PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMKN 3 PROBOLINGGO
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas XII Boga 2 SMK SMK Negeri 3 Probolinggo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian diperoleh data minat belajar siswa pada siklus I sebesar 58,56% dan dan hasil belajar siswa sebesar 64%, pada siklus II minat belajar siswa mencapai 80,60% dan belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa menggambarkan secara keseluruhan siswa lebih enjoy dan menikmati proses pembelajaran karena keterlibatannya sangat dominan dan hasil analisis evaluasi hasil belajar siswa maupun evaluasi proses pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TANDUR dengan segala iramanya sangat sesuai dikembangkan menjadi alternatif model pengembangan pembelajaran Matematika sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika siswa SMK.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. (Edisi Cetakan ke 17). Bandung: Kaifa.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S.B. 2008. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
Sardiman. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar–Ruzz Media.
Slameto. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ula, Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar–Ruzz Media.
Usman, M.U. 2007. Menjadi Guru Profesional. (Cetakan ke–21).Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang–Undang No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id