PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU TULIS HALUS PADA SISWA KELAS I SDB SLAMET RIYADI SUNGAI RINGIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan dua siklus sebagai upaya peningkatan keterampilan siwa dalam menulis tegak bersambung melalui penggunaan media buku tulis halus. Subjek penelitian adalah siswa SDB Slamet Riyadi kelas I semester genap tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 25 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan harapan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa. Indikator ketuntasan belajar siswa secara individual yang telah ditetapakn dalam penelitian ini adalah 70% sedangkan secara klasikal adalah 80%. Hasil penelitian terhadap keberhasilan dalam keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan media buku tulis halus pada siswa kelas I SDB Slamet Riyadi Sungai Ringin menunjukkan adanya peningkatan. Indikasi capaian hasil evaluasi akhir siklus pada pra siklus nilai siswa ≥ 70 berjumlah 8 orang atau 32%; pada siklus I nilai siswa ≥ 70 berjumlah 18 orang atau 72%; dan pada siklus II nilai siswa ≥ 70 berjumlah 24 orang atau 96%.
Kata Kunci: Menulis tegak bersambung; media buku tulis halus.
THE IMPROVEMENT OF WRITING “TEGAK BERSAMBUNG” SKILLS
THROUGH THE “BUKU TULIS HALUS” WRITING MEDIA
IN FIRST CLASS STUDENTS OF SDB. SLAMET RIYADI SUNGAI RINGIN
Abstract: This study uses two-cycle action research as an effort to improve students' skills in writing “Tegak Bersambung” through the use of book “Tulis Halus”. The research subjects were students of SDB Slamet Riyadi class 1 in even semester of the 2019/2020 academic year are 25 students. The research objective is to improve the learning process as hope as that there will be an increase in the quality of learning and an impact on student learning outcomes. The indicator of individual student learning completeness that has been set in this study is 70% while the classical is 80%. The results of the research is the success in “Tegak Bersambung” writing skills through the using of book “Tulis Halus” media in class I SDB Slamet Riyadi Sungai Ringin showed an increase. The indication of the achievement of the evaluation results at the end of the cycle in the pre-cycle student scores ≥ 70 were 8 people or 32%; in cycle I student scores ≥ 70 had grown to 18 people or 72%; and in cycle II student scores ≥ 70 had grown to 24 people or 96%.
Keywords: Writing “Tegak Bersambung”; book “Tulis Halus” media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Delmawati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Latihan Menulis Tegak Bersambung pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 4 No. 3. Halaman: 16 – 25.
Hartati, T. dkk., (2010). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Bandung: UPI Press.
Marwati. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Metode Latihan Siswa Kelas II SD Negeri 016 Kecamatan Pekanbaru Kota. Jurnal Primary, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 6(1). Halaman: 1 – 10.
Rofi’uddin, A. & Zuchdi, D. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utami, Annisa Tria. (2017). Penerapan Metode Drill Berbasis Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id