PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG KELAS V DI SDN SUKABUMI 10 KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan mutu pembelajaran matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang kelas V serta untuk mengetahui hambatannya di SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya meliputi unsur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo sebanyak 35 orang siswa. Pengumpulan data melalui observasi langsung selama tindakan, hasil angket motivasi dan wawancara sederhana. Pada siklus I dan siklus II tidak terdapat siswa yang memiliki motivasi rendah. Siswa yang memiliki motivasi sedang pada siklus I sebanyak 34%, pada siklus II menjadi 8,5%. Siswa yang memiliki motivasi tinggi pada siklus I sebanyak 63%, pada siklus II menjadi 68,5%. Siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi pada siklus I sebanyak 3%, pada siklus II menjadi 23%. Aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan perolehan skor minimum 60% dan skor tertinggi 100%. Rata–rata sebesar 72,5% dan median sebesar 70. Sedangkan pada siklus II menunjukkan skor terendah 65,5% dan skor tertinggi 100%. Rata–rata sebesar 86,1% dan median sebesar 88,3.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasar Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.
Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
Nasution, S. 1997. Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sardiman, A. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id