tanjung dan Delsina Faiza. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Vol. 7 (2).

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Horton, William dan Horton, Katherine. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. USA : Wiley Publishing, Inc.

Lucius Pravasta Alver Leryan, Christophorus Putro Damringtyas, Mario Priyo Hutomo dan Brigida Intan Printina. (2018). The Use Of Canva Application As An Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, Desember 2018

Nurannisaa, S. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir dalam Proses Pembelajaran. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 48–59

Ramli Abdullah. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016.R. Ibrahim dan Nana Syaodih S. (1993). Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawardhani, Ratna Tiharita. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi. Vol. 1(2), Hal. 82-96.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume II, Nomor 1, Mei 2018.

Tejo Nurseto. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats